Pakar ITB Menilai Zat Pewarna Tidak Memengaruhi Kualitas Pertalite 

Menurutnya itu penilaian subjektif 

Jakarta, IDN Times - Pakar mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), Iman Kartolaksono Reksowardojo, menilai perubahan warna pada Pertalite yang ditemui masyarakat akhir-akhir ini, sama sekali tidak memengaruhi kualitas BBM subsidi tersebut. Termasuk dugaan bahwa kualitas Pertalite sekarang menurun dan lebih boros, menurut Iman juga lebih merupakan penilaian subjektif.  

“Pewarna itu tidak ada pengaruhnya (terhadap kualitas BBM),” kata Iman dalam keterangannya kepada media hari ini. 

1. Penilaian bahwa Pertalite saat ini lebih boros bersifat subjektif

Pakar ITB Menilai Zat Pewarna Tidak Memengaruhi Kualitas Pertalite kutakhabispikir.wordpress.com

Dalam kaitan itulah menurut Iman, jika saat ini banyak masyarakat menilai bahwa Pertalite lebih boros, maka penilaian tersebut juga bersifat subjektif. Termasuk jika dikaitkan dengan perubahan warna Pertalite, sama sekali tidak bisa dijadikan ukuran. 

“Sebab harus ada pembuktiannya secara laboratorium. Tidak bisa menilai kualitas BBM hanya dari kebiasaan sehari-hari, karena penilaian tersebut tidak terkontrol,” lanjutnya.

Baca Juga: Jangan Khawatir, Kualitas Pertalite Sudah Sesuai Aturan Pemerintah

2. Harus ada pengujian

Pakar ITB Menilai Zat Pewarna Tidak Memengaruhi Kualitas Pertalite Ilustrasi Perbedaan Warna Pertamax dan Pertalite (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Pengujian tersebut, jelas Iman, harus dilakukan secara apple to apple. Dalam arti, pengujian dilakukan pada Pertalite lama (sebelum BBM subsidi naik) dan Pertalite saat ini. Demikian juga dengan kondisi, rute, jam pengujian, termasuk jenis kendaraan yang dilakukan untuk menguji, juga harus sama.

“Sebab, kalau ada satu hal saja yang berbeda, tentu berpengaruh terhadap pengujian. Misal beda rute, meski dilakukan oleh kendaraan yang sama, tentu akan memberikan hasil berbeda. Nilai kalor pembakarannya berbeda-beda. Makanya, pengujian harus apple to apple,” lanjutnya.

“Intinya, harus ada pengujian. Jangan hanya subjektivitas,” jelas Iman.

3. Pertamina selalu memastikan quality control berjalan sesuai

Pakar ITB Menilai Zat Pewarna Tidak Memengaruhi Kualitas Pertalite SPBU Pertamina. (IDN Times/Dhana Kencana)

Sebelumnya, Pertamina menjamin spesifikasi atau kualitas pada produk BBM RON 90 yang dijual di SPBU sesuai dengan standar dan mutu yang tertuang dalam Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 yang dipasarkan di dalam negeri.

Selain itu, Pertamina juga selalu memastikan quality control berjalan untuk setiap produk dan  menyalurkan produk-produk BBM berkualitas sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan. (WEB)

Baca Juga: Beda Warna Pertalite Bikin Boros? Ini Kata Pertamina

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya