Pilkada 2018: Besok 3 Daerah di Jawa Timur Lakukan Coblos Ulang

#Pilkada2018 PSU diadakan serentak

Surabaya, IDN Times - Komisioner Bawaslu Jatim Aang Khunaifi mengatakan pemungutan suara ulang akan digelar di tiga daerah pada Minggu (1/7). Ketiga daerah yang akan melaksanakan pemungutan ulang yakni Kabupaten Kediri, Kota Blitar, dan Kota Surabaya.

1. Khawatirkan partisipasi warga  

Pilkada 2018: Besok 3 Daerah di Jawa Timur Lakukan Coblos UlangIDN Times/Abraham Herdyanto

Aang menjelaskan hari Minggu (1/7) dipilih karena bertepatan dengan hari libur. Namun ia tidak yakin dengan partisipasi masyarakat untuk melakukan pemungutan suara ulang. "Kalau kemarin kan satu hari diliburkan oleh Pak Presiden. Kalau Minggu kan belum tentu orangnya bisa (nyoblos). Bisa saja keluar kota atau lainnya," ujarnya.

Ia mengaku turunnya partisipasi masyarakat saat PSU telah terjadi pada Kamis (28/6) lalu di kabupaten Bangkalan. "Dari 189 suara yang coblos ulang cuma 79 orang. Jadi turun 50 persenan," ujarnya.

2. Peserta PSU adalah pemilih yang sudah menggunakan suara  

Pilkada 2018: Besok 3 Daerah di Jawa Timur Lakukan Coblos UlangIDN Times/Reza Iqbal

Ia menambahkan bahwa yang berhak melakukan PSU merupakan pemilih yang menggunakan hak pilihnya saat tanggal 27 Juni lalu. Hal ini berlaku untuk DPT maupun pengguna form A5 (pindah pilih). "Nanti kita kasih c6 lagi. Tapi bukan ke semua DPT ya," tuturnya.

3. PSU dilakukan karena pelanggaran administratif  

Pilkada 2018: Besok 3 Daerah di Jawa Timur Lakukan Coblos UlangIDN Times/Abraham Herdyanto

Ia menjelaskan bahwa keputusan PSU diambil karena adanya pelanggaran administratif di masing-masing daerah. Untuk kabupaten Kediri dan kota Blitar, terjadi kesalahan di 1 TPS masing-masing daerah dimana ada warga yang bukan DPT maupun bukan warga sekitar namun menggunakan hak pilihnya tanpa menyertai form a5. "Di Surabaya, PSU karena ada sepasang suami istri yang nyoblos dua kali. Tapi nanti PSU mereka tidak ikut nyoblos lagi, ya," tutupnya.

Baca Juga: Pernah Tampil di Piala Dunia, Sekarang 5 Negara Ini Hilang dari Peta!

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya