Kerja Sama dengan Pertamina, Polri Siapkan BBM Mobile Mudik Lebaran

Ratusan ribu sepeda motor sudah melintasi Bekasi

Jakarta, IDN Times - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono mengatakan, Polri akan bekerja sama dengan Pertamina menyediakan tangki BBM mobile.

Gatot mengatakan hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pemudik yang kehabisan bahan bakar saat perjalanan mudik Lebaran. 

"Kami juga kerja sama dengan Pertamina, kalau ada kendaraan yang bensinnya habis, ada yang tangki BBM mobile," katanya kepada wartawan di Gerbang Tol Cikarang Utama Km 29, Rabu (29/4/2022). 

Baca Juga: Contraflow Arus Mudik Mulai Berlaku di Tol Jakarta-Cikampek Hari Ini

1. Polri lakukan berbagai upaya untuk antisipasi kemacetan arus mudik Lebaran

Kerja Sama dengan Pertamina, Polri Siapkan BBM Mobile Mudik LebaranIlustrasi arus mudik Lebaran (IDN Times/Rochmanudin)

Gatot juga menjelaskan, pihaknya bersama stakeholder lainnya sudah menyiapkan langkah untuk mengurai kemacetan saat puncak arus mudik Lebaran 2022.

"Upaya-upaya yang dilakukan Polda Metro Jaya bersama-sama dengan stakeholder lainnya ada one way (satu arah), contraflow (lawan arah) sepenggal, gage (ganjil genap), mukai besok dilaksanakan," jelasnya. 

"Untuk kegiatan ganjil genap memang dinamika di lapangan sangat mempengaruhi. Akan ada diskresi dari PMJ (Polda Metro Jaya) dengan menempatkan kendali-kendali di setiap lokasi yang diprediksi akan berpotensi menimbulkan kemacetan lalin saat mudik atau arus balik," lanjut Gatot. 

2. Truk dilarang melintas tol

Kerja Sama dengan Pertamina, Polri Siapkan BBM Mobile Mudik LebaranIlustrasi truk ( ANTARA FOTO/Fauzan)

Gatot mengatakan untuk kenyamanan para pemudik, pihaknya akan melarang kendaraan truk sumbu tiga melewati jalur tol nanti malam. Dia menjelaskan kendaraan truk sumbu tiga yang diperbolehkan lewat hanya yang bermuatan bahan bakar dan sembako. 

"Nanti malam terhadap kendaraan berat yang tiga sumbu tidak boleh lewat lagi di tol, kecuali yang bawa sembako dan BBM," jelasnya. 

Baca Juga: Mau Mudik? Tiket KA Mudik dari Gambir dan Pasar Senen Masih Tersedia 

3. Ratusan sepeda motor sudah melintasi Bekasi menuju timur

Kerja Sama dengan Pertamina, Polri Siapkan BBM Mobile Mudik LebaranIlustrasi petugas polisi menghalau pemudik. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Sementara, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mencatan sebanyak total 118.655 kendaraan sudah melintas di Kedung Waringin, Bekasi sejak H-10 sampai H-6 Libur Lebaran. 

"Pada Selasa (26/4) kemarin sebanyak 61.766 kendaraan sudah melintas di Kedung Waringin, Kabupaten Bekasi," katanya. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya