Dahan Pohon Kemenyan di Ragunan Tumbang Menimpa 2 Pengunjung

Peristiwa terjadi pada Selasa kemarin

Jakarta, IDN Times - Sebuah dahan pohon kemenyan di Taman Margasatwa Ragunan tumbang dan menimpa dua pengunjung yang sedang berteduh di bawahnya. Persitiwa itu diunggah oleh akun @seputar_jaksel.

Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi pada Selasa (16/4/2024) pukul 12.15 WIB kemarin.

“Lokasi kejadian di Taman Kemenyan samping stand lokasi kuliner kandang jerapah. Lokasi kejadian adalah bukan tempat piknik pengunjung melainkan untuk areal parkir petugas dan pedagang,” kata Bambang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/4/2024).

1. Dahan pohon kemenyan tiba-tiba jatuh tanpa ditiup angin

Dahan Pohon Kemenyan di Ragunan Tumbang Menimpa 2 PengunjungKepala Humas Kebun Binatang Ragunan, Bambang Wahyudi

Bambang menjelaskan, dahan pohon tiba-tiba tumbang, padahal tak ada angin saat itu. Dahan pohon kemenyan jatuh dan menimpa pengunjung.

“Korban yang tertimpa cabang adalah  keluarga Rofiudin. Yang mengalami cedera adalah Isterinya bernama Tri Retno Haryati (55) dan anak mantu perempuan bernama Ria Haryani (31), pada saat kejadian tidak ada angin dan tiba-tiba jatuh,” ujar Bambang.

Baca Juga: Cara ke Ragunan Naik Transjakarta, MRT, dan KRL , Jadi Lebih Cepat

2. Kedua korban dibawa ke rumah sakit

Dahan Pohon Kemenyan di Ragunan Tumbang Menimpa 2 PengunjungIdntimes.com

Petugas kemudian mengevakuasi dua korban ke pos Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) Ragunan. Setelah dilakukan observasi, korban pun dibawa ke rumah sakit terdekat pada pukul 12.30 WIB.

“Untuk pembiayaan pengobatan di-cover oleh pengelola Taman Margasatwa Ragunan,” kata Bambang.

3. Video dua pengunjung Ragunan tertimpa dahan pohon viral

Dahan Pohon Kemenyan di Ragunan Tumbang Menimpa 2 PengunjungRombongan warga Priok Jakarta Utara ke Ragunan naik truk (IDN Times/Aryodamar)

Peristiwa ini sebelumnya diunggah @seputar_jaksel dan viral di media sosial. Dalam video yang diunggah, terlihat dua korban sedang ditangani oleh pengunjung lainnya.

Bambang mengatakan, saat itu pihaknya melarang pengunjung untuk mengambil gambar dengan alasan sedang dalam upaya penanganan.

“Pada saat kejadian banyak pengunjung yang melakukan pengambilan gambar. Petugas melarang karena sedang dilakukan upaya penanganan. Namun demikian pengunjung sudah mem-posting peristiwa tersebut di media sosial,” kata Bambang.

“Langkah antisipasi yang telah dilakukan adalah pemangkasan pohon di kawasan area piknik depan kandang jerapah yang berpotensi berbahaya bagi pengunjung dengan cara pemangkasan, penopingan dan pembandringan dengan tali ranting atau cabang yang kering. Total Jumlah pohon yang ada di Tama Margasatwa Ragunan ada 64.982 pohon,” jelas dia.

Baca Juga: Rombongan Warga Priok Ini Sewa Truk demi Liburan ke Ragunan

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya