Earth Hour 23 Maret 2024, Jangan Lupa Matikan Lampu selama Satu Jam! 

Matikan lampu pada jam 20.30 - 21.30

Jakarta IDN Times - World Wide Fund for Nature (WWF) mengundang seluruh masyarakat di dunia untuk melakukan Earth Hour pada 23 Maret 2024. Masyarakat dapat berpartisipasi dengan mematikan lampu dan barang elektronik yang tidak digunakan selama 60 menit dari pukul 20.30 hingga 21.30 waktu setempat.

Earth hour kali ini merupakan yang ke-18 dengan tema “Momen Terbesar untuk Bumi” sebagai upaya untuk membangun kesadaran dan merayakan pentingnya lingkungan bumi. 

Berdasarkan situs resminya, WWF menyatakan lingkungan memberikan udara yang kita hirup, air yang kita minum, dan sumber daya penting lainnya. Namun, masa depan lingkungan tidak pasti, kita kehilangan hutan, kehidupan alam, dan air tawar pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

“Meskipun mudah untuk terasa dibebani dari isu-isu itu, kita mempunyai kekuatan untuk melakukan perubahan,” demikian dikutip dari situs resmi WWF. 

Baca Juga: PBB Peringatkan Sampah Elektronik jadi Bencana Lingkungan

1. Dirjen WWF Internasional sebut perlu lebih banyak yang partisipasi

Earth Hour 23 Maret 2024, Jangan Lupa Matikan Lampu selama Satu Jam! Tangkapan layar Video WWF di Kanal Youtube (World Wildlife Fund/Youtube.com)

Direktur Jenderal WWF International Kirsten Schuijt menyebutkan perlunya lebih banyak masyarakat yang berpartisipasi di Earth hour tahun ini.

"Lebih banyak orang yang perlu bergabung dalam Earth Hour tahun ini untuk memanfaatkan kekuatan kolektif individu dan komunitas," kata Kirsten melansir dari ANTARA

Menurut Kirsten manusia perlu berpartisipasi langsung untuk menyelamatkan bumi agar meningkatkan kesadaran terkait hambatan lingkungan hidup dan menghindari kehilangan keanekaragaman hayati di tahun 2030. 

Ia pun menyatakan Earth Hour dapat menjadi peluang yang memperluas jangkauaan mencapai jutaan masyarakat dunia yang berpotensi melibatkan yang awam terkait masalah lingkungan. 

"Melindungi planet kita adalah tanggung jawab bersama dan memerlukan tindakan kolektif dari seluruh lapisan masyarakat," tuturnya.

Baca Juga: WWF: 400 Mamalia Laut Terdampar di Pesisir RI Selama 4 Tahun Terakhir 

2. WWF anjurkan ragam aktivitas saat Earth Hour

Earth Hour 23 Maret 2024, Jangan Lupa Matikan Lampu selama Satu Jam! Tangkapan Layar Katergori Aktivitas di Situs Resmi WWF (worldwildlife.org)

Untuk Earth Hour kali ini, WWF memberikan pencerahan terkait aktivitas yang dapat dilakukan saat satu jam tanpa penggunaan lampu.

Mengunjungi situs resmi WWF di laman khusus untuk Earth Hour bernama Hour Bank, terlihat pilihan kategori aktivitas yang dapat dilakukan yakni Fitness and wellness, Nature, Food, Sustainability, Arts and Creativity, dan Entertainment. 

Mengklik salah satu kategori akan memaparkan ragam aktivitas yang ketika dibuka menjelaskan secara rinci aktivitas tersebut. Aktivitas antara lain seperti berjalan - jalan di alam untuk menikmati udara segar, membersihkan rumah, dan menonton dokumenter tentang lingkungan. 

3. Earth Hour sudah dilakukan banyak negara

Earth Hour 23 Maret 2024, Jangan Lupa Matikan Lampu selama Satu Jam! Situs WWF terkait Earth Hour (World Wildlife Fund/Youtube.com)

Pada tahun 2023 diketahui aktivitas Earth Hour sudah memberikan lebih dari 410.000 jam kepada bumi dari para pendukung di 190 negara dan wilayah yang mewakil 90 persen penduduk planet. 

Berdasarkan reportase IDN Times, pada saat itu landmark dunia diharapkan ikut serta dengan aktivitas Earth hour yakni Sydney Opera House, Zhouzhuang di Kunshan, Tiongkok dan Beijing National Speed Skating Hall, Taipei 101, Menara Eiffel, Empire State Building, dan Christ the Redeemer. Indonesia pun sudah menjadi bagian dari Earth hour sejak 2009 yang terkenal dengan waktu “matikan lampu”. 

Selain itu, tiap tahunnya para pendukung aktivitas “matikan lampu” di seluruh dunia diajak untuk mematikan elektronik yang tidak digunakan selama 60 menit. Masyarakat pun diimbau untuk memanfaatkan waktu tersebut dengan melakukan hal yang menguntungkan lingkungan bumi.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya