Situs Kawal Pemilu Masih Cek Lebih Dari 100 Ribu Foto Laporan Suara  

Belum bisa lihat pola kejanggalan suara

Jakarta, IDN Times - Co-founder KawalPemilu.org, Elina Ciptadi, mengungkapkan, pihaknya masih fokus meninjau lebih dari 100 ribu foto yang dilaporkan dalam situs KawalPemilu.org. 

“Kami masih fokus review, lebih dari 100 ribu foto yangg masih pending,” kata dia kepada IDN Times, Kamis (15/2/2024).

Baca Juga: Real Count KPU, Golkar Memimpin Sementara untuk DPR RI di Sumut 

1. Belum bisa lihat pola kejanggalan suara

Situs Kawal Pemilu Masih Cek Lebih Dari 100 Ribu Foto Laporan Suara  Ilustrasi kotak suara di TPS Makassar. (IDN Times/Asrhawi Muin)

Menurutnya, fokus saat ini masih tertuju pada peninjauan tersebut agar kesalahan seperti penggelembungan suara atau potensi kecurangan yang mungkin muncul dapat dilihat.

Dia mengatakan, setelah mencakup banyak tempat pemungutan suara (TPS), tim KawalPemilu.org baru bisa melihat pola-pola yang mencurigakan. 

“Setelah cakupan TPS tinggi baru kita bisa lihat pattern-pattern yang janggal, bila ada,” katanya.

Baca Juga: Quick Count Prabowo-Gibran Unggul, Relawan: Suara dan Amanah Rakyat

2. Perolehan suara Prabowo-Gibran mencapai 52.33 persen

Situs Kawal Pemilu Masih Cek Lebih Dari 100 Ribu Foto Laporan Suara  Prabowo-Gibran rayakan kemenangan hasil quick count Pemilu 2024. (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dari pantauan IDN Times dan rekapitulasi data yang dilakukan pada pukul 10.00 WIB, pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat persentase suara 31.23 persen.

Sedangkan, pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mencapai 52.33 persen.

Kemudian, ada 16.44 persen data dari pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang sudah masuk dalam situs ini.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Unggul Quick Count, Jokowi Ucapkan Selamat

3. Ini 6 situs pelaporan Pemilu 2024

Situs Kawal Pemilu Masih Cek Lebih Dari 100 Ribu Foto Laporan Suara  Ilustrasi hasil quick count atau hitung cepat Pemilihan Legislatif di website IDN Times. (Dok/IDN Times).

Masyarakat bisa mengawasi jalannya proses pemungutan suara dengan memanfaatkan situs pelaporan Pemilu 2024.

Selain yang disediakan resmi dari Bawaslu, masyarakat juga bisa mengawal hasil pemilu dari situs-situs swasembada masyarakat

Mulai dari Sigaplapor.bawaslu.go.id, Kawalpemilu.org, Jagasuaramu.id, Jagapemilu.com, Kecuranganpemilu.com hingga wargajagasuara.com.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Update Real Count KPU: Anies 24.56%, Prabowo 56,01%, Ganjar 19.43%

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya