Comscore Tracker

Temui Lukas Enembe di Papua, Komnas HAM Ungkap Kondisi Kesehatannya 

Kondisinya disebut kurang baik

Jakarta, IDN Times - Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengungkapkan kondisi kesehatan dari Gubernur Papua Lukas Enembe. Hal ini dia sampaikan usai berjumpa dengan Lukas Enembe di Papua secara langsung.

"Dalam pertemuan itu kami diberikan penjelasan, memang kondisi kesehatan Bapak Lukas Enembe sedang tidak dalam keadaan baik," kata dia dalam keterangan video, Kamis (29/9/2022).

Kunjungan dilakukan pada 28 September 2022 dan berbicara langsung dengan Lukas Enembe dengan pengacara, dokter pribadi, maupun dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua, serta beberapa elemen masyarakat.

"Dokter Anton selaku dokter pribadi juga mengatakan dokumen kesehatan tersebut soal status kesehatan Bapak Lukas Enembe kepada pihak KPK," katanya.

1. Satu formula untuk penanganan kesehatan Lukas Enembe

Temui Lukas Enembe di Papua, Komnas HAM Ungkap Kondisi Kesehatannya Gubernur Papua, Lukas Enembe (ANTARA News Papua/HO-Humas Pemprov Papua)

Dia mengharapkan adanya satu solusi penyelesaian masalah kesehatan dan mengakui ada satu formula yang disiapkan KPK soal penanganan kesehatan Lukas.

"Namun dalam perbicangan itu kelihatan belum terjadi pemahaman bersama. Kami selanjutnya mendorong kedua belah pihak untuk meneruskan satu komunikasi yang lebih intensif mengenai permasalahan hukum Bapak Lukas Enembe," katanya.

Baca Juga: Moeldoko ke Lukas Enembe: Apa Perlu TNI Dikerahkan?

2. Komnas HAM tidak bisa campuri urusan lembaga lain

Temui Lukas Enembe di Papua, Komnas HAM Ungkap Kondisi Kesehatannya Gubernur Papua Lukas Enembe [kiri] (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Komnas HAM, kata Taufan, tak bisa mencampuri karena itu merupakan wewenang dari lembaga lain, dalam hal ini KPK. Namun terkait dengan kondisi kesehatan dan perawatan kesehatan Lukas Enembe, pihaknya berjanji akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada bebagai pihak baik pemerintah maupun KPK.

"Kami mengajak semua pihak terutama dari keluarga besar Lukas Enembe tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat, maupun lembaga lainnya untuk menghormati proses hukum yang berjalan oleh KPK. Namun memang tetap harus memperhatikan kondisi hak-hak kesehatan dari Bapak Lukas Enembe," kata dia.

Baca Juga: Demokrat Cermati Muatan Politis Kasus Lukas Enembe, Ini Analisis AHY

3. Bertemu dengan elemen masyarakat Papua bahas kondisi Luka

Temui Lukas Enembe di Papua, Komnas HAM Ungkap Kondisi Kesehatannya Ahmad Taufan Damanik, Komisioner Komnas HAM. (dok. Komnas HAM)

Taufan sendiri berangkat ke Papua bersama dengan dua komisionernya yakni Beka Ulung Hapsara dan Choirul Anam. Dia melakukan diskusi dan berdialog dengan tokoh-tokoh masyarakat Papua.

"Lembaga-lembaga pemerintahan, membicarakan langkah-langkah lebih lanjut dari upaya dialog damai yang sudah dilakukan Komnas HAM sejak tahun lalu," katanya.

Pihaknya juga mendapatkan aspirasi maupun masukan mengenai kondisi kesehatan Lukas Enembe, yang sekarang sudah menjadi tersangka dalam satu dugaan suap dan gratifikasi tindak pidana korupsi KPK.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya