Video Kapten Philip Saat Disandera KKB: Minta Gajinya Diberi ke Istri

Philip minta keluarganya tak perlu mengkhawatirkan kondisnya

Jakarta, IDN Times - Sebuah video memperlihatkan kondisi pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, sedang bersama Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Ada beberapa video yang dirilis dan diterima IDN Times, salah satunya adalah video Philip menyampaikan kondisinya pada Maria dan Jacob.

Dalam pesan itu, dia mengatakan, kondisinya sehat dan baik-baik saja. Dia juga meminta agar gajinya diberikan pada Maria.

"Gajiku diberikan pada Maria untuk membeli makan," kata Philip dalam video yang diterima IDN Times, Jumat (10/3/2023).

Baca Juga: Panglima TNI Tolak Bantuan Selandia Baru untuk Bebaskan Pilot Susi Air

1. Keluarga diminta tidak khawatir

Video Kapten Philip Saat Disandera KKB: Minta Gajinya Diberi ke IstriFoto dan video pilot Susi Air kapten Philip beredar di media sosial (Dok. Juru Bicara TPNPB (WPNLA), Sebby Sambom)

Dalam video tersebut, Philip juga meminta keluarganya tidak perlu khawatir. Sebab dia dijaga dengan cukup makan dan minum. KKB juga memberikan pakaian dan obat-obatan bagi kesehatannya.

"Untuk keluargaku, saya sangat menyayangi kalian, ku mohon jangan terlalu mengkhawatirkanku, ini butuh kesabaran yang kuat dan saya berharap kita berkumpul kembali segera," katanya.

2. OPM akan membebaskan Philip setelah Papua merdeka

Video Kapten Philip Saat Disandera KKB: Minta Gajinya Diberi ke IstriTentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Dia membacakan sepucuk surat didampingi anggota KKB di sekitarnya. Berikut bunyi surat yang dibacakan Philip dalam bahasa Inggris.

I've been instructed to write this statement. No foreign pilots are committed to work and fly in Papua until Papua is independent. OPM request the United Nations to mediate between Papua and Indonesia to work towards Papua independence. OPM will release me after Papua is independent. (Saya diinstruksikan untuk menulis pernyataan ini. Tidak ada pilot asing yang akan berkerja dan terbang di Papua sampai Papua merdeka. OPM meminta PBB untuk memeditasi Papua dan Indonesia untuk membicarakan kemerdekaan Papua. OPM akan membebaskan saya setelah Papua merdeka).

3. TPNPB menyebut kondisi Philip baik-baik saja

Video Kapten Philip Saat Disandera KKB: Minta Gajinya Diberi ke IstriTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Dalam video, Philip mengenakan jaket biru dan celana cokelat. Dia duduk bersama sejumlah anggota KKB yang bersenjata lengkap, baik laras panjang maupun panah. Juru Bicara TPNPB (WPNLA) Sebby Sambom mengatakan, Philip dalam keadaan baik dan sehat.

"Hai selamat pagi semuanya! Berikut update terbaru kami tentang kondisi pilot Selandia Baru di Pos TPNPB di Ndugama Derakma, kondisinya baik-baik saja, aman, dan sehat," kata dia.

Baca Juga: Menko Mahfud Tolak Syarat KKB Tukar Pilot Susi Air dengan Senjata 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya