Puncak Libur Lebaran, Tempat Wisata di Jakarta Ini Ramai Pengunjung

Ragunan, Monas, dan Kota Tua jadi pilihan warga Jakarta

Jakarta, IDN Times - Momen Hari Raya Idulfitri 1440 H dimanfaatkan masyarakat ibu kota untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Tempat wisata murah menjadi incaran masyarakat untuk berlibur terutama di sisa waktu liburan ini.

Masyarakat memilih tempat wisata di dalam kota, dengan alasan mudah dijangkau dan murah meriah. Berikut beberapa tempat wisata di Jakarta yang ramai dikunjungi wisatawan pada libur Lebaran ini.

1. Taman Margasatwa Ragunan

Puncak Libur Lebaran, Tempat Wisata di Jakarta Ini Ramai PengunjungInstagram Ragunan Zoo

Tempat wisata yang berlokasi di Jakarta Selatan ini menjadi primadona pilihan warga Jakarta untuk menghabiskan waktu libur Lebaran bersama keluarga. Hari ketiga Lebaran ini, pengunjung Kebun Binatang Ragunan mencapai 125.422 orang. Ada pun para pengunjung yang mengendarai sepeda motor sebanyak 17.053, 150 bus, 24 sepeda, dan 5.304 mobil.

Banyaknya pengunjung yang memadati Ragunan, berdampak pada lalu lintas sekitar kawasan wisata tersebut. Dari pantauan IDN Times, petugas kepolisian meminta masyarakat yang bertujuan hanya melewati kawasan tersebut untuk mencari alternatif jalan lain demi mengurangi kemacetan di sekitar wilayah Ragunan.

Baca Juga: Ini 3 Strategi Menhub untuk Lancarkan Arus Balik Lebaran 2019

2. Monumen Nasional (Monas)

Puncak Libur Lebaran, Tempat Wisata di Jakarta Ini Ramai PengunjungIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Monumen bersejarah yang berlokasi di jantung ibu kota ini menjadi salah satu incaran tempat wisata warga Jakarta dan sekitarnya. Selain lokasinya yang mudah dijangkau dengan kendaraan umum, Monas memiliki harga tiket masuk yang cukup murah. Bagi pengendara sepeda motor serta mobil, lahan parkir kendaraan yang memadai menjadi salah satu alasan berlibur di monumen ini.

Sejak dibuka pada hari kedua Lebaran, sebagian besar pengunjung berdatangan mulai sore hingga malam. Suasana asri dan gemerlap lampu-lampu gedung pencakar langit di sekitar Monas menambah keindahan lokasi wisata tersebut.

3. Wisata Kota Tua Jakarta

Puncak Libur Lebaran, Tempat Wisata di Jakarta Ini Ramai PengunjungIDN Times/Marisa Safitri

Dua hari terakhir masa libur Kebaran diperkirakan menjadi puncak jumlah pengunjung kawasan Wisata Kota Tua, Jakarta Barat. Selain swafoto di depan Museum Fatahillah, pengunjung juga tak lupa masuk ke dalam museum untuk mengetahui sejarah dan peninggalan-peninggalan era Belanda yang berada di dalam museum. Jumlah pengunjung terus bertambah pada sore hingga malam hari.

Demi mengantisipasi ramainya pengunjung kawasan Kota Tua, pihak kepolisian ikut turun tangan mengamankan lokasi tersebut. Terdapat 7 titik pos keamanan di wilayah tersebut yang dijaga oleh petugas UPK, TNI, dan Polisi.

4. Setu Babakan Kampung Betawi

Puncak Libur Lebaran, Tempat Wisata di Jakarta Ini Ramai Pengunjunginstagram.com/my_bike_my_story

Bagi warga Jakarta mungkin sudah tidak asing lagi dengan objek wisata Setu Babakan yang berada di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Jika kalian ingin berwisata sambil mengenal budaya Betawi lebih dekat, tempat wisata ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Di sini, pengunjung bisa belajar budaya Betawi, mencicipi kuliner khas Betawi, serta wisata panorama danau atau setu yang berada di pinggiran Jakarta.

Para pengunjung kawasan cagar budaya Betawi ini tidak dikenakan biaya masuk. Pengunjung hanya dikenakan biaya tiket parkir bagi yang membawa kendaraan. Selain tidak adanya tiket masuk, wilayah ini juga mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi umum.

"Enak liburan di sini, banyak makanan khasnya. Ada kerak telor, bir pletok, dodol. Murah meriah juga," ujar Lazuardi, salah satu pengunjung Setu Babakan asal Kampung Dukuh.

Baca Juga: 7 Kafe Hits yang Bisa Jadi Alternatif Wisata Jakarta, Seru Abis!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya