Comscore Tracker

Tingkatkan Pembinaan Atlet, Kemenpora Gelar Diseminasi Iptek Olahraga

Konsep-pelaksanaan pembinaan atlet berbasis iptek olahraga

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Asdep Pembibitan dan Iptek Olahraga pada Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga menggelar kegiatan diseminasi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) olahraga di Gorontalo.

Plt Asdep Pembibitan dan Iptek Olahraga Kemenpora, Bambang Siswanto, mengatakan bahwa diseminasi tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan tentang konsep dan pelaksanaan pembinaan atlet jangka panjang. Konsep dan pelaksanaan tersebut berbasis pada iptek olahraga. 

1. Kegiatan diseminasi iptek olaharaga bertujuan agar pelatih mempunyai pengetahuan LTAD

Tingkatkan Pembinaan Atlet, Kemenpora Gelar Diseminasi Iptek Olahraga(Pelatih ganda putra Indonesia Herry Iman Pierngadi (tengah) FOTO ANTARA/INASGOC/Puspa Perwitasari

Bambang menambahkan bahwa program tersebut merupakan tindak lanjut dalam pembinaan atlet junior agar pelatih mempunyai pengetahuan LTAD (long term athlete development) dan mendapatkan hasil prestasi yang memuaskan di masa depan. 

Kegiatan yang diikuti 40 peserta yang terdiri atas unsur pelatih atlet junior di Gorontalo ini berlangsung pada 7-11 Juni 2021. 

Baca Juga: Berolahraga Saat Normal Baru, Kemenpora Siapkan Rincian Panduan 

2. Pembinaan atlet junior sangat perlu sebagai generasi penerus

Tingkatkan Pembinaan Atlet, Kemenpora Gelar Diseminasi Iptek OlahragaIlustrasi atlet renang (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Pembinaan atlet junior memang dipandang sangat perlu sebagai generasi di masa mendatang untuk menggantikan peran senior sehingga dengan persiapan yang matang prestasi bisa diraih. 

Sementara itu, Kadispora Gorontalo, Wahyudin A Katili, mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Kemenpora. Dia berharap, dengan kegiatan ini nantinya para pelatih bisa membina atlet dengan baik dan menciptakan prestasi.

3. Kegiatan diseminasi iptek olahraga dibutuhkan agar mampu membina atlet potensial

Tingkatkan Pembinaan Atlet, Kemenpora Gelar Diseminasi Iptek OlahragaIlustrasi atlet. Nurmala atlet difable Sumut (Dok. IDN Times)

Wahyudin juga menambahkan, Gorontalo membutuhkan kegiatan seperti ini agar mengacu dan memberikan ilmu yang benar kepada para pelatih dalam merekrut dan membina atlet-atlet yang potensial.

Adapun turut hadir dalam kegiatan diseminasi iptek olahraga yakni Kabid Binpres KONI Gorontalo Ucok Hasian, Kadispora Kabupaten Bone Bolango Yamin Abas, dan tamu undangan lainnya. (WEB)

Baca Juga: Sarat Motivasi, 5 Film Indonesia Tentang Perjuangan Seorang Atlet

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya