Megawati Bakal Terima Jokowi dan Sejumlah Ketum Parpol Saat Lebaran

Hasto masih enggan beberkan parpol mana saja yang datang

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri tak akan menggelar open house pada Idul Fitri 1444 H/2023 M. Meski demikian, Megawati akan menerima sejumlah ketua umum politik di kediamannya.

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan, pertemuan itu dilakukan sekaligus halal bi halal.

"Pada saat Lebaran, pertemuan diadakan dalam rangka silaturahmi para tokoh dan Bu Mega bertemu dengan sahabat-sahabat beliau," ujar Hasto di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Selasa (18/4/2023).

Meski demikian, Hasto enggan menjelaskan ketua umum partai politik mana saja yang akan menemui Megawati pada hari Lebaran.

Baca Juga: Aria Bima Ungkap Arahan Megawati di Rapat Tertutup PDIP, Ini Isinya

1. Alasan ketua umum partai politik lain berkunjung ke Megawati

Megawati Bakal Terima Jokowi dan Sejumlah Ketum Parpol Saat LebaranSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman)

Hasto mengatakan, ketua umum partai politik lain berkunjung ke Megawati karena memandangnya sebagai Presiden ke-5 RI dan senior politik. 

"Apapun Bu Mega, kan beliau ketua umum senior, Presiden ke-5 RI, dan PDI Perjuangan atas dukungan rakyat mendapatkan dukungan sehingga melampaui presidential threshold. Itu yang menyebabkan apa yang disampaikan Bu Mega ditunggu parpol lain dan dari situlah bandul kerja sama itu akan bergerak," ucap dia.

Baca Juga: Politikus PDIP Ungkap Alasan Megawati Belum Umumkan Capres PDIP

2. Jokowi juga disebut akan bertemu Megawati

Megawati Bakal Terima Jokowi dan Sejumlah Ketum Parpol Saat LebaranSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman)

Dalam kesempatan itu, Hasto juga menyebut Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan berkunjung ke kediaman Megawati. 

"Tradisi bertemu dengan Presiden Jokowi dengan beberapa menteri dan ini satu hal yang biasa dilakukan," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Tak Gelar Open House Idul Fitri 2023

3. Bandul politik baru akan bergerak usai Mega umumkan capres

Megawati Bakal Terima Jokowi dan Sejumlah Ketum Parpol Saat LebaranSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Hasto Kristiyanto mengatakan, pergerakan partai politik akan semakin pasti ketika Megawati mengumumkan calon presiden untuk Pemilu 2024 nanti.

"Pada akhirnya juga akan ditentukan pada figur siapa yang akan ditetapkan dan pola-pola itulah yang akan berjalan, dan itu nanti akan ditentukan. Bandul politik ini akan bergerak dari penetapan capres dari Bu Mega yang momentumnya nanti akan disampaikan dalam waktu yang tepat," imbuhnya.

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya