Profil Ridwan Mansyur, Eks Panitera MA yang Kini Jadi Hakim Konstitusi

Ridwan Mansyur dilantik jadi hakim MK hari ini

Jakarta, IDN Times - Ridwan Mansyur kini telah sah menjadi Hakim Konstitusi Mahkamah Konstitusi (MK) usai mengucapkan sumpah jabatan di depan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, di Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (8/12/2023).

Ridwan Mansyur lahir di Lahat, Sumatra Selatan pada 11 November 1959. Ridwan memulai kariernya sebagai calon hakim di Pengadilan Negeri Bekasi pada 1986.

Ridwan sah menjadi hakim pada 1989 Pengadilan Negeri Muara Enim. Pada 1998, Ridwan menjadi hakim di Pengadilan Negeri Cibinong. Setalah itu, Ridwan dimutasi ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 2006.

Setelah itu, Ridwan mendapat promosi sebagai Ketua Pengadilan Negeri Palembang Klas IA Khusus. Pada tahun 2012, pimpinan MA kembali memberikan promosi jabatan sebagai Hakim Tinggi PT Jakarta yang ditugaskan sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas MA.

Jabatan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung juga pernah diemban oleh Ridwan pada 2017. Pada 2018, Ridwan dimutasi menjadi Wakil Pengadilan Tinggi Tanjungkarang.

Ridwan kemudian mendapat promosi pada 2020 menjadi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Semarang. Setelahnya, Ridwan dipercaya menjadi Panitera Mahkamah Agung (MA) pada 2021.

Baca Juga: Ridwan Mansyur Ucapkan Sumpah dan Janji Jabatan Hakim Konstitusi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya