Comscore Tracker

Soal Reshuffle Kabinet Jokowi di Rabu Pon, PKB: Tunggu Kejutannya

PKB sebut reshuffle pasti terjadi karena PAN masuk koalisi

Jakarta, IDN Times - Isu perombakan atau reshuffle kabinet Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang dikabarkan akan berlangsung hari ini, Rabu pon, hingga siang ini belum menampakkan tanda-tanda akan terjadi. Namun, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan, akan ada kejutan.

"Sampai hari ini tertutup ya. Belum ada bisik-bisik dari Istana, tapi saya melihatnya begini, biasanya ada kejutan, tunggu saja kejutannya," ujar Jazilul di Kompleks Parlemen, Rabu (8/12/2021).

Baca Juga: Istana Bantah Bakal Ada Reshuffle Kabinet pada 8 Desember 2021

1. Muncul isu reshuffle pada 22 Desember 2021

Soal Reshuffle Kabinet Jokowi di Rabu Pon, PKB: Tunggu KejutannyaWakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara itu, ada juga isu mengenai reshuffle kabinet akan terjadi pada Rabu, 22 Desember 2021. Jazilul mengaku tidak mengetahuinya secara pasti.

"Memang kalau biasanya hari Rabu, ya berarti tinggal satu hari Rabu lagi di tanggal 22 Desember, apakah mungkin? Mungkin saja, tidak ada yang tidak mungkin. Tapi yang tahu hanya Pak Jokowi," ucapnya.

Baca Juga: PAN Buka Suara soal Isu Reshuffle Kabinet 8 Desember 2021

2. PKB sebut akan ada reshuffle

Soal Reshuffle Kabinet Jokowi di Rabu Pon, PKB: Tunggu KejutannyaWakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Jazilul mengatakan, reshuffle suatu kepastian. Sebab, saat ini PAN masuk dalam partai koalisi pemerintah.

Jazilul menjelaskan, ada tiga pertimbangan yang bisa diambil oleh Jokowi saat hendak melakukan reshuffle. Pertama, melihat kinerja para menterinya.

Kemudian kedua, terkait dengan adanya partai baru yang masuk dalam koalisi. 

"Ketiga, Pak Presiden menggunakan haknya perkembangan dinamika. Jadi teman-teman menanyakan reshuffle ya rasioanal. Karena memang koalisi berubah," katanya.

3. Istana bantah bakal ada reshuffle kabinet pada 8 Desember 2021

Soal Reshuffle Kabinet Jokowi di Rabu Pon, PKB: Tunggu KejutannyaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, Istana membantah Presiden Jokowi bakal melakukan perombakan kabinet Indonesia Maju pada 8 Desember 2021. Kabar perombakan kabinet terus merebak usai Partai Amanat Nasional (PAN) resmi merapat masuk ke dalam kubu pemerintah. Informasi yang berkembang, Jokowi bakal memberikan jatah kursi wakil menteri bagi kader dari PAN.

"Setahu saya tidak ada rencana tersebut. Pokoknya semua menteri dan wakil menteri tetap bekerja seperti biasa. Jadi, kita juga terus waspada. Apalagi ini kan muncul varian baru COVID-19 Omicron. Kita harus makin waspada," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno di Istana Kepresidenan, Rabu (1/12/2021).

Apalagi jelang memasuki akhir tahun, muncul prediksi akan terjadi lonjakan kasus dan gelombang ketiga COVID-19. Sebab, di masa libur Natal dan tahun baru, mobilitas masyarakat semakin meningkat.

"Jadi, fokus kami adalah bagimana kita tetap meningkatkan perekonomian tetapi di waktu yang bersamaan COVID-19 tetap terkendali," kata dia lagi.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya