Tak Bahas Ganjar Saat Bertemu PDIP, NasDem: Puan Juga Mau Capres

Ada tiga capres dari Rakernas NasDem, salah satunya Ganjar

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani bertemu dengan Ketua Umum NasDem Surya Paloh hari ini, Senin (22/8/2022), di NasDem Tower, Jakarta.

Ketua DPP NasDem Willy Aditya mengatakan, pihaknya tak akan membahas calon presiden hasil Rakernas NasDem. Ada tiga nama capres dari rakernas tersebut, yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

"Kita lihat toh, Mbak Puan ingin maju toh (jadi capres). Kita saling hormat menghormati, ada courtesy di sana, di mana proses politik suatu hal yang dinamis ya. Tentu bagaimana dialog mampu membangun kesepahaman lalu kemudian menyusun kesepakatan," ujar Willy di NasDem Tower.

Diketahui, Ganjar merupakan kader PDI  Perjuangan. Dalam beberapa kesempatan,  Ganjar juga menegaskan kalau dirinya adalah PDIP.

Baca Juga: Survei SMRC: Ganjar Pranowo Ungguli Anies dan Prabowo

1. Puan melihat Surya Paloh sebagai paman sendiri

Tak Bahas Ganjar Saat Bertemu PDIP, NasDem: Puan Juga Mau CapresIDN Times/Tunggul Kumoro

Dalam kesempatan itu, Willy menyebut kedatangan Puan ke NasDem Tower sebagai bentuk silaturahmi. Sebab, hubungan antara Puan dan Surya Paloh sudah seperti keluarga.

"Ini kan Mbak Puan melihat Pak Surya sudah sebagai paman, sebagai om tentu proses dialog itu yang akan menjadi suatu hal yang lebih terbuka. Jadi, segala sesuatu sangat mungkin dibicarakan nanti," kata dia.

Meski demikian, Willy mengaku tak mengetahui Puan memang diajukan secara resmi oleh PDIP sebagai capres 2024. Willy menyebut, pernyataan itu diperoleh dari "kode alam".

"Itu kan cuma kode-kode alam saja. kita lihat nanti sejauh apa pembicaraannya, artinya apapun itu kerja sama politik tidak hanya di dalam ranah pilpres, tetapi tidak tertutup kerja sama di bidang pilpres," ucap dia.

Baca Juga: Beda Lagi dengan NasDem, Rakernas PDIP Tak Bahas Capres

2. NasDem tegaskan hubungan dengan PDIP baik-baik saja

Tak Bahas Ganjar Saat Bertemu PDIP, NasDem: Puan Juga Mau CapresKetua DPP NasDem, Willy Aditya (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Lebih lanjut, Willy mengatakan, pertemuan tersebut menunjukkan kalau hubungan kedua partai dalam keadaan baik-baik saja.

"Hubungan Pak Surya dengan Keluarga Besar Bung Karno dengan PDI Perjuangan, kalau teman-teman ingat, ini sudah 10 tahun pemerintahan Jokowi ini yang menjadi tulang punggung utamanya adalah PDI Perjuangan dan Partai NasDem," ujar dia.

"Kalau ada rona-rona sedikit, itu hal yang manusiawi. Jadi kunjungan hari ini membuktikan bahwa PDI Perjuangan dan NasDem memiliki kesamaan garis, kesamaan historis yang kemudian menjadi modal besar untuk dibangunnya kerja sama pada tahapan selanjutnya. Kita lihat lah nanti apa yang nanti jadi materi pembicaraan," sambungnya.

3. NasDem berharap ada kesamaan gagasan dengan PDIP usai pertemuan

Tak Bahas Ganjar Saat Bertemu PDIP, NasDem: Puan Juga Mau CapresKetua DPP NasDem Willy Aditya di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (9/11/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

WIlly berharap, ada kesamaan gagasan dengan PDIP usai pertemuan. Namun, dia tak menjelaskan kesamaan gagasan apa yang dimaksud.

"Harapannya tentu melahirkan kebajikan bersama. Harapannya melahirkan kesepahaman bersama tentang hal yang selama ini sering sekali menjadi miskomunikasi, mispersepsi seolah-olah dianggap hubungannya panas, padahal fine-fine saja," ucap dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya