Mahasiswa Asing Berebut Studi Islam di UIII

Ada 1.999 orang dari 63 negara melamar jadi mahasiswa UIII

Depok, IDN Times - Sebanyak 1.999 orang dari 63 negara melamar untuk mendapatkan kesempatan belajar di Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII), dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024. 

Jumlah pendaftar dari luar negeri tersebut mengalahkan jumlah pendaftar yang berasal dari dalam negeri. Pendaftar dari dalam negeri hanya mencapai 44 presen, sedangkan dari luar negeri mencapai 56 persen.

“Peminat semua fakultas hampir sama, studi Islam sangat tinggi dari luar negeri. Pelamar ini 60 persen dari luar negeri, tapi kita hanya terima 45 persen. Tapi untuk peminatnya sama rata untuk setiap fakultasnya,” ungkap Wakil Rektor bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan SDM, Bahrul Hayat, Ph.D, dalam acara Academic Convocation:
Pembukaan Kuliah Program Magister dan Doktoral UIII Tahun Akademik 2023, Senin (25/9/2023).

Baca Juga: 5 Hal tentang UIII yang Punya 11 Program Unggulan

1. UIII buka tiga program baru

Mahasiswa Asing Berebut Studi Islam di UIIIRektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Prof. Komaruddin Hidayat (IDN Times/Rochmanudin)

Pada tahun ini, UIII membuka tiga program studi baru, yakni Master in Public Policy specializing on Climate Change, Master of Finance in Sustainable Finance, dan Master of Arts in al-Takhassus fi al-Dirasat al-Islamiyya al-Turathiyya. Ketiga program studi ini berhasil menggaet minat besar dari dalam dan luar negeri.

UIII berkomitmen akan terus melakukan pengembangan program studi dan fakultasnya, sehingga tidak hanya terpaku pada keempat fakultas yang telah tersedia. Pengembangan program studi di bidang kesehatan, misalnya, akan menjadi salah satu fokus UIII pada masa mendatang.

“Islam itu tidak hanya mempelajari tentang Al-Quran dan hadis, fiqih dan sebagainya. Tapi kehidupan dunia Islam juga menyangkut kesehatan, ekonomi, bisnis dan juga pendidikan," ujar Majelis Wali Amanat (MWA) UIII, Muhammad Jusuf Kalla yang juga menghadiri acara ini.

"Jadi mahasiswa kita nanti akan mendapat kuliah tentang kesehatan, tapi juga tentu dasar-dasar agama juga. Jadi ada mix nanti. Jadi jangan hanya pikir Islam itu hanya bicara soal fiqih, hadis, atau tafsir. Islam itu luas, dan kecenderungan ini sudah ada sejak awal, seperti IAIN ada fakultas kedokteran. Umat itu tidak hanya belajar soal agama, tapi juga belajar tentang meningkatkan harkat manusia,” sambung JK.

2. UIII merekrut dosen dari luar negeri

Mahasiswa Asing Berebut Studi Islam di UIIIMasjid kampus UIII (IDN Times/Rochmanudin)

Selain pengembangan program studi baru, UIII juga terus meningkatkan mutu pendidikan yang sedang dijalankan, salah satunya adalah dengan perekrutan dosen yang berasal dari luar negeri. UIII sudah melakukan kerja sama dengan Universitas Al-Azhar Mesir, dan tahun ini, sejumlah dosen dari Universitas Al-Azhar Mesir ikut menjadi tenaga pengajar di UIII.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan SDM UIII, Bahrul Hayat, PhD., menjelaskan selain dosen dari Universitas Al-Azhar Mesir, UIII juga sudah mempunyai dosen dari Universitas Harvard Amerika Serikat. Menurut dia, UIII terus mendapatkan dukungan dari berbagai kampus dari dalam dan luar negeri.

“Kampus kami mendapatkan banyak dukungan dari kampus lain. Ada juga University of Edinburgh yang sudah kerja sama dengan kami untuk program double degree. Jadi nanti ada 14 mahasiswa kami (dari studi Islam) yang akan diberangkatkan untuk melanjutkan studi di University of Edinburgh,” ujarnya, saat mendampingi JK, usai acara.

Baca Juga: UIII Terima 228 Mahasiswa Baru dari 23 Negara

3. UIII memulai tahun akademik 2023/2024

Mahasiswa Asing Berebut Studi Islam di UIIIPerpustakaan kampus UIII (IDN Times/Rochmanudin)

Diketahui, Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) menyelenggarakan Academic Convocation ketiga, Depok, Senin (25/9/2023). Acara ini secara resmi dibuka Rektor UIII, Prof. Komaruddin Hidayat, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UIII, Muhammad Jusuf Kalla. Acara ini juga dihadiri seluruh civitas akademika UIII.

Acara ini merupakan acara tahunan untuk penerimaan mahasiswa baru UIII yang akan mulai berkuliah di semester ini. Sebelumnya pada 31 Agustus 2023, UIII telah mewisuda 72 lulusan program magister pertamanya. 

Sebanyak 228 mahasiswa yang berasal dari 23 negara secara resmi diterima menjadi mahasiswa UIII pada Tahun Akademik 2023-2024. Secara rinci, terdapat 175 mahasiswa program magister yang diterima di tujuh program studi dari empat fakultas di UIII. UIII juga menerima 53 mahasiswa program doktoral untuk keempat fakultas tersebut.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya