Arsul Sani Sebut Erick Thohir Cocok Jadi Cawapres atau Capres KIB

Erick mengaku kini masih fokus kerja jadi Menteri BUMN

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani, memberikan bocoran bahwa Menteri BUMN Erick Thohir ikut masuk ke dalam radar Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk dijadikan capres atau cawapres. Oleh sebab itu, Arsul mengajak sejumlah kader perempuan PPP untuk mendukung Erick di Pemilu 2024. Hal itu disampaikan Arsul dalam acara Seminar Nasional dan Temu Tokoh Wanita Persatuan Pembangunan yang digelar di kantor DPP PPP, Jakarta pada Senin, (31/10/2022). 

"Yang terhormat, Mas Menteri BUMN, Mas Erick Thohir. Kalau dari apa yang tadi disampaikan, secara singkat padat, saya kira cocok jadi capres atau cawapres ini," ungkap Arsul pada hari ini. 

"Kalau nanti kita ajukan nama Pak Erick sebagai satu, saya gak mau bilang eksklusif, karena itu gak baik, satu dari sekian nama yang diajukan PPP ke koalisi sebagai capres atau cawapres, kira-kira setuju enggak?" tanya dia kepada perempuan PPP. 

Para audiens pun kompak menjawab setuju. "Jangan nanti pas Pak Erick pulang lalu menyatakan tidak setuju sebenarnya," kata Arsul merespons perempuan PPP. 

Ia pun menjanjikan kepada perempuan PPP bahwa DPP akan berkonsultasi lebih dulu soal pasangan calon presiden dan wakil presiden. Lalu, apa komentar Erick usai namanya yang disebut bakal diajukan sebagai salah satu capres dari KIB?

1. Erick Thohir serahkan keputusan akhir ke parpol soal rencana mengusungnya di pemilu 2024

Arsul Sani Sebut Erick Thohir Cocok Jadi Cawapres atau Capres KIBMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Sementara, ketika dikonfirmasi, Erick mengatakan bukan hanya PPP yang bakal mengusung namanya. Partai Amanat Nasional (PAN) pun turut memasukan nama salah satu menteri terkaya di Kabinet Indonesia Maju jilid II itu ke daftar capres mereka ketika digelar rakernas di Istora Senayan. 

"Kemarin kan PAN juga memasukan saya sebagai salah satu (capres). Bukan satu-satunya. Tapi, ini kan bagian dari demokrasi," ungkap Erick di kantor DPP PPP, Jakarta Pusat. 

Meski begitu, Erick mengaku menyerahkan semua keputusan akhir soal namanya diusung oleh KIB atau tidak ke tangan masing-masing parpol. Ia mengatakan tak mempersoalkan banyaknya dukungan agar namanya diusung menjadi capres atau cawapres. 

"Kalau-kalau (urusan) presiden atau wapres, itu yang menentukan Allah," tutur dia. 

Baca Juga: Puan dan Ganjar Masuk Daftar Bakal Capres 2024 PAN

2. Erick Thohir mengaku masih fokus bekerja sebagai Menteri BUMN hingga pemerintahan Jokowi rampung

Arsul Sani Sebut Erick Thohir Cocok Jadi Cawapres atau Capres KIBMenteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Lebih lanjut, Erick mengatakan, hingga kini ia masih fokus bekerja sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju jilid II yang dipimpin oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Ia juga mengingatkan bahwa tahun 2023 Indonesia bakal dihadapkan pada ancaman resesi.

Itu sebabnya ia mengaku tetap ingin fokus ke isu pemulihan ekonomi. Erick mengatakan tak ingin perhatiannya teralihkan kepada isu politik dan pemilihan capres pada 2024 mendatang. 

"Jangan sampai kita lengah karena kita selalu bicara politik, tetapi justru ekonomi kita tergerus. Tidak mungkin kondisi politik akan stabil bila keadaan ekonomi kita mengalami penurunan," tutur dia. 

Baca Juga: Survei: Erick Thohir Potensial Jadi Cawapres, Bisa Dongkrak Suara

3. Erick Thohir juga makin mesra dengan PAN

Arsul Sani Sebut Erick Thohir Cocok Jadi Cawapres atau Capres KIBMenteri BUMN, Erick Thohir bersama dengan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan di acara pelantikan Perempuan Amanat Nasional (PAN) pada 26 Oktober 2022. (www.instagram.com/@zul.hasan)

Sementara, relasi Erick juga semakin mesra dengan PAN. Kali terakhir ia hadir dalam acara Pelantikan Perempuan Amanat Nasional (PUAN) DPW DKI Jakarta periode 2022-2025. Dalam acara itu Erick bahkan mengaku sudah merasa menjadi bagian dari keluarga PAN.

"Kalau Pak Zul (Zulkifli Hasan) bilang kita sudah menjadi keluarga, ya memang saya juga merasakan hal yang sama di PAN. Tapi, tidak hanya karena Pak Zul, tetapi karena juga Mbak Intan (Ketum PUAN yang dijabat Intan Fauzi)," kata Erick ketika memberikan sambutan di Hotel Bidakara pada pekan lalu dengan mengenakan kemeja berwarna hitam. 

Ia juga menyebut kehadirannya di acara tersebut tak lepas dari bujukan Ketua DPW PAN DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo. Ia mengatakan Eko sempat meneleponnya. 

"Dia menelepon saya dan bilang 'ayo datang!' Kalau dengan Mas Eko ini kan saya memiliki sejarah panjang. Karena waktu itu kita berkolaborasi dan jadiin (stasiun) ANTV waktu itu nomor satu," katanya lagi. 

Sebelumnya, Erick juga terlihat hadir dalam peresmian kantor baru DPP PAN yang berlokasi di Kalibata pada 5 Oktober 2022 lalu.

Baca Juga: 4 Menteri yang Diisukan Maju Pemilu 2024 Didesak Mundur

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya