Sandiaga Uno Pamit dari Gerindra, Sampaikan Permintaan Maaf ke Prabowo

Sandi titipkan surat untuk Prabowo lewat Dasco

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengucapkan salam perpisahan kepada Partai Gerindra melalui Ketua Harian, Sufmi Dasco Ahmad di acara open house di rumah dinas Wakil Ketua DPR, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (23/4/2023). Sandi mengaku sempat berbicara empat mata dengan Dasco di acara tersebut.

"Saya tadi sempat ngobrol tertutup dengan Bang Dasco. Saya sampaikan beberapa pemikiran dan sekaligus kalau ada kesalahan selama ini, pamit dan minta maaf. Tentunya di momen Lebaran ini bisa terus mempererat silaturahmi dan berjuang bersama. Itu intinya," ujar Sandi yang mengenakan kemeja hijau di Kuningan, Jakarta Selatan. 

"Mudah-mudahan di momen yang spesial ini, di hari kedua Lebaran, bisa menyambut tugas-tugas berikutnya," kata pria yang di Gerindra menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina itu. 

Pernyataan pamit itu turut dikonfirmasi oleh Dasco. Ia menyebut bahwa Sandiaga menyampaikan permintaan maaf kepada Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto. 

"Tadi, Pak Sandi juga sudah menyampaikan permintaan maaf kepada Pak Ketua Umum," ujar Dasco. 

Ia menambahkan, saat pamit, Sandiaga Uno menitipkan sepucuk surat yang ditujukan kepada Prabowo. Apa isi surat tersebut?

Baca Juga: PKS Buka Pintu untuk Sandiaga Uno Jika Ingin Bergabung

1. Sandiaga enggan bocorkan surat yang ditulis untuk Prabowo

Sandiaga Uno Pamit dari Gerindra, Sampaikan Permintaan Maaf ke PrabowoKetua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad ketika berbincang dengan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno di acara open house pada Minggu, 24 April 2023. (Dokumentasi Istimewa)

Dasco menyebut bahwa ia belum membuka surat yang ditulis oleh Sandiaga tersebut sebab surat tersebut ditujukan kepada Prabowo.

"Tadi saat pamit, beliau sempat memberikan sebuah surat tapi saya belum buka isinya," kata Dasco. 

Ia menyebut, surat tersebut harus lebih dulu dibaca oleh Prabowo.

"Nanti setelah suratnya dibuka dan dibaca nanti akan ada berita-berita, ya, awak media akan tahu lah," tutur dia. 

Ia juga mengaku sudah memaafkan Sandiaga. Sebab, sempat santer terdengar rumor bahwa Sandiaga bakal pindah ke PPP. Dasco termasuk salah satu kader Gerindra yang meresponsnya dengan pernyataan sengit. Bahkan, Dasco secara blak-blakan pernah menyebut Sandiaga kerap hadir di acara PPP dan disosialisasikan kepada publik sebagai capres untuk Pemilu 2024.

Namun, ia menyebut masih belum mengetahui bagaimana dinamika ke depan usai Sandiaga pamit dari Gerindra. 

"Tadi sudah disampaikan kalau ada kekhilafan atau perbuatan yang tidak disengaja, Pak Sandi meminta maaf dan juga meminta maaf ke ketua umum. Kemarin juga sudah silaturahmi (ke rumah Prabowo). Seperti yang sudah disampaikan, selanjutnya Pak Sandi akan melakukan tugas-tugas lain di tempat yang baru," ujarnya. 

Baca Juga: Temui Mardiono Empat Mata, Sandi Uno Segera Umumkan Kepindahan ke PPP

2. Sandiaga sampaikan surat ke Prabowo karena mekanisme yang berlaku

Sandiaga Uno Pamit dari Gerindra, Sampaikan Permintaan Maaf ke PrabowoWakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno saat silaturahmi ke rumah Prabowo Subianto. (www.instagram.com/@sandiuno)

Ketika ditanya mengapa Sandiaga masih harus menyampaikan surat yang ditujukan ke Prabowo, Sandiaga menyebut bahwa itu mekanisme yang berlaku. Surat tersebut tak disampaikan Sandiaga secara langsung kepada Prabowo ketika mendatangi rumah Menteri Pertahanan itu pada Sabtu (22/4/2023) di Kertanegara, Jakarta Selatan. 

"Tentunya semua harus ada mekanismenya. Kita mengikuti administrasi dan etika, hormat kepada individu yang saya sangat teladani. Beliau sekarang negarawan, menjadi menteri yang paling berprestasi," kata Sandiaga.

Ia menjelaskan, salah satu poin di dalam surat tersebut berisi curahan hatinya ketika berjuang di Partai Gerindra selama delapan tahun terakhir. 

Baca Juga: Sandiaga Sebut Beberapa Hari ke Depan Akan Umumkan Gabung PPP

3. Dasco tidak diberikan informasi ke parpol mana Sandiaga akan berlabuh

Sandiaga Uno Pamit dari Gerindra, Sampaikan Permintaan Maaf ke PrabowoANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Saat ditanya apakah peluang menduetkan Prabowo-Sandi masih terbuka seandainya Sandi pindah ke PPP, Dasco mengaku belum tahu. Sebab, ketika pamit, kata dia, Sandiaga tidak menyebut ke parpol mana bakal berlabuh. 

"Sebelum panjang lebar, saya tidak diinfokan Pak Sandi mau ke mana. Jadi, terserah Pak Sandi saja," kata Dasco. 

Sedangkan, ketika ditanyakan kepada Sandiaga apakah bakal jadi pindah ke PPP, dia pun meminta media untuk bersabar. Kecurigaan media kepada Sandiaga bahwa akan pindah ke PPP menguat lantaran ia datang ke rumah dinas Dasco dengan mengenakan kemeja berwarna hijau. 

"Teman-teman harap bersabar. Karena ini kan etika politiknya menghadap pimpinan Pak Dasco. Pak Dasco kan pimpinan saya. Saya juga sudah ketemu dengan ketua umum dan ketua dewan pembina. Tentunya, di momen Lebaran ini, satu per satu kita siapkan tahapan-tahapannya," ujar Sandi. 

Ia pun berharap tali silaturahminya dengan Prabowo tetap erat meski ia segera hengkang dari Partai Gerindra. 

 


Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times.

Baca Juga: Demokrat: Pamit ke PPP Jangan-Jangan Plot Twist Prabowo-Sandi Lagi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya