11 Mei hari POM-TNI: Inilah Sejarahnya

POM-TNI, singkatan dari Polisi Militer Tentara Nasional

Jakarta, IDN Times - 11 Mei diperingati sebagai Hari POM-TNI. Sebelum membahas lebih lanjut tentang peringatan ini, sebenarnya apa sih POM-TNI?

POM-TNI adalah singkatan dari Polisi Militer Tentara Nasional Indonesia. POM-TNI bertugas melaksanakan penegakan hukum, melakukan penyelidikan kriminal dan pengamanan fisik, melaksanakan penyelidikan, menegakkan kedisiplinan dan tata tertib militer, melaksanakan pengawalan protokoler kenegaraan, melakukan penyelenggaraan SIM TNI serta mengendalikan lalu lintas militer, mengurus tawanan perang, interniran perang, dan tahanan yang berada di dalam operasi militer.

Intinya, POM-TNI bertugas mendukung tugas utama militer dalam menegakkan kedaulatan negara dan POM-TNI berada di bawah komando Panglima TNI.

Baca Juga: Panglima TNI Tunjuk Brigjen TNI Iwan Setiawan Jadi Danjen Kopassus 

1. Sejarah Pembentukan POM-TNI dan kaitannya dengan Hari POM-TNI

11 Mei hari POM-TNI: Inilah SejarahnyaPotret POM-TNI (setkab.go.id)

POM-TNI memiliki sejarah yang cukup panjang. Awalnya POM-TNI disebut sebagai Tentara Keamanan Rakyat (TKR). TKR ini terbentuk pada 5 Oktober 1945. Pada saat itu anggota TKR terdiri dari masyarakat yang memiliki beragam latar belakang. 

Pada Desember 1945, markas tinggi TKR memberi instruksi untuk membentuk polisi tentara. Seiring berjalannya waktu, tepat pada 22 Juni 1946, Presiden Soekarno akhirnya meresmikan satuan polisi tentara yang saat ini merupakan POM-TNI.

Sebelum berada di dalam satu kesatuan seperti saat ini, dulunya kepolisian tentara tidak berada di dalam satu komando. Namun, pada November 1947, Polisi Tentara dengan Badan Kepolisian Tentara yang lain melakukan pembicaraan yang membawa mereka pada penghapusan badan Kepolisian Tentara dan digantikan oleh Corps Polisi Militer berdasarkan penetapan nomor: A/113/1948 yang dikeluarkan oleh Presiden/Pertahanan Ad Interim pada 20 Maret 1948.

CPM memimpin Corps Polisi Militer Jawa dan Sumatera. Namun, kembali terdapat perubahan. Pada 31 Mei 1950 Corps Polisi Militer Jawa dan Sumatera dihapuskan dan diubah menjadi CPM yang markasnya berada di wilayah Jakarta.

Pada 28 November 1950, ditetapkan tujuh Batalyon Polisi Militer Indonesia. Setelah terjadi pemisahan antara POLRI dan Organisasi TNI, berdasarkan keputusan nomor Kep/1/III/2004 26 Maret 2004, penyelenggaraan tugas serta fungsi Kepolisian Militer di wilayah TNI dilaksanakan oleh POM-TNI dan berada di bawah Komando TNI.

Perjalanan panjang serta tanggung jawab besar yang dipegang oleh POM-TNI ini akhirnya sampai pada diperingatinya Hari POM-TNI.

2. Tujuan diperingati Hari POM-TNI

11 Mei hari POM-TNI: Inilah SejarahnyaKomandan Pusat Polisi Militer TNI Angkatan (Puspomad) Letjen TNI Dodik Widjanarko saat jumpa pers terkait perkembangan kasus perusakan Mapolsek Ciracas, di Kantor Puspomad, Jakarta, Kamis (3/9/2020). (ANTARA/HO-Penerangan Puspomad)

Hari POM-TNI diperingati dengan tujuan menghargai besarnya tanggung jawab dan peran yang diemban oleh para POM-TNI.

Hari ini juga jadi momentum yang tepat bagi masyarakat Indonesia untuk mempelajari lebih lanjut hal lain yang belum diketahui dari POM-TNI ini.

3. Cara memperingati Hari POM-TNI

11 Mei hari POM-TNI: Inilah SejarahnyaKomandan Pusat Polisi Militer TNI AD, Letjen Chandra W. Sukotjo (kiri) memberi selamat kepada Pangdam Jaya yang baru (www.instagram.com/@puspom_tni_ad)

Apakah kamu pernah bertanya-tanya apa yang bisa kamu lakukan untuk turut memperingati Hari POM-TNI ini?

Jika kamu belum begitu mengetahui sejarah berdirinya POM-TNI serta perkembangannya dari tahun ke tahun, kamu bisa menambah pengetahuanmu tentang POM-TNI dengan membaca sejarah tentang kehadiran serta peran mereka untuk Indonesia.

Dengan mengenal siapa mereka dan peran yang mereka, kamu bisa menghormati para pasukan POM-TNI. Kamu bisa mengunggah sebuah infografis berisikan sejarah POM-TNI, peran mereka untuk Indonesia, serta jasa-jasa yang sudah mereka lakukan di media sosial.

Cara lain yang bisa kamu terapkan adalah dengan berterima kasih kepada pasukan POM-TNI atas jasanya untuk menjaga keamanan serta melindungi masyarakat lewat media sosial.

Itu adalah informasi tentang Hari POM-TNI. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan kamu tentang sejarah POM-TNI dan juga asal usul dibalik hari peringatan yang jatuh pada tanggal 11 Mei, ya!

Baca Juga: 9 April Hari TNI Angkatan Udara: Awal Sejarahnya

Topik:

  • Bella Manoban
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya