Comscore Tracker

Jokowi Ingin Vaksinasasi Diprioritaskan di Tempat Interaksi Tinggi

Salah satunya penumpang transportasi publik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Stasiun Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (17/6/2021). Vaksinasi massal itu diperuntukkan bagi para penumpang KRL.

Dengan adanya program vaksinasi ini, Jokowi berharap masyarakat yang memilili mobilitas tinggi di wilayah aglomerasi dapat terlindungi dari COVID-19.

"Kita tahu Bogor adalah wilayah aglomerasi penyangga dari ibukota Jakarta, sehingga interaksi mobilitas semuanya tinggi," ujar Jokowi seperti yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Jokowi Minta 1 Juta Vaksinasi Sehari, Erick Thohir: Stok Vaksin Cukup

1. Jokowi ingin prioritas vaksin di tempat-tempat yang interaksinya tinggi

Jokowi Ingin Vaksinasasi Diprioritaskan di Tempat Interaksi TinggiPresiden Jokowi tinjau vaksinasi massal di Stasiun Bogor. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan di Stasiun Bogor ini, kata Jokowi, sebagai upaya pemerintah untuk memberikan prioritas vaksin bagi penumpang transportasi publik, seperti kereta api hingga bus.

"Kita ingin ada percepatan-percepatan di tempat-tempat yang interaksinya tinggi, yang mobilitasnya tinggi baik itu stasiun, kereta, terminal bus, airport dan juga pelabuhan karena di situlah kalau tidak kita segerakan akan terjadi penyebaran," tutur Jokowi.

2. Jokowi harap masyarakat bisa terlindung dari COVID-19

Jokowi Ingin Vaksinasasi Diprioritaskan di Tempat Interaksi TinggiIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Oleh karena itu, mantan Wali Kota Solo ini berharap dengan adanya upaya vaksinasi ini, masyarakat bisa terlindung dari virus corona dan mengurangi laju penyebaran kasus.

"Kita harapkan pagi hari ini dengan dimulainya vaksinasi di stasiun dan lingkungannya, saya harapkan semuanya bisa terlindungi dari COVID-19," ujar Jokowi.

Baca Juga: Di Pakistan, Orang yang Tolak Vaksinasi Diblokir Data Internetnya

3. Jokowi targetkan 1 juta orang divaksinasi dalam sehari

Jokowi Ingin Vaksinasasi Diprioritaskan di Tempat Interaksi TinggiPresiden Jokowi tinjau vaksinasi massal di Stasiun Bogor. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Presiden Jokowi menargetkan herd immunity atau kekebalan komunal akan tercapai pada Agustus mendatang. Hal itu ia sampaikan saat meninjau vaksinasi massal bagi pelaku sektor jasa keuangan di Tennis Indoor Senaya, Rabu (16/6/2021).

"Saya harapkan semua daerah bisa memperbanyak meningatkan vaksinasinya, sehingga kecepatan vaksinasi di sektor jasa keuangan segera mencapai herd immunity paling tidak maksimum di bulan Agustus," kata Jokowi seperti yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden.

Selain itu, Jokowi juga berharap agar vaksinasi di sektor-sektor lain bisa dipercepat. Bahkan, ia menargetkan vaksinasi bisa capai 1 juta orang per hari.

"Kita berharap kecepatan ini bisa dilakukan di sektor-sektor yang lain, sehingga covid kita hambat dengan waktu yang secepat-cepatnya. Target kita nanti di awal Juli, kalau sebelumnya 500 ribu, nanti di awal Juli sudah harus mencapai 1 juta per hari," jelas Jokowi.

Dengan banyaknya masyarakat yang mengikuti program vaksinasi, Jokowi berharap target vaksinasi bisa segera tercapai.

"Targetnya, kita dalam seminggu ini kurang lebih 100 ribu. Kita lakukan ini dalam rangka mempercepat vaksinasi dan kita harapkan juga segera terbentuk herd immunity, terbentuk kekebalan komunal," kata Jokowi

Baca Juga: Tinjau Vaksinasi di Bekasi, Jokowi Harap Herd Immunity Segera Tercapai

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya