DPRD Umumkan Pemberhentian Gubernur dan Wagub DKI Jakarta 13 September

Disepakati Bamus dan Sekda DKI Jakarta.

Jakarta, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta sepakat untuk menggelar rapat paripurna, terkait penyampaian pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) pada Selasa, 13 September 2022 mendatang.

Ketua Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi, mengatakan penjadwalan tersebut telah disepakati seluruh jajaran Bamus yang hadir, termasuk Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali dan jajarannya.

"Berdasarkan masukan dari pimpinan dan anggota Bamus, telah disepakati rapat paripurna pengumuman pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2017-2022 pada 13 September mendatang," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (30/8/2022).

1. Paripurna sesuai dengan amanat Kemendagri

DPRD Umumkan Pemberhentian Gubernur dan Wagub DKI Jakarta 13 SeptemberSekjen Kemendagri Hudori bersama dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi DKI Jakarta Memperingati HUT ke-494 Kota Jakarta di Ruang Rapat Paripurna, Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (22/6/2021). (Dok. Kemendagri)

Pras, sapaan akrabnya, menjelaskan penjadwalan paripurna tersebut merupakan amanat yang diberikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) kepada seluruh jajaran DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota yang memiliki kepala daerah dan wakil kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada 2022.

"Kemudian dalam edaran yang berisi amanat tersebut, dituliskan bahwa kami diberikan waktu, paling lambat paripurna pengumuman pemberhentian itu dilaksanakan 30 hari sebelum masa jabatan kepala daerah berakhir. Makanya kita tentukan sekarang," ungkapnya.

Baca Juga: Gubernur Anies Baswedan: Tak Mungkin Bangun Kota Tanpa Relokasi

2. Sekda siap ikuti mekanisme pemberhentian

DPRD Umumkan Pemberhentian Gubernur dan Wagub DKI Jakarta 13 SeptemberSekjen Kemendagri Hudori dalam sambutannya pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi DKI Jakarta Memperingati HUT ke-494 Kota Jakarta di Ruang Rapat Paripurna, Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (22/6/2021). (Dok. Kemendagri)

Di lokasi yang sama, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali mengatakan, siap mengikuti mekanisme yang telah ditetapkan.

"Jadi kita ikuti saja mekanisme yang dilaksanakan oleh DPRD, karena yang bersurat Kemendagri dan pimpinan DPRD. Kalau untuk PJ akan dipilih Presiden," ucapnya.

Dia pun menyampaikan bahwa penjabat (PJ) yang akan mengisi kekosongan Gubernur dan Wakil Gubernur akan dipilih oleh Presiden.

Diketahui, masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta bakal berakhir pada 16 Oktober 2022 mendatang.

3. Anggota DPRD DKI Jakarta gelar Bamus

DPRD Umumkan Pemberhentian Gubernur dan Wagub DKI Jakarta 13 SeptemberKetua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dalam agenda rapat bersama Badan Musyawarah DPRD DKI Jakarta, Senin (27/9/2021). (instagram.com/prasetyoedimarsudi)

Anggota DPRD DKI Jakarta diketahui akan menggelar rapat soal pemberhentian gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Pras mengatakan, sebelum pemberhentian pada 16 Oktober 2022, DPRD terlebih dulu menggelar rapat dengan Badan Musyawarah (Bamus).

"Jadi Bamus di puncak emang itu ada surat dari Permendagri untuk mempersiapakan bulan Oktober tanggal 16, kan pak gubernur dan pak wagub sudah selesai masa baktinya," terang dia di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (29/8/2022).

Baca Juga: Kode Buat Maju Capres 2024, Anies Baswedan Kutip Surat Al-Insyirah

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya