4 Parpol Daftar Bacaleg ke KPU Hari Ini, Ada PDIP dan NasDem

Baru ada dua parpol yang mendaftar, yakni PKS dan Hanura

Jakarta, IDN Times - Memasuki hari ke-11 dibukanya pendaftaran bakal calon anggota legislatif (bacaleg), empat partai politik (parpol) akan mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat.

Keempat parpol yang mendaftarkan bacalegnya pada hari ini (11/5/2023), di antaranya PDI Perjuangan (PDIP), NasDem, Partai Garuda, dan Partai Ummat.

Baca Juga: KPU Sebut Sistem Keterwakilan Perempuan di Pileg Hasil Konsultasi DPR

1. Jadwal PDIP, NasDem, Partai Garuda, dan Partai Ummat mendaftar ke KPU

4 Parpol Daftar Bacaleg ke KPU Hari Ini, Ada PDIP dan NasDemIlustrasi partai politik peserta pemilihan umum (pemilu) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Berdasarkan jadwal agenda pendaftaran bacaleg yang dibagikan KPU, PDIP akan mendaftar pada pukul 10.00 WIB.

Sementara NasDem akan mendaftar pada pukul 11.00 WIB. Kemudian, Partai Garuda dijadwalkan mendaftar jam 13.30 dan Partai Ummat 14.30.

Baca Juga: Banyak Dikritik Soal Keterwakilan Perempuan, KPU Akan Revisi PKPU

2. PKS jadi partai pertama yang daftar bacaleg ke KPU

4 Parpol Daftar Bacaleg ke KPU Hari Ini, Ada PDIP dan NasDemPetinggi PKS dan jajarannya mendaftarkan caleg ke Kantor KPU, Jakarta Pusat pada Senin, 8 Mei 2023 (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai politik (parpol) pertama yang mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat pada Senin, 8 Mei 2023.

Pantauan IDN Times di lokasi, sejumlah kader PKS mulai berdatangan sekitar pukul 08.00 WIB. Sejak awal tiba, mereka langsung menggelar senam pagi dengan lagu yang bermuatan lirik dukungan PKS pada Pemilu 2024 mendatang.

Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, menuturkan, alasan pihaknya mendaftarkan bacaleg pada Senin. Dia menjelaskan, tanggal 8 sesuai dengan angka nomor urut PKS sebagai parpol peserta Pemilu 2024.

"Hari ini alhamdulilah kita tanggal 8, PKS nomor 8, mendaftarkan menjadi peserta pertama dalam kontestasi Pemilu 2024," ucap dia saat menyampaikan orasi di depan Kantor KPU.

Baca Juga: KPU Diperingatkan Kemen PPPA soal Polemik Keterwakilan Perempuan

3. Hanura partai kedua pendaftar bacaleg

4 Parpol Daftar Bacaleg ke KPU Hari Ini, Ada PDIP dan NasDemKetua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Oesman Sapta Odang (OSO) daftarkan bacaleg ke KPU RI, Jakarta Pusat, pada 10 Maret 2023 (IDN Times/Yosafat Diva Bayu, Wisesa)

Setelah PKS, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) juga secara resmi mendaftarkan bakal calon anggota legislatif (bacaleg) pada Rabu, 10 Mei 2023.

Ketua Umum Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO), mengungkap alasan partainya mendaftarkan bacalegnya pada 10 Mei 2023. Tanggal 10 dipilih karena sesusai dengan angka nomor urut Hanura sebagai parpol peserta Pemilu 2024.

"Jadi begini, kita memilih tanggal 10, jam 10 tepat ada di sini itu mengingat nomor kita mengambil nomor 10," ucap dia dalam konferensi pers di Kantor KPU.

Pantauan IDN Times di lokasi, rombongan puluhan kader Hanura itu datang dengan menaiki bus partai berwarna kuning sekitar pukul 10.00 WIB.

Rombongan itu dipimpin langsung Ketua Umum (Ketum) Hanura, Oesman Sapta Odang; Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hanura, Kodrat Shah; dan jajaran petinggi Hanura lainnya.

Namun setelah berkumpul di depan gerbang, sejumlah kader memaksa masuk ke Gedung KPU. Aksi tersebut dihalangi oleh tim pengamanan dalam (pamdal) KPU, Jagat Saksana.

Sontak kader Hanura dan pamdal KPU sempat adu mulut hingga terjadi aksi saling dorong.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Ini Deretan Menteri Jokowi yang Daftar Caleg pada Pileg 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya