Gerindra Bongkar Isi Surat Sandiaga ke Prabowo, Pamit Mau Pindah Parpol

Sandiaga sampaikan surat ke Prabowo melalui Dasco

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani menjelaskan isi surat Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Sandiaga Uno kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Muzani menjelaskan, surat dari Sandiaga kepada Prabowo tersebut dititipkan melalui Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Baca Juga: Gerindra Tolak jika Prabowo Jadi Cawapres Ganjar di Pilpres 2024?

1. Surat Sandiaga kepada Prabowo menginformasikan pamit ke parpol lain

Gerindra Bongkar Isi Surat Sandiaga ke Prabowo, Pamit Mau Pindah ParpolMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Muzani mengatakan, inti dari surat yang ditujukan kepada Prabowo tersebut mengabarkan bahwa Sandiaga akan keluar dari Gerindra.

Pria yang menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu akan pindah ke parpol lain.

"Ternyata Pak Sandi meninggalkan kami, dia kasih surat ke Pak Dasco yang isinya intinya keluar dari Gerindra, loncat ke partai lain," kata Muzani saat ditemui awak media di Banten, Senin (24/4/2023).

Baca Juga: Jokowi Usul Prabowo Jadi Cawapres Ganjar, Begini Respons PDIP

2. Muzani kenang peran Prabowo membuat karier politik Sandiaga meroket

Gerindra Bongkar Isi Surat Sandiaga ke Prabowo, Pamit Mau Pindah ParpolSekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani saat menghadiri acara pelantikan dan pengukuhan pengurus DPD dan DPC Gerindra se-provinsi Gorontalo. (Dok/Gerindra)

Muzani membeberkan peran Prabowo yang membuat karier politik Sandiaga meroket. Dia tak memungkiri, saat ini Sandiaga punya posisi dan reputasi yang baik.

Dia mengatakan, kemungkinan Sandiaga keluar dari Gerindra lantaran tergoda oleh hasil dari berbagai lembaga survei dan hasrat berpolitik. 

"Ketika posisinya sekarang ini cukup bagus dengan reputasi dan keterkenalan yang sudah dikenal luas oleh masyarakat, sepertinya dia tergoda oleh survei, tergoda oleh konten, hasrat dan keinginan politiknya," kata Muzani.

Baca Juga: Gerindra Ungkap Pembicaraan Prabowo dan Jokowi di Solo, Bahas Pilpres?

3. Muzani tak mengetahui alasan pasti Sandiaga keluar dari Gerindra

Gerindra Bongkar Isi Surat Sandiaga ke Prabowo, Pamit Mau Pindah ParpolWakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra di acara Hari Ulang Tahun (HUT) di Kantor DPP Partai Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Muzani lantas menjelaskan, tidak mengetahui lebih lanjut apa yang sebenarnya alasan yang mendasari Sandiaga keluar dari Gerindra. Namun tak tertutup kemungkinan, Sandiaga akan mendapat posisi politik di partai barunya.

"Saya tidak tahu apa yang menjadi harapan dan agendanya kemudian dia berpamitan meninggalkan kita untuk loncat ke partai yang lain, mungkin itu cara dia untuk mendapatkan posisi-posisi politik," ucap dia.

Muzani juga menegaskan, keputusan Sandiaga untuk berpindah haluan ke parpol lain bukan sesuatu yang perlu dicontoh oleh kader Gerindra lainnya.

Loyalitas kader Gerindra harus dijaga, sehingga tak menjadi loncatan ke parpol lain.

"Loncat dari satu partai ke partai yang lain nanti pindah, nanti loncat lagi ke partai yang lain saya tidak tahu, cuma sikap yang seperti itu bukan sebuah posisi yang bisa menjadi contoh bagi kader Partai Gerindra," ucap dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya