Jelang Demo Besar Ciptaker, Mahasiswa Serukan Tagar SudahTidakPercaya

Demo besar akan digelar pada 6 April 2023

Jakarta, IDN Times - Sejumlah aliansi mahasiswa dari berbagai kampus menggelar konsolidasi di Universitas Trisakti, Jakarta Barat, pada 29 Maret 2023 malam.

Konsolidasi tersebut membahas mengenai demo besar tolak pengesahan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Cipta Kerja (Perppu Ciptaker) menjadi undang-undang.

"Konsolidasi Akbar ini diselenggarakan di Universitas Trisakti pada 29 Maret  2023 pukul 20.00 WIB," kata Ketua Dema UIN Jakarta, Muhammad Abid Al Akbar, kepada IDN Times, Jumat (31/3/2023).

Baca Juga: Tolak Ciptaker, Dema UIN Jakarta Bikin Meme Puan dan Jokowi Bertanduk

1. Mahasiswa ajak serukan tagar SudahTidakPercaya

Jelang Demo Besar Ciptaker, Mahasiswa Serukan Tagar SudahTidakPercayaMuhammad Abid Al Akbar, Ketua Dewan Eksekutif UIN Jakarta dalam Talkshow Series #GenZMemilih "Jurus Jubir Muda Partai Gaet Gen Z" by IDN Times (IDN Times/Besse Fadhilah)

Abid menjelaskan, salah satu hasil dari konsolidasi yang digelar tersebut, ialah untuk mengampanyekan gerakan dengan tagar #SudahTidakPercaya.

Dia menjelaskan, tagar itu sebagai kekecewaan sekaligus bukti bahwa masyarakat sudah tidak percaya terhadap institusi pemerintah, mulai dari eksekutif, yudikatif, dan legislatif.

"Hasil dari konsolidasi ini adalah menaikkan tagar #SudahTidakPercaya," kata dia.

Baca Juga: Demo di Kantor MR.DIY, Buruh: Bukti Perppu Ciptaker Telah Makan Korban

2. Demo besar digelar pada 6 April 2023

Jelang Demo Besar Ciptaker, Mahasiswa Serukan Tagar SudahTidakPercayaDemo Tolak Perppu Cipta Kerja di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Abid memastikan, hasil dari konsolidasi tersebut juga membahas mengenai rencana demo besar yang digelar pada 6 April 2023.

Demo besar tersebut merupakan aksi lanjutan, yang sebelumnya dilaksanakan pada 28 Februari, 14 Maret, dan 20 Maret 2023. 

"Terlebih pasca disahkannya UU Cipta Kerja, amarah rakyat terhadap semakin meletup dan akan membuat aksi tanggal 6 April akan besar," tutur dia.

Baca Juga: Kritik BEM soal UU Ciptaker Dinilai Tidak Pengaruhi Elektabilitas Puan

3. Melibatkan berbagai elemen masyarakat

Jelang Demo Besar Ciptaker, Mahasiswa Serukan Tagar SudahTidakPercayaDemo buruh di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Abid memastikan, dalam demo tersebut akan melibatkan berbagai elemen masyarakat. Termasuk saat konsolidasi kemarin, mahasiswa mengundang buruh, serikat pekerja, hingga wartawan.

"Elemen yang hadir pada Konsolidasi Akbar ini dihadiri lebih dari 50 Instansi. Mulai dari mahasiswa, buruh, pekerja dan para wartawan yang hendak meliput konsolidasi ini," imbuh dia.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya