Jusuf Kalla Hormati Keputusan PDIP Usung Ganjar Jadi Capres 2024

Ganjar nyapres kewenangan PDIP

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla atau JK menanggapi keputusan PDI Perjuangan (PDIP) mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

JK menegaskan, keputusan gubernur Jawa Tengah itu maju sebagai capres, merupakan kewenangan PDIP sebagai parpol yang mendukung. Dia mengatakan, menghormati kebijakan dan arah politik itu. 

"Itu tentu adalah kewenangan PDIP sendiri dan kita menghormati itu," kata dia kepada awak media, usai salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Sabtu (22/4/2023).

Baca Juga: Pilih Salat Idul Fitri di Istiqlal, Anies: di JIS Gak Ada!

1. Anies ucapkan selamat kepada Ganjar

Jusuf Kalla Hormati Keputusan PDIP Usung Ganjar Jadi Capres 2024Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, mengucapkan selamat atas keputusan PDIP mengusung Ganjar Pranowo sebagai bacapres untuk Pemilu 2024.

Anies lantas mendoakan agar amanah yang diemban Ganjar bisa dimaksimalkan dengan baik. "Selamat saya ucapkan selamat kepada Pak Ganjar, insyalah amanat yang diemaban akan bisa dibawa dengan baik," kata dia.

Anies berharap dengan didukungnya Ganjar, bisa menjadikan demokrasi di Indonesia lebih matang. Sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

"Semoga ini semua akan terus membuat demokrasi kita makin matang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi seluruh masyarakat," ucap dia.

Baca Juga: Zulhas Tegaskan PAN Belum Dukung Sosok Capres Koalisi Besar

2. Zulhas sambut baik Ganjar dideklarasikan jadi capres PDIP untuk Pilpres 2024

Jusuf Kalla Hormati Keputusan PDIP Usung Ganjar Jadi Capres 2024Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Masjid Istiqlal, Sabtu, 22 April 2023 (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara, Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, juga menyambut baik deklarasi PDIP yang mengusung Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024. Pria yang akrab disapa Zulhas itu lantas mengucapkan selamat kepada Ganjar, karena resmi menjadi bakal capres partanyai.

"Kita ucapkan selamat kepada Pak Ganjar," kata dia, usai mengikuti salat Idul Fitri Masjid Istiqlal.

Zulkifli mengaku kenal baik dengan Ganjar dan menyebut gubernur Jawa Tengah itu sebagai pemimpin yang merakyat.

"Saya kenal baik beliau pemimpin yang merakyat, sukses memimpin Jawa Tengah ya," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Sebut Nama-nama Cawapres Ganjar

3. PDIP resmi umumkan Ganjar sebagai capres Pilpres 2024

Jusuf Kalla Hormati Keputusan PDIP Usung Ganjar Jadi Capres 2024Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

PDIP resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres pada Pemilu 2024. Pengumuman itu disampaikan secara resmi oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri di Istana Batutulis Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

"Memohon petunjuk kepada Allah SWT pada Hari Kartini ini tanggal 21 April 2023 dan sekaligus tonggak perjuangan kaum perempuan Indonesia yang nondiskriminatif, setara, maka pada jam 13.45 WIB dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, menetapkan saudara Ganjar Pranowo sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai Calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," ujar Megawati.

Deklarasi tersebut dilakukan dalam rapat DPP PDIP ke-140. Deklarasi Ganjar sebagai capres 2024 juga dihadiri Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya