KPU Pastikan Debat Akan Berlangsung 120 Menit, Terbagi Enam Segmen

Debat perdana akan digelar di Kantor KPU RI

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan durasi debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) akan digelar selama 120 menit.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, menuturkan, total acara debat akan berlangsung selama 150 menit. Namun waktu bersih jalannya debat hanya 120 menit karena dipotong jeda di setiap sesinya.

"Totalnya 150 menit, untuk debatnya 120 menit, dibagi enam segmen dan di antara segmen ada jeda iklan waktunya kurang lebih lima menit," kata Hasyim dalam konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).

Baca Juga: Isu HAM Gak Boleh Garing saat Debat Capres Pertama

1. Terbagi jadi enam segmen

KPU Pastikan Debat Akan Berlangsung 120 Menit, Terbagi Enam SegmenIlustrasi debat calon presiden dan wakil presiden jelang pemilihan presiden (pilpres) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Anggota KPU, August Mellaz, menjelaskan, dalam sekali debat yang akan berlangsung terdapat enam segmen.

"Segmen pertama pembukaan pembacaan tata tertib, penyampaian visi misi program kerja. Segmen kedua dan ketiga pendalaman visi misi dan program kerja, misalnya akan ada pertanyaan dan interaksi di antara paslon dengan paslon lain," ucap dia.

Sementara itu, segmen kelima berupa tanya jawab dan tanggapan dari setiap paslon, nantinya dalam segmen ini akan ada interaksi tanggapan dan saling melontarkan pertanyaan dari paslon.

"Kemudian segmen keenam penutup," tuturnya.

Baca Juga: Begini Cara KPU Jaga Pertanyaan Debat Capres agar Tidak Bocor

2. KPU umumkan 11 panelis untuk debat putaran pertama capres

KPU Pastikan Debat Akan Berlangsung 120 Menit, Terbagi Enam SegmenKantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, KPU mengumumkan panelis untuk debat capres putaran pertama yang digelar pada Selasa (12/12/2023). Total ada 11 panelis yang bakal merumuskan pertanyaan bagi tiga paslon capres dan cawapres.

Menurut August, 11 individu yang terpilih menjadi panelis merupakan orang-orang yang kompeten di bidangnya. Dari daftar nama yang dirilis, mayoritas merupakan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Tanah Air.

"Kami sudah mendapatkan konfirmasi yang akan menjadi panelis di debat pertama," ujar August dikutip dari ANTARA pada Sabtu (9/12/2023).

KPU juga sudah mulai bersolek untuk menjadi lokasi debat putaran pertama capres. Para pekerja tampak hilir mudik menata ulang halaman kantor dan mengubahnya menjadi panggung tertutup.

Panggung debat terlihat dibuat melingkar dengan tempat duduk penonton makin tinggi ke belakang mirip seperti konsep tribun teater.

"Kapasitas penonton (maksimal) 800 orang," tutur dia.

Berikut daftar 11 panelis yang terlibat di putaran pertama debat capres:

1. Mada Sukmajati (pakar ilmu politik UGM)
2. Rudi Rohi (pakar Ilmu politik Undana)
3. Lita Tyesta (ahli hukum tata negara Undip)
4. Khairul Fahmi (pakar hukum Unand)
5. Agus Riewanto (pakar hukum tata negara UNS)
6. Susi Dwi Harijanti (pakar hukum tata negara UNPAD)
7. Bayu Dwi Anggono (Guru Besar Universitas Jember)
8. Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM periode 2017 hingga 2022)
9. Al Makin (Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga)
10. Gun Gun Heryanto (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
11. Wawan Mas'udi (Dekan Fisipol UGM).

Lebih lanjut, 11 individu yang terlibat menjadi panelis akan menjalani karantina mulai Minggu (10/12/2023) hingga hari debat capres berlangsung. Selama proses karantina, mereka akan merumuskan pertanyaan-pertanyaan.

Baca Juga: TKN Nilai Debat Pilpres Tentang HAM Akan Ubah Konstelasi Politik

3. Area debat akan dibuat kedap suara

KPU Pastikan Debat Akan Berlangsung 120 Menit, Terbagi Enam SegmenKantor KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

August menjelaskan, panggung yang digunakan untuk sesi debat capres dan cawapres dibuat melingkar agar capres dan cawapres mudah terlihat.

August mengatakan, area debat juga akan dibuat kedap suara.

"Nanti akan dibuat tertutup seperti gedung untuk memastikan tidak ada suara yang masuk yang bisa mengganggu jalannya debat," tutur dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: KPU Tetapkan Tema Debat Capres Cawapres Pemilu 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya