Menguat di 2024, Erick Thohir Dinilai Bisa Jadi Panutan Anak Muda

Erick jadi cawapres yang banyak dibahas di medsos

Jakarta, IDN Times - Dorongan kuat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) semakin banyak bermunculan. Terbaru, dia digadang-gadang layak diduetkan dengan Ganjar Pranowo.

Akademisi Universitas Budi Luhur, Kasih Hanggoro, menilai Erick Thohir sosok yang berpengalaman dan punya kualitas memimpin cukup baik.

Erick menjadi tokoh yang saat ini punya elektabilitas baik dan disukai masyarakat.

Baca Juga: Soal Rumor PSSI Dekati Pelatih Thailand, Erick Thohir: Awas Psywar!

1. Erick bisa jadi panutan generasi muda

Menguat di 2024, Erick Thohir Dinilai Bisa Jadi Panutan Anak Mudailustrasi milenial (IDN Times/Nathan Manaloe)

Oleh sebabnya, Kasih menuturkan, kepemimpinan Erick layak jadi panutan bagi masyarakat khususnya kalangan anak muda. Mengingat sosoknya dikenal santai namun terbukti menghasilkan dampak positif.

“Pak Erick Thohir punya ilmu dan pengalaman dan tetapi paling penting, menjadi panutan atau suri teladan kita,” kata Kasih dalam keterangannya, Selasa (25/4/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Ikut Girang Inter Milan Tembus Semifinal Liga Champions

2. Erick Thohir dikenal di dunia internasional

Menguat di 2024, Erick Thohir Dinilai Bisa Jadi Panutan Anak MudaMenteri BUMN, Erick Thohir usai menghadiri di Pembukaan Masa Persidangan I Tahun 2022-2023 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2022). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Kasih menuturkan, jejak kesuksesan Erick di dunia internasional menguatkan karakteristik kepemimpinan dalam negeri. Mengingat dia pernah menduduki kursi presiden klub besar di Italia yakni Internazionale Milan. 

Dia tercatat menjadi orang Indonesia dan Asia pertama yang memiliki salah satu klub basket yang berlaga di NBA, yakni Philadelphia 76ers. Selain itu, juga pemilik klub bola di Amerika Serikat, DC United.

“Pemimpin nasional itu cerdas dan berbudi luhur. Pak Erick Thohir pasti ada lah karakter itu,” imbuh dia.

Baca Juga: Erick Soal Jadi Cawapres Ganjar: Saya Fokus di PSSI Dulu

3. Erick Thohir jadi cawapres paling ramai diperbincangkan netizen

Menguat di 2024, Erick Thohir Dinilai Bisa Jadi Panutan Anak MudaIlustrasi media sosial (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sebelumnya, pakar digital dan pengamat media sosial Menara Digital Anthony Leong menuturkan, Erick Thohir menjadi sosok cawapres paling ramai diperbincangkan oleh netizen di media sosial. 

Anthony menjelaskan, temuan itu berdasarkan riset big data dari Menara Digital selama kurun waktu 5 Januari hingga 5 April 2023.

"Total perbincangan netizen dari semua sumber ada sebanyak 199.288 data. Terbanyak pertama diduduki oleh Erick Thohir dengan jumlah perbincangan 81.106,” kata Anthony dalam keterangannya, Senin (17/4/2023).

Riset big data terbaru dilakukan terkait perbincangan netizen mengenai elektabilitas para cawapres pada Pilpres 2024 mendatang.

Dalam analisis ini, Menara Digital juga menyertakan kandidat cawapres lainnya seperti Sandiaga Uno, Muhaimin Iskandar, Agus Harimurti Yudhoyono, Khofifah Indar Parawansa, dan Susi Pudjiastuti.

Erick Thohir mendominasi dengan 40,6 persen perbincangan di media sosial. Kemudian disusul Sandiaga Uno 22,5 persen dan Muhaimin Iskandar 17,3 persen. Sedangkan di posisi keempat ada nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 9,7 persen, kelima Khofifah Indar Parawansa 9 persen, dan keenam Susi Pudjiastuti 0,9 persen.

"Berdasarkan persentase tersebut Erick Thohir kokoh dipuncak, kemudian disusul Sandiaga Uno," ujar Anthony.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya