Amati Benda Terbang Misterius, Pentagon Kekurangan Data

AS tak dapat menjelaskan 143 dari 144 pengamatan sejak 2004

Washington, D.C, IDN Times - Sebuah laporan pemerintah Amerika Serikat mengenai UFO pada hari Jumat, 25 Juni 2021, waktu setempat mengungkapkan bahwa pihak analis pertahanan dan intelijen Amerika Serikat mengalami kekurangan data yang cukup untuk menentukan sifat benda misterius tersebut. Amerika Serikat sendiri juga tidak dapat menjelaskan 143 dari 144 pengamatan sejak tahun 2004 lalu. Bagaimana awal ceritanya?

1. Laporan tersebut menjelaskan UAP dianggap menimbulkan masalah keselamatan penerbangan

Amati Benda Terbang Misterius, Pentagon Kekurangan DataBenda misterius yang diamati oleh Amerika Serikat akhir-akhir ini. (Twitter.com/IGN)

Dilansir dari Aljazeera.com, sebuah laporan pemerintah Amerika Serikat mengenai UFO menemukan bahwa analis pertahanan dan intelijen Amerika Serikat mengalami kekurangan data yang cukup untuk menentukan sifat benda terbang misterius yang diamati oleh pilot militer termasuk apakah itu teknologi bumi yang canggih, atmosfer atau makhluk luar angkasa. Laporan itu, yang disiapkan oleh agen mata-mata Amerika Serikat dan militer, diserahkan ke Kongres dan dirilis ke publik pada hari Jumat, 25 Juni 2021, waktu setempat. Dikatakan pemerintah Amerika Serikat tidak dapat menjelaskan 143 dari 144 pengamatan tentang apa yang secara resmi disebut sebagai fenomena udara tak dikenal atau UAP sejak tahun 2004.

Dalam laporan itu, UAP jelas menimbulkan masalah keselamatan penerbangan dan dapat menimbulkan tantangan bagi keamanan nasional Amerika Serikat serta menambahkan bahwa fenomena itu mungkin tidak memiliki satu penjelasan pun. Laporan itu juga menambahkan dalam sejumlah insiden, UAP dilaporkan menunjukkan karakteristik penerbangan yang tidak biasa serta pengamatan ini bisa merupakan hasil dari kesalahan
sensor, spoofing, atau salah persepsi pengamat dan memerlukan analisis tambahan yang ketat.

Laporan itu mencakup beberapa kasus UAP yang sebelumnya terungkap dalam rilis video Pentagon dari penerbang Angkatan Laut Amerika Serikat yang menunjukkan pesawat misterius dari Pantai Timur dan Barat Amerika Serikat menunjukkan kecepatan dan kemampuan manuver melebihi teknologi penerbangan yang diketahui serta tidak memiliki sarana penggerak atau kontrol penerbangan yang terlihat permukaan.

2. Setelah pertikaian selama bertahun-tahun, pemerintah AS akhirnya menanggapi dengan serius

Amati Benda Terbang Misterius, Pentagon Kekurangan DataGedung Putih Amerika Serikat. (Pixabay.com/Pexels)

Setelah bertahun-tahun lamanya pertikaian, termasuk pertempuran birokrasi di dalam Pentagon dan tekanan dari anggota Kongres tertentu, pemerintah Amerika Serikat akhirnya tampak menganggap serius apa yang telah lama dianggap sebagai masalah pinggiran. Untuk anggota parlemen dan intelijen serta personel militer yang bekerja pada fenomena udara yang tidak dapat dijelaskan, kekhawatiran yang lebih besar dengan episode tersebut bukanlah bahwa kehidupan asing mengunjungi Bumi, melainkan bahwa musuh asing seperti Rusia atau Tiongkok mungkin menggunakan semacam teknologi generasi berikutnya di wilayah udara yang tidak diketahui oleh Amerika Serikat.

Itulah salah satu alasan mengapa laporan yang tidak terklasifikasi ini kemungkinan akan mengecewakan para ahli UFO yang berharap dapat memberikan bukti definitif bahwa pemerintah Amerika Serikat telah melakukan kontak dengan kehidupan di luar bumi.

Senator dari Partai Republik, Marco Rubio, mengatakan bahwa selama bertahun-tahun, pria dan wanita yang pihaknya dipercaya untuk membela Amerika Serikat melaporkan pertmeuan dengan pesawat yang tak dikenal dengan memiliki kemampuan superior dan selama bertahun-tahun kekhawatiran mereka sering diabaikan dan diejek. Menurutnya, laporan ini merupakan langkah pertama yang penting dalam membuat katalog insiden-insiden ini, tetapi ini hanyalah langkah pertama.

Ia menambahkan Departemen Pertahanan dan Komunitas Intelijen Amerika Serikat memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum benar-benar dapat memahami apakah ancaman udara ini menghadirkan masalah keamanan nasional yang serius.

Jika penampakan itu adalah hasil dari teknologi Tiongkok atau Rusia, komunitas intelijen tidak akan mau mengungkapkan apa yang dilakukannya dan apa yang tidak tahu. Seorang anggota DPR Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Jim Himes, mengatakan mereka sangat sensitif dan jika ini adalah musuh, sangat ingin berhati-hati dalam mengatakan pihaknya tahu ini dan tidak tahu itu.

Baca Juga: Wow! Chris Smalling dan Istri Mengklaim Melihat UFO Saat Berlibur 

3. Dalam laporan itu justru menimbulkan lebih banyak pertanyaan ketimbang jawaban

Amati Benda Terbang Misterius, Pentagon Kekurangan DataIlustrasi benda UFO. (Pixabay.com/Peter-Lomas)

Sumber-sumber Kongres yang telah melihat versi rahasia dari laporan tersebut telah menyatakan kekecewaannya karena tidak ada lagi penjelasan untuk episode tersebut, dengan mengatakan bahwa laporan itu justru menimbulkan lebih banyak pertanyaan ketimbang jawaban. Dalam wawancara sebelumnya dengan setengah lusin pejabat serta dokumen yang ditinjau oleh media setempat menggambarkan komunitas militer dan intelijen Amerika Serikat yang berjuang untuk menghilangkan masalah ini dari ranah fiksi ilmiah serta mempertimbangkan implikasi keamanan nasionalnya yang sebenarnya. Bahkan saat ini, beberapa sumber mengatakan bahwa pemerintah Amerika Serikat hampir pasti tidak akan bergerak untuk menghasilkan laporan tanpa tekanan publik dari anggota parlemen utama, karena baik Partai Republik maupun Partai Demokrat telah menaruh perhatian pada maslah ini.

Sementara mantan pejabat senior Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang mengetahui iterasi terbaru dari penyelidikan departemen mengatakan bahwa Pentagon menganggapnya serius, beberapa pilot dan mantan pejabatyang ditugaskan untuk menyelidiki masalah tersebut mengatakan bahwa para pemimpin senior Pentagon telah
meremehkan atau mengabaikan ancaman tersebut. Menghapus stigma seputar diskusi serius mengenai UFO juga merupakan tujuan para pembuat undang-undang pada tahun 2020 lalu ketika mereka mengesahkan undang-undang yang mengharuskan Pentagon serta komunitas intelijen untuk memberikan lebih banyak mengenai pertemuan UFO ini, detail yang hingga saat ini sebagian besar tetap diselimuti kerahasiaan.

Baca Juga: 5 Teori Konspirasi Soal UFO Paling Populer, Bikin Gemetar

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya