Tingkatkan Kualitas Internet, India Luncurkan Satelit ke Orbit

Setelah aktif, internet bakal menjangkau daerah terpencil

New Delhi, IDN Times - Pemerintah India telah meluncurkan satelit terberat sepanjang sejarah negara itu, Rabu (5/12/2018). Satelit itu diluncurkan dengan menggunakan roket Perancis dan diharapkan bisa meningkatkan layanan internet di India.

1. Satelit yang bernama GSAT-11 itu memiliki berat 5.854 kilogram.

Tingkatkan Kualitas Internet, India Luncurkan Satelit ke Orbittwitter/isro

Dikutip BBC, Times of India dan New Delhi TV, GSAT-11 merupakan satelit komunikasi multi-band yang paling canggih di India. Indian Space Research Organization (ISRO) meluncurkan satelit itu dari pelabuhan antariksa Kourou, di Guyana, Prancis, Rabu (5/12/2018) dini hari waktu setempat.

2. ISRO menyebut satelilt ini akan memiliki peran penting dalam layanan broadband di India.

Tingkatkan Kualitas Internet, India Luncurkan Satelit ke Orbittwitter/isro

Kepala ISRO, K Sivan menyebutkan satelit itu akan memiliki peran penting dalam kualitas layanan internet di India. Ia menyebutkan, satelit ini akan tiba di orbit geostasioner pada akhir bulan ini dan sesegera mungkin transponder satelit akan diaktifkan. Para ahli mengatakan, satelit ini akan membuat internet bisa menjangkau daerah pelosok hingga terpencil di India yang selama ini tidak terlayani oleh jalur tradisional. Satelit ini akan membantu menyediakan konektivitas internet selama perjalanan udara di India dan juga bisa digunakan selama kendaraan darurat dan bencana.

3. India sengaja menyewa roket Prancis karena roket yang dimiliki tidak mampu membawa beban besar.

Tingkatkan Kualitas Internet, India Luncurkan Satelit ke Orbittwitter/isro

Selama ini, India merupakan salah satu pasar internet terbesar di dunia. Ada lebih dari 440 juta pengguna internet di sana dan jumlahnya kemungkinan menjadi dua kali lipat pada tahun 2022. Namun sayangnya, internet yang tersedia masih cukup lambat. Bahkan daerah-daerah terpencil belum bisa menikmati konektivitas initernet

Baca Juga: Bantu Alat Komunikasi di Palu dan Donggala, Lapan Aktifkan Satelit A2

IAKT Photo Verified Writer IAKT

Go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya