Baru 7,8 Persen Populasi Asia Tenggara Divaksinasi COVID-19

Ketimpangan vaksin jadi kendala untuk mengakhiri pandemik

Jakarta, IDN Times - Pertemuan antara menteri luar negeri (Menlu) ASEAN dengan Menlu Tiongkok membahas strategi percepatan menghadapi pandemik COVID-19. Salah satu yang disorot adalah rendahnya jumlah populasi di Asia Tenggara yang telah divaksinasi.
 
“ASEAN sejauh ini baru memvaksinasi 7,8 persen dari populasinya,” kata Menlu Indonesia Retno Marsudi melalui konferensi pers virtual dari Tiongkok, Senin (7/6/2021).
 
Bertolak dari data tersebut, Indonesia menilai bahwa pandemik masih jauh dari kata selesai.

1. Ketimpangan vaksinasi menjadi sorotan

Baru 7,8 Persen Populasi Asia Tenggara Divaksinasi COVID-19Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Setelah mengungkap data vaksinasi di Asia Tenggara, Retno juga menyinggung soal ketimpangan vaksin antara negara maju dengan negara berkembang.
 
“Saat ini 75 persen vaksin dinikmati oleh 10 negara dan hanya 0,4 persen yang dinikmati oleh negara berpendapatan rendah,” kata Menlu dua periode itu.

Baca Juga: Cara Cek Data Vaksinasi COVID-19, Ada Lokasi Vaksinasi Terdekat    

2. Tiongkok diminta menyumbangkan vaksin untuk COVAX

Baru 7,8 Persen Populasi Asia Tenggara Divaksinasi COVID-19Vaksin COVID-19 Sinovac pada 19 Juli 2020 tiba di Soetta dan langsung dibawa ke Bandung untuk segera mulai Uji Klinis oleh Biofarma dan FK Unpad. Dok. IDN Times/bt

Dalam pertemuan tersebut Retno menggarisbawahi andil penting Tiongkok dalam menyudahi pandemik yang telah memasuki tahun kedua. Pernyataan itu disampaikan mengingat World Health Organization (WHO) telah mengotorisasi vaksin buatan Tiongkok.
 
“Dengan telah diterimanya persetujuan EUL (izin penggunaan darurat) WHO bagi Sinopharm dan Sinovac, maka diharapkan RRT dapat melakukan kerja sama dosis sharing termasuk melalui Covax Facility,” ujar alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) itu. 

3. Kerja sama untuk penanganan pandemik di masa mendatang

Baru 7,8 Persen Populasi Asia Tenggara Divaksinasi COVID-19Ilustrasi Virus Corona. IDN Times/Mardya Shakti

ASEAN juga berharap Tiongkok membantu produksi vaksin di negara lain. Kemudian, ASEAN juga mendorong kolaborasi dengan Tiongkok sebagai strategi antisipasi pandemik di masa mendatang.
 
“Hal ini dapat dicapai melalui penguatan sistem deteksi dini, investasi dalam industri kesehatan, penelitian dan pengembangan, serta pembentukan pusat produks vaksin regional,” kata Retno.

Baca Juga: [UPDATE] Ada Tambahan 6.993 Kasus Positif COVID-19 Hari Ini

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya