Comscore Tracker

10 Kisah Dewa-dewi Mitologi Norwegia, Pujaan Hati Para Viking

Banyak cerita yang berbeda dari film ataupun video game

Para pencinta Marvel sekarang pasti sedikit banyak mengetahui mitologi Norwegia berkat film Thor. Sosok gagah dan ganteng Chris Hemsworth yang memerankan Thor jelas menarik perhatian untuk mengetahui lebih mendalam ada cerita apakah tentang dewa-dewa tersebut.

popularitas cerita mitologi Norwegia juga diperkuat dengan kehadiran game God of War di PlayStation 4. Game yang memenangkan penghargaan game terbaik itu mengajarkan banyak sosok dewa Norwegia.

Namun demikian tidak semua cerita dari film Thor maupun game God of War benar. Ada beberapa yang dibelokkan dan tidak diceritakan detail. Berikut ini adalah kisah-kisah dewa Norwegia tersebut.

1. Freya

10 Kisah Dewa-dewi Mitologi Norwegia, Pujaan Hati Para Vikingid.pinterest.com

Dikenal sebagai dewi kecantikan dan sering digambarkan menaiki kereta yang ditarik kucing. Freya menguasai dunia bernama Folkvangr, dunia indah setelah kematian.

2. Baldur

10 Kisah Dewa-dewi Mitologi Norwegia, Pujaan Hati Para Vikingthoughtco.com

Baldur adalah anak dari Odin dan Frigg. Dia sendiri merupakan dewa kemurnian dan kegembiraan. Dikisahkan Baldur sering mendapat mimpi buruk akan kematiannya sehingga ibunya memberikan kekuatan agar tidak ada seorang pun yang mampu melukai Baldur.

Loki cemburu akan hal ini. Dia menyamar menjadi Baldur dan menipu Frigg untuk menanyakan bagaimana cara agar Baldur mati. Frigg mengatakannya dengan memberikan missletoe (semacam tanaman parasit). Loki pun mencari tanaman ini, memberikannya kepada saudara Baldur, Hod, dan menipunya untuk melempar missletoe tersebut kepada Baldur.

3. Frigg

10 Kisah Dewa-dewi Mitologi Norwegia, Pujaan Hati Para Vikingnorse-mythology.org

Istri dari Odin. Dia menjadi dewi keibuan dan pernikahan. Para pakar melihat Freya dan Frigg sebenarnya sosok yang sama. Hanya saja kisah akan dewi ini terbagi di masa lampau, membuat adanya perbedaan antara Freya dan Frigg.

4. Loki

10 Kisah Dewa-dewi Mitologi Norwegia, Pujaan Hati Para Vikingancient-origins.net

Loki dikisahkan sebagai anak dari raksasa salju sekaligus dewa penipu. Dia suka merusak hidup seseorang saat melihat mereka bahagia. Loki juga diceritakan memiliki banyak monster mengerikan, termasuk kuda berkaki delapan yang diberikannya kepada Odin sebagai hadiah.

5. Tyr

10 Kisah Dewa-dewi Mitologi Norwegia, Pujaan Hati Para Vikingthewintertonblog.wordpress.com

Tyr menjadi dewa yang ada, bahkan sebelum era Odin. Dia menjabat sebagai dewa perang dan di Yunani, dia dikenal dengan nama Mars. Sifat Tyr sendiri adalah pemberani dan pernah ada cerita dia menyelamatkan dunia dari serigala raksasa bernama Fenrir.

Baca Juga: 8 Monster dari Mitologi Tiongkok, Berwujud Mengerikan tapi Penuh Makna

6. Sif

10 Kisah Dewa-dewi Mitologi Norwegia, Pujaan Hati Para Vikingancientpages.com

Istri dari Thor ini merupakan perlambangan dari ibu bumi. Ada kisah Loki cemburu dengan Sif karena popularitasnya. Oleh karena itu Loki pun memotong rambutnya hingga gundul.

Thor marah akan hal itu dan mengancam membunuh Loki jika tidak memperbaikinya. Loki pun berakhir mencari kurcaci ajaib yang mampu menciptakan rambut emas yang dapat tumbuh alami di kepala Sif.

7. Bragi

10 Kisah Dewa-dewi Mitologi Norwegia, Pujaan Hati Para Vikingancientpages.com

Satu lagi anak dari Odin. Penggambaran Bragi terkenal dengan sosok yang suka meminum dari suatu cawan dan berbicara kata-kata mutiara.

Penyebabnya adalah lidah Bragi diselimuti oleh sajak-sajak Norwegia. Dahulu ada budaya meminum cawan Bragi jika seorang raja meninggal sambil mengucapkan kata-kata kenangan.

8. Forseti

10 Kisah Dewa-dewi Mitologi Norwegia, Pujaan Hati Para Vikingnorse-mythology.org

Forseti adalah anak dari Baldur. Dia berbeda dengan Baldur yang berjiwa bebas dan memilih mempelajari hukum. Dikenal juga sebagai dewa keadilan, Forseti menjadi hakim di Asgard yang menentukan benar salah seseorang.  

9. Odin

10 Kisah Dewa-dewi Mitologi Norwegia, Pujaan Hati Para Vikingharreira.com

Odin dikenal sebagai bapak dewa. Dari singgasananya di Valhalla, dia dapat melihat segala yang terjadi di sembilan alam semesta. Anggur adalah kekuatannya. Cukup dengan meminum itu, dia dapat bertahan hidup.

Karena itulah Odin meminum anggur setiap hari. Odin sendiri memiliki beberapa hewan peliharaan: gagak untuk memata-matai dan dua serigala untuk melindunginya.

10. Thor

10 Kisah Dewa-dewi Mitologi Norwegia, Pujaan Hati Para Vikingmedium.com

Dewa petir dan dianggap sebagai salah satu dewa terkuat yang pernah ada. Di budaya Viking, Thor merupakan sosok yang diagung-agungkan. Selain palu Mjolnir-nya yang terkenal, Thor juga mengenakkan sabuk yang meningkatkan kekuatannya berlipat ganda.

Masih ada banyak lagi dewa-dewa Norwegia yang tidak tersebutkan di sini. Ada baiknya kamu mencoba membacanya sendiri. Banyak kisah dari mereka yang memberikan nilai-nilai kehidupan.

Baca Juga: Tak Sama, 7 Improvisasi Thor Marvel dalam Mitologi Nordik

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya