Comscore Tracker

9 Penulis Dunia yang Memiliki Sisi Tak Biasa, Gak Disangka!

Percaya konspirasi hingga takhayul 

Bukan rahasia lagi bahwa kebanyakan penulis itu sedikit menyimpang. Butuh pemikiran yang berbeda, dan menghabiskan banyak waktunya tenggelam dalam dunia imajiner.

Juga, terkadang keanehan muncul dalam kehidupan sehari-harinya. Hal ini biasanya dialami oleh penulis terbaik dan paling terkenal.

Kebiasaan anehnya ini cenderung menyiksa, dengan obsesi yang mengarah pada kehancuran hidupnya. Itulah sebabnya mereka menyalurkannya ke beberapa karya sastra mereka yang terkenal. Siapa saja, ya, mereka?

1. Bram Stoker, ahli teori konspirasi kerajaan Inggris 

9 Penulis Dunia yang Memiliki Sisi Tak Biasa, Gak Disangka!Potret Bram Stoker (1847-1912), novelis kelahiran Irlandia, penulis "Dracula". (commons.wikimedia.org/unidentified photographer)

Bram Stoker adalah 'bapak' dari vampir modern, karena dia terkenal karena novel Dracula. Akan tetapi, dia juga seorang ahli teori konspirasi. Stoker percaya bahwa Ratu Elizabeth I adalah seorang penipu dan juga seorang laki-laki.

Stoker menulis Famous Imposters untuk merinci keyakinannya itu, dan mengungkap beberapa rahasia misterius yang disebutkan dalam berbagai catatan sejarah tentang pemerintahan Elizabeth I.

Stoker mengatakan bahwa Elizabeth I yang asli meninggal di masa kecil. Pengasuhnya menyembunyikan kematiannya dan menggantikannya dengan anak lain yang seumuran, tetapi sayangnya anak laki-laki.

Menurut Soker, Henry, ayah Elizabeth, adalah orang yang sangat sibuk, sampai tidak mengenali anaknya sendiri. Itulah sebabnya, Elizabeth yang dikenal sebagai Ratu Perawan, memakai pakaian dan riasan yang tebal, dimaksudkan sebagai penyamarannya, sebagaimana yang dilaporkan History Answers.

2. Marquis de Sade memiliki fantasi seksual berbau kekerasan

9 Penulis Dunia yang Memiliki Sisi Tak Biasa, Gak Disangka!sketsa Marquis de Sade (commons.wikimedia.org/Mary Evans)

Marquis de Sade terkenal karena perilisan buku pornografinya. Dia menulis beberapa hal paling eksplisit yang pernah ada, dianggap gelap dan mesum. Saking kontroversialnya, keluarganya bahkan tidak mengakuinya hingga tahun 1940-an, dan Prancis melarang karyanya hingga tahun 1957.

Melansir laman Smithsonian, Sade meninggal di rumah sakit jiwa pada tahun 1814. Insiden ini dimulai pada tahun 1763, ketika ia mengisolasi seorang pelacur, dan melakukan pelecehan seksual terhadapnya. Pada tahun 1768, dia mencambuk seorang perempuan sambil menyiramnnya dengan lilin panas, kemudian membayarnya untuk membungkamnya. 

Kelainan seksnya ini berlanjut di Lacoste, di mana dia, stafnya, dan istrinya mengisolasi lima perempuan dan satu laki-laki untuk melakukan fantasi seksualnya yang dianggap bejat.

3. Agatha Christie, menghilang secara misterius 

9 Penulis Dunia yang Memiliki Sisi Tak Biasa, Gak Disangka!Potret Agatha Christie (1890–1976), penulis misteri dan detektif Inggris. (commons.wikimedia.org/Torre Abbey)

Agatha Christie menulis beberapa novel misteri terbaik dalam sastra, dan salah satu karakternya, Hercule Poirot, menjadi satu-satunya karakter fiksi yang mendapatkan obituari di The New York Times.

Agatha Christie suka berendam di bak mandi sambil makan apel untuk mendapatkan inspirasi menulisnya. Namun, keanehannya semakin parah ketika ia menghilang secara misterius pada tahun 1926.

Dilansir History Extra, pada malam 3 Desember ia melarikan diri dari rumahnya. Ratusan orang (termasuk lebih dari seribu petugas polisi) dikirim untuk menemukannya. Bahkan, polisi merekrut dua orang populer lainnya, Sir Arthur Conan Doyle dan Dorothy L. Sayers.

Christie ditemukan 11 hari kemudian di Harrogate. Dia mengaku tidak ingat apa-apa, dan tidak ingin membahas tentang kejadian itu, tetapi setelah itu, Christie menceraikan suaminya yang diketahui selingkuh. 

4. Ray Bradbury adalah seorang teknofobia

9 Penulis Dunia yang Memiliki Sisi Tak Biasa, Gak Disangka!Ray Bradbury saat menandatangani buku. (commons.wikimedia.org/Will Hart)

Ray Bradbury adalah salah satu penulis novel ternama dunia. Bradbury diwawancarai majalah Playboy pada tahun 1996, lalu membahas ketakutannya pada mobil, karena pernah melihat kecelakaan mengerikan saat usianya 16 tahun.

Tapi itu tidak seberapa dibandingkan dengan kebenciannya terhadap komputer dan internet. Namun, The Guardian mengatakan bahwa dia akhirnya menjual karya novelnya yang terkenal, Fahrenheit 451 dalam versi ebook pada tahun 2011, ketika penerbitnya tidak dapat memberinya banyak pilihan.

5. Virginia Woolf, seorang pasifisme

9 Penulis Dunia yang Memiliki Sisi Tak Biasa, Gak Disangka!Potret Virginia Woolf (25 Januari 1882 – 28 Maret 1941), seorang penulis dan feminis Inggris. (commons.wikimedia.org/George Charles Beresford)

Bukan rahasia lagi bahwa Virginia Woolf menderita penyakit mental sepanjang hidupnya. Hidupnya diselingi oleh kecemasan dan halusinasi bahwa burung-burung di dekatnya bernyanyi dalam bahasa Yunani. Sayangnya, dia tidak mendapatkan perawatan untuk penyakit mentalnya itu.

Woolf dan lima temannya juga pernah menyamar sebagai pangeran Abyssinia untuk mempermalukan Angkatan Laut Kerajaan. Namun, mereka justru mendapatkan tur selama 45 menit di Angkatan Laut Inggris: HMS Dreadnought.

Melansir kabar Atlas Obscura, bagi Woolf — itu bukan hanya kesempatan untuk mempermalukan militer, tetapi agar pandangannya sebagai seorang pasifis terkenal.

Baca Juga: 7 Penulis Ini Sebenarnya Tidak Pernah Ada, Kok Bisa?

6. Sir Arthur Conan Doyle, spiritualis yang percaya pada arwah

9 Penulis Dunia yang Memiliki Sisi Tak Biasa, Gak Disangka!potret Arthur Conan Doyle (commons.wikimedia.org/RR Auction/Walter Benington)

Sherlock Holmes adalah karakter yang sangat brilian. Sayangnya, penulisnya, Sir Arthur Conan Doyle terobsesi dengan okultisme dan spiritualisme yang bertentangan dengan karakter Sherlock Holmes.

Doyle pertama kali mengetahui gagasan spiritualisme dari ayahnya, yang gemar membuat sketsa peri dan makhluk kecil lainnya. Akan tetapi, kepercayaannya pada gerakan spiritualisme tumbuh saat ia kehilangan 11 anggota keluarga dekatnya (termasuk putranya dan saudara laki-lakinya) karena kengerian Perang Dunia I. Ia pun ingin sekali bertemu dengan arwah mereka melalu ritual spiritualisme. 

7. Charles Dickens dan ketertarikan akan mayat

9 Penulis Dunia yang Memiliki Sisi Tak Biasa, Gak Disangka!Charles Dickens sekitar tahun 1860 (commons.wikimedia.org/John and Charles Watkins)

Profesor Universitas Negeri California, Harry Stone mengatakan melalui LA Times bahwa Charles Dickens tertarik dengan kamar mayat. Dickens menghabiskan waktunya untuk melihat mayat-mayat itu, serta mulai mengalami mimpi buruk dan halusinasi tentang orang mati.

Dickens juga terobsesi dengan sketsa dan gambar orang hidup memakan orang mati. Stone mengumpulkan lebih dari 300 bagian dari tulisan Dickens yang berhubungan dengan kanibalisme.

8. T.S. Eliot, obsesi mewarnai wajah

9 Penulis Dunia yang Memiliki Sisi Tak Biasa, Gak Disangka!potret T.S. Eliot (commons.wikimedia.org/Lady Ottoline Morrell)

T.S. Eliot memiliki kebiasaan aneh mewarnai wajahnya dengan warna hijau. The Yeats Eliot Review mengatakan bahwa temannya, Osbert Sitwell agak bingung mengapa Eliot sangat tertutup dan mewarnai wajahnya dengan warna yang aneh.

Eliot juga ingin dipanggil "Kapten Eliot". Beberapa temannya menduga bahwa Eliot ingin membuat dirinya terlihat tidak bahagia dan tersiksa sebagai penulis, ada pula yang mengatakan bahwa kebiasaan anehnya itu mungkin memberinya semacam aura supernatural yang mirip seperti seorang penyair.

9. Truman Capote, percaya takhayul 

9 Penulis Dunia yang Memiliki Sisi Tak Biasa, Gak Disangka!potret Truman Capote pada 1959 (commons.wikimedia.org/Roger Higgins)

Selama hidupnya, Truman Capote meyakini serangkaian takhayul yang membuat hidupnya menjadi sulit. Dia membicarakannya dalam sebuah buku yang disebut Truman Capote: Conversations.

Kepercayaan takhayulnya ini di antaranya seperti tidak melakukan kegiatan pada tanggal 13, tidak boleh menaruh topi di tempat tidur, dan dia tidak pernah memasukkan tiga puntung rokok ke asbak.

Angka 13 muncul lagi dan lagi, dan Capote juga mengakui bahwa dia menghitung setiap langkahnya ketika berjalan. Dia melompat setiap hitungan ke-13, meskipun dia sendiri mengakui bahwa itu "konyol."

Dikutip melalui GoodReads, dia tidak mau jika kamar hotel dan nomor teleponnya ada angka 13. Dia tidak akan memulai atau menyelesaikan sebuah proyek pada hari Jumat, dan tidak akan bepergian dengan pesawat yang membawa dua biarawati.

 

Penulis terkadang menulis untuk menghadapi sisi gelap mereka, tetapi tidak semuanya dapat diatasi dengan menulis saja. Terkadang, sisi gelap itu muncul ke permukaan dan menimbulkan kontroversi.

Baca Juga: Sengit! 13 Perseteruan Penulis dalam Sejarah Sastra

Amelia Solekha Photo Verified Writer Amelia Solekha

Write to communicate. https://linktr.ee/ameliasolekha

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya