Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Kadal Buaya, Spesies Reptil Semiaquatic Langka

Jago berenang lho

Kadal Buaya merupakan spesies reptil yang memiliki bentuk tubuh serta sisik yang mirip dengan buaya. Hewan yang masuk dalam kategori reptil semiaquatic ini sangat dikenal memiliki cara unik untuk bertahan hidup di saat menghadapi pergantian musim. Kadal Buaya mempunyai ukuran tubuh yang tidak terlalu besar yang membuatnya sangat sulit untuk diketahui keberadaannya.

Hanya dapat ditemukan di dua negara dengan populasi yang sangat sedikit, inilah fakta menarik dari kadal buaya yang dilansir dari laman Nationalzoo dan Softschool, sebagai berikut:

1. Populasi dari kadal buaya

5 Fakta Menarik Kadal Buaya, Spesies Reptil Semiaquatic Langkabiolib.cz

Kadal buaya berhabitat asli di wilayah Cina bagian selatan dan Vietnam yang banyak mendiami hutan subtropis yang memiliki sungai dengan aliran arus air yang lambat. Dilansir dari laman Nationalzoo, di negara Cina biasanya kadal buaya hidup di daerah dengan ketinggian 200 - 1500 meter dari permukaan laut. Sedangkan di negara Vietnam, kadal buaya dapat ditemukan di daerah dengan ketinggian 400 - 800 meter.

Pada saat suhu di dalam air mulai turun di bawah 15 derajat, biasanya kadal buaya lebih memilih untuk bersarang di celah-celah batu dan lubang di pepohonan.

2. Kebiasaan hidup kadal buaya

5 Fakta Menarik Kadal Buaya, Spesies Reptil Semiaquatic Langkazoochat.com

Kadal Buaya termasuk hewan diurnal yang aktif beraktivitas dan beburu makanan pada siang hari. Hewan ini memiliki perilaku seperti kebanyakan jenis kadal pada umumnya yaitu mereka dapat tidak bergerak dalam waktu yang sangat lama yang berguna untuk menghemat energi atau lebih kenal dengan istilah brumasi. Biasanya kadal buaya melakukan brumasi untuk menahan cuaca ekstrim yang sering terjadi pada bulan November dan Maret.

Jika merasa diri mereka terancam, biasanya kadal buaya akan melarikan diri dari predator dengan cara melompat ke dalam air.

3. Memiliki sisik yang mirip dengan sisik buaya

5 Fakta Menarik Kadal Buaya, Spesies Reptil Semiaquatic Langkazoochat.com

Dari segi penampilan, kadal buaya memiliki tubuh berwarna abu-abu kecoklatan. Sedangkan di bagian bawahnya memiliki warna kuning kecoklatan serta bagian tenggorokan berwarna orange kemerahan. Dilansir dari Softschool, hewan ini memiliki sisik tubuh yang mirip dengan buaya yang membuatnya dijuluki sebagai kadal buaya. Untuk ukuran tubuh, kadal buaya jantan memiliki tubuh yang lebih besar ketimbang betina dengan panjang maksimal 45 sentimeter.

Baca Juga: 6 Fakta Unik dan Menarik Biawak, Kadal Besar yang Mirip Ular

4. Sistem reproduksi kadal buaya

5 Fakta Menarik Kadal Buaya, Spesies Reptil Semiaquatic Langkarealmonstrosities.com

Kadal buaya akan mencapai kematangan seksual pada usia tiga tahun. Pada musim kawin di bulan Juli dan Agustus, intesitas warna tubuh dari kadal buaya jantan akan menjadi lebih terang. Sedangkan kadal buaya betina memiliki masa kehamilan selama sembilan bulan. Untuk satu kali masa persalinan kadal buaya betina mampu melahirkan sebanyak 2 hingga 12 ekor bayi.

Yang menariknya, setelah melahirkan kadal buaya betina tidak mempedulikan bayi mereka dan langsung pergi meninggalkannya.

5. Memiliki umur yang panjang

5 Fakta Menarik Kadal Buaya, Spesies Reptil Semiaquatic Langkamalindarene.com

Rata-rata di alam liar kadal buaya dapat bertahan hidup selama 10 tahun. Kadal buaya memakan berbagai hewan kecil seperti cacing, siput, berudu, jangkrik dan larva. Hewan ini termasuk spesies kadal paling langka dengan populasi yang tinggal sedikit. Hal ini disebabkan adanya perburuan dari masyarakat lokal yang mempercayai bahwa memakan kadal buaya dapat menyembuhkan penyakit insomnia.

Nah, itulah beberapa fakta menarik dari kadal buaya yang memiliki bentuk tubuh dan karakter yang unik. Hanya berhabitat di wilayah tertentu saja membuat jenis kadal ini sulit untuk kita jumpai.

Sumber : https://nationalzoo.si.edu/animals/chinese-crocodile-lizard

Sumber : https://www.softschools.com/facts/animals/chinese_crocodile_lizard_facts/1221/

Baca Juga: 8 Fakta Iguana Laut, Satu-satunya Kadal yang Bisa Berenang di Laut

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya