Comscore Tracker

5 Hewan yang Memiliki Pikiran Sangat Sederhana, Hampir Dianggap Bodoh

Kira-kira hewan apa saja ya?

Jika kamu sering membaca atau melihat hewan-hewan yang memiliki kecerdasan luar biasa, namun tidak dengan hewan-hewan yang akan dibahas berikut ini.

Hewan-hewan ini dianggap memiliki kemampuan berpikir yang sangat sederhana, padahal kapasitas otaknya cukup besar jika dibandingkan dengan tubuhnya. Bahkan ada yang menganggap mereka adalah hewan paling bodoh yang pernah ada.

Inilah lima hewan yang memiliki pikiran sangat sederhana, sampai-sampai hampir dianggap sebagai hewan paling bodoh di dunia. Apa saja?

1. Kakapo

5 Hewan yang Memiliki Pikiran Sangat Sederhana, Hampir Dianggap Bodohiucnredlist.org

Kakapo (strigops habroptilus) adalah sejenis burung beo yang aktif di malam hari. Burung yang tidak bisa terbang ini hidup nyaman di Selandia Baru, dan dengan berat sekitar 6 kg membuat burung ini terlihat gemuk, lucu, bulat, dan tentu saja malas.

Melansir britannica.com, burung kakapo bersarang di lubang-lubang yang mereka buat di dalam tanah. Saat ini hanya sekitar 100-200 ekor kakapo yang tersisa di alam liar Selandia Baru, itu sebabnya kakapo dimasukkan sebagai satwa yang dilindungi.

Kakapo terlalu malas untuk mempertahankan dirinya dari kepunahan. Bahkan kakapo tidak akan melawan jika ada predator yang ingin menyantap mereka. Hal ini terjadi sejak dulu di mana kakapo hidup dalam habitat yang sangat nyaman dan tanpa predator, membuat otak mereka tidak dapat berpikir bagaimana caranya bertahan hidup.

2. Panda

5 Hewan yang Memiliki Pikiran Sangat Sederhana, Hampir Dianggap BodohUnsplash/Sid Balachandran

Jika tanpa campur tangan manusia, panda pasti telah punah sejak dulu. Selain malas, panda juga sangat sulit untuk dapat menjadi penyintas di alam liar. Mereka tidak dapat bertahan dari ganasnya alam dan mereka akan pasrah terhadap serangan predator.

Proses metabolisme yang terjadi pada panda sangatlah rendah (lambat), seperti ditulis dalam livescience.com. Dulunya panda merupakan karnivor besar yang gemar menyantap ikan dan daging.

Namun karena habitat mereka yang semakin terancam, mereka beradaptasi dan berevolusi menjadi panda pemakan bambu. Hal inilah yang menjadikan mereka harus menghemat energi untuk kelangsungan hidup mereka. Secara tidak langsung akan mempengaruhi cara berpikir mereka yang juga lamban dan apa adanya.

3. Kalkun

5 Hewan yang Memiliki Pikiran Sangat Sederhana, Hampir Dianggap BodohUnsplash/Jan Kaluza

Banyak yang mengatakan bahwa kalkun adalah hewan yang bodoh. Mungkin ini bisa benar atau bisa juga tidak. Namun faktanya kalkun sangat terobsesi dengan hujan dan itu justru membuat mereka menjadi korban dari ganasnya alam.

Laman sains mentalfloss.com menuliskan bahwa meskipun kalkun bukan hewan cerdas, namun mereka juga tidak bodoh-bodoh amat.

Naluri kalkun yang membuat mereka terlihat bodoh karena obsesi terhadap hujan, membuat banyak kalkun yang mati akibat ketakutan karena kilatan dan suara petir. Mereka akan panik luar biasa sewaktu petir menyambar. So, menurutmu apakah kalkun memang bodoh, atau pura-pura pintar?

4. Koala

5 Hewan yang Memiliki Pikiran Sangat Sederhana, Hampir Dianggap BodohUnsplash/Jordan Whitt

Menurut beberapa pakar koala, hewan imut asli Australia ini merupakan hewan yang memiliki kecerdasan di bawah rata-rata hewan pada umumnya.

Selain karena habitat, sifat koala yang sangat pemalas dan agak bodoh inilah yang menyebabkan koala pernah berada di ambang kepunahan, seperti ditulis dalam koalainfo.com.

Saat ini ada beberapa taman nasional koala di Australia yang dibuat khusus untuk melindungi hewan yang gemar bersantai ini. Hal ini harus dilakukan karena koala memang sangat bergantung pada manusia untuk melanjutkan kehidupan mereka di alam.

5. Sloth

5 Hewan yang Memiliki Pikiran Sangat Sederhana, Hampir Dianggap BodohUnsplash/Javier Mazzeo

Sloth merupakan salah satu spesies kukang yang bergerak sangat lamban. Namun bukan hanya gerakan tubuhnya saja yang bergerak lamban, melainkan cara berpikirnya juga sangat lamban.

Setidaknya, sloth mendapatkan reputasi seperti itu karena memang sloth terlihat demikian. Hewan yang menghabiskan 80 persen waktunya untuk tidur ini tidak akan berpikir taktis jika mereka dihadapkan pada bahaya atau predator.

Itulah sebabnya taman nasional banyak dibuka khusus untuk melindungi sloth dari ancaman kepunahan. Gaya hidup dan pikirannya yang sangat pasif membuat sloth sangat rentan terhadap bahaya di alam liar.

Itulah lima jenis hewan yang memiliki pikiran sangat sederhana, sampai-sampai dianggap sebagai hewan bodoh. Semoga dapat menambah wawasan kamu di bidang fauna, ya!

Baca Juga: 8 Hewan Ini Suka Berpura-pura Menjadi Hewan Lain, Bisa Mirip Banget!

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya