Comscore Tracker

Mengenal Abyssinian, Ras Kucing Domestik Tertua di Dunia

Abyssinian adalah kucing yang aktif dan senang berinteraksi

Kucing adalah salah satu hewan yang banyak dijadikan peliharaan di Indonesia. Ada banyak jenis kucing yang sudah didomestikasi dan cocok dipelihara di dalam rumah. Salah satu yang mungkin kurang familiar adalah abyssinian.

Abyssinian atau abisinia adalah salah satu ras kucing domestik tertua yang lincah dan dapat berinteraksi baik dengan manusia. Nah, sebelum memutuskan untuk memelihara kucing abyssinian, mari cari tahu lebih dalam lagi seputar kucing ini. Berikut penjelasannya dirangkum dari laman A-Z Animals dan Rover.

1. Ciri fisik

Mengenal Abyssinian, Ras Kucing Domestik Tertua di Duniailustrasi kucing abyssinian (pixabay.com/tsapenkodg)

Abyssinian memiliki ukuran tubuh kecil hingga sedang. Selain itu, kucing ini memiliki kaki yang lurus, tubuh yang sangat lentur, ramping, ekor panjang, dan telinga besar, yang membuat kucing ini tampak anggun.

Abyssinian hadir dalam berbagai warna, seperti kemerahan, cokelat, dan cokelat kekuningan. Saat baru lahir, abyssinian memiliki warna bulu yang lebih gelap, yang secara bertahap menjadi lebih terang saat mereka dewasa. Hal lain yang menarik dari abyssinian adalah kucing ini memiliki bulu pendek yang mudah dirawat sehingga kamu tidak perlu banyak usaha untuk merawat kucing eksotis ini.

2. Usia hidup

Mengenal Abyssinian, Ras Kucing Domestik Tertua di Duniailustrasi kucing abyssinian (pixabay.com/tsapenkodg)

Abyssinian yang hidup di alam liar memiliki umur rata-rata 13-15 tahun. Namun, jika mereka hidup di dalam rumah dan mendapatkan perawatan yang tepat, kucing ini bisa hidup hingga usia 20-an tahun.

Umur panjang abyssinian dibantu oleh karakteristik tubuh endomorfik mereka dan tingkat aktivitas mereka yang umumnya kuat sepanjang hidup. Salah satu hal yang sering menjadi penyebab kematian pada abyssinian adalah penyakit. Beberapa penyakit yang paling sering menyerang kucing ini adalah:

  • Gagal ginjal kronis,
  • hipertiroidisme,
  • luxating patella,
  • atrofi retina progresif,
  • defisiensi kinase piruvat.

Baca Juga: 5 Manfaat Sterilisasi pada Kucing, Bikin Kucing Hidup Sejahtera!

3. Asal usul

Mengenal Abyssinian, Ras Kucing Domestik Tertua di Duniailustrasi kucing abyssinian (pixabay.com/tsapenkodg)

Abyssinian diperkirakan merupakan salah satu ras kucing domestik yang paling awal. Namun, masih belum diketahui dengan pasti waktu dan tempat asal mereka.

Salah satu yang banyak dipercaya adalah bahwa ras kucing ini berasal dari Ethiopia yang sebelumnya disebut Abyssinia. Sedangkan, yang lain menunjuk pada kesamaan kucing dengan lukisan dan patung kuno yang membuktikan bahwa kucing ini dipuja oleh firaun Mesir.

4. Sifat

Mengenal Abyssinian, Ras Kucing Domestik Tertua di Duniailustrasi kucing abyssinian (pixabay.com/tsapenkodg)

Abyssinian bukanlah kucing yang bisa duduk diam di pangkuan pemiliknya. Kombinasi sifat ingin tahu dan tubuh yang atletis membuat kucing ini sangat aktif, terus-menerus melompat, memanjat, dan menjelajah. Karenanya, jika kamu memelihara abyssinian di dalam rumah, kamu mungkin akan sering melihat kucing ini memanjat kulkas atau lemari untuk menangkap cicak, atau melompat dari jendela untuk menangkal burung yang sedang terbang.

Selain itu, kucing ini juga memiliki sifat ekstrover layaknya anjing. Mereka selalu menginginkan perhatian dan akan terus mengganggu pemiliknya sampai mendapatkan perhatian.

5. Hal yang wajib diperhatikan jika ingin memelihara abyssinian

Mengenal Abyssinian, Ras Kucing Domestik Tertua di Duniailustrasi kucing abyssinian (pixabay.com/mimzy)

Hal terpenting yang harus diketahui sebelum memelihara abyssinian adalah bahwa kamu memiliki waktu untuk mengurus dan berinteraksi dengan hewan ini. Ya, abyssinian suka mengikuti orang-orang di rumah dan menginginkan interaksi dengan manusia. Jika tidak mendapat perhatian yang cukup, abyssinian akan menjadi murung dan depresi.

Abyssinian adalah kucing yang baik hati dan dapat hidup berdampingan dengan hewan lain, seperti burung dan anjing. Hanya saja, kucing ini suka menyita perhatian pemiliknya sehingga lebih baik jika abyssinian menjadi satu-satunya kucing di rumah.

Demikianlah beberapa informasi seputar abyssinian, kucing domestik tertua dalam sejarah. Setelah mengetahui informasi tentang ras kucing ini, apakah kamu berminat untuk memeliharanya?

Baca Juga: 5 Perlakuan Manusia pada Kucing yang Sering Dibenci Kucing, Yuk Sadar!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya