Comscore Tracker

5 Hewan Tampak Menggemaskan Ini Sebenarnya Mematikan 

Jangan coba-coba menyentuhnya

Hewan merupakan objek yang selalu dapat menarik perhatian. Terlebih jika hewan tersebut memiliki penampilan dan tingkah laku yang menggemaskan serta terkesan jinak. Akan tetapi, memiliki tampilan imut dan tenang bukanlah jaminan bahwa hewan tersebut ramah terhadap manusia. Bahkan tak jarang hewan yang kelihatannya polos justru bisa menjadi musuh yang mematikan.

Berikut ini beberapa hewan yang memiliki penampilan lucu dan menggemaskan tetapi kenyataannya sangat mematikan. Apa saja hewan tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Kukang

5 Hewan Tampak Menggemaskan Ini Sebenarnya Mematikan news.mongabay.com

Melihat matanya yang bulat nan indah pasti kamu tidak menyangka kalau hewan yang satu ini ternyata sangat mematikan. Kukang adalah hewan nokturnal yang ditemukan di Asia Tenggara dan sekitarnya. Walaupun tampaknya lucu dan polos, tapi nyatanya kukang merupakan salah satu mamalia paling berbisa di dunia.

Siku kukang jenis ini bisa mengeluarkan sejenis racun yang ketika dicampur dengan air liurnya, maka akan menjadi bahan yang sangat beracun. Kapan pun binatang lucu ini merasa terancam, mereka akan melepaskan racun ke mulut yang kemudian membuat gigitan hewan ini menjadi mematikan.

2. Wolverine

5 Hewan Tampak Menggemaskan Ini Sebenarnya Mematikan Dkfindout.com

Wolverine juga merupakan hewan yang tampak sangat imut dan tenang namun berbahaya. Hewan ini banyak ditemukan di Kanada Utara dan Alaska. Karnivora berotot dengan bulu yang indah ini memiliki cakar yang kuat dan sangat agresif.

Mereka mampu menyerang organisme besar termasuk manusia. Rahang dan cakar mereka yang tajam dapat membantu wolverine menangkap mangsa dengan cepat. Wolverine juga termasuk hewan yang rakus, karena memangsa segala jenis binatang mulai dari tupai kecil dan rusa. Bahkan mereka akan menyerang manusia jika mereka terpancing.

Baca Juga: 5 Hewan Purba Ini Jadi Inspirasi Karakter  Unik di Film Ice Age

3. Beaver

5 Hewan Tampak Menggemaskan Ini Sebenarnya Mematikan spectator.co.uk

Beaver ialah hewan sejenis berang-berang endemik Amerika Utara dan Eurasia. Beaver termasuk jenis hewan pengerat yang aktif di malam hari. Sifat unik dari hewan ini adalah mereka suka membangun rumah dalam bentuk bendungan, kanal, dan pondok-pondok. Beaver biasanya hidup dengan koloni dan akan memiliki satu atau lebih bendungan yang membantu mereka melarikan diri dari pemangsa.

Karena tampilannya yang menggemaskan ini, banyak orang yang kemudian menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Akan tetapi, sejumlah situs pemberitaan seperti miamiherald, cdsnews, the guardian, dan sebagainya melaporkan bahwa telah terjadi beberapa kasus di mana beaver tiba-tiba menjadi agresif dan menyerang.

Serangan dari hewan ini sangatlah dahsyat dan berbahaya, dari mulai menyebabkan cedera ketika beaver menderita rabies, pendarahan hebat, hingga merusak arteri yang berujung pada kematian. Ini lantaran beaver memiliki gigi yang sangat tajam, ditambah hewan pengerat ini dapat menyerang baik di darat maupun di dalam air. Jadi, akan jauh lebih baik apabila membiarkan hewan menggemaskan ini hidup bebas di alam liar.

4. Leopard seal

5 Hewan Tampak Menggemaskan Ini Sebenarnya Mematikan phys.org

Leopard seal adalah spesies anjing laut terbesar kedua di dunia laut. Anjing laut jenis ini ditemukan di Australia, Selandia Baru, dan daerah yang lebih hangat di Afrika Selatan. Walaupun mamalia air ini nampak polos dan menggemaskan, tapi jangan coba-coba menggodanya, sebab leopard seal ini amat sangat agresif dan mampu menggigit dan menyeret manusia ke dalam air hingga tewas, terlebih mamalia laut ini selalu berada dalam kelompoknya. Saking agresifnya, hewan air yang suka memangsa penguin ini bahkan tak segan-segan untuk menyerang kapal, sehingga amat sangat menyulitkan peneliti yang hendak melakukan observasi.

5. Moose

5 Hewan Tampak Menggemaskan Ini Sebenarnya Mematikan nhpbs.org

Moose adalah hewan terbesar dan terberat dalam keluarga rusa. Moose jantan memiliki antler yang besar dan indah. Mereka biasanya tinggal di daerah beriklim sedang dan saat ini, kebanyakan dari mereka dapat dilihat di wilayah Kanada, Rusia, dan Alaska. Makanan moose adalah berupa vegetasi darat dan laut.

Walaupun hewan ini selalu terlihat tenang dan bersahabat, tapi jangan pernah coba-coba untuk mendekati apalagi mengganggu mereka. Sebab, saat moose merasa ketakutan, mereka justru bisa menjadi sangat agresif dan menyerang siapapun hingga cedera parah bahkan tewas. Hal ini juga disebabkan lantaran induk moose memiliki ikatan yang sangat kuat dengan anaknya, sehingga induk moose akan menyerang siapapun yang mendekat untuk melindungi anaknya.

Selain itu, saat tidak mendapatkan makanan yang cukup atau musim kawin, moose juga menjadi sangat agresif dan suka menyerang. Jadi, cukup amati keindahan moose dari kejauhan, jangan pernah mendekati kerabat rusa yang satu ini apalagi sampai menyentuhnya.

Bisa melihat secara langsung hewan-hewan yang lucu dan terkesan jinak memang bisa bikin kamu gemas, ingin menyentuh, bahkan berniat untuk memelihara. Akan tetapi, bagaimanapun juga hewan tetap memiliki insting untuk menyerang musuh guna melindungi diri. Selain itu, sudah sepantasnya hewan-hewan liar hidup bebas di habitat aslinya. Jadi, cukup amati dan pelajari hewan-hewan tersebut untuk menambah wawasan tanpa perlu mencampuri kehidupan mereka.

Baca Juga: 6 Hewan dengan Gigi Unik, Ada Tumbuh dari Lidahnya

Ekaay Photo Community Writer Ekaay

Belajar hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You