Comscore Tracker

Mengenal Mugwort, Bahan Andalan dalam Skincare Populer

Sudah lama digunakan untuk pengobatan tradisional

Jika kamu adalah seorang skincare junkie, kemungkinan besar kamu sudah pernah mendengar tentang mugwort. Ya, bahan ini tengah naik daun dan menjadi andalan dalam berbagai skincare. Bahan ini menjadi populer karena kemampuannya untuk menargetkan berbagai masalah kulit yang umum dialami banyak orang, yaitu kemerahan, sensitif, dan kering.

Namun, jauh sebelum menjadi bagian dari skincare modern, mugwort telah dimanfaatkan secara tradisional untuk berbagai keperluan. Untuk mengenal lebih jauh seputar mugwort, baca terus penjelasan berikut sampai selesai.

1. Mengenal mugwort

Mengenal Mugwort, Bahan Andalan dalam Skincare Populerilustrasi mugwort (pixabay.com/mac231)

Dijelaskan dalam laman Healthline, mugwort adalah tanaman yang bisa menjadi pewarna kuning, penolak serangga, bahan dalam hidangan makanan, dan potensi pengobatan untuk berbagai kondisi. Meskipun baru naik daun saat ini, namun mugwort sudah digunakan selama berabad-abad lalu di berbagai tempat.

Mugwort atau yang memiliki nama ilmiah Artemisia vulgaris merupakan anggota keluarga daisy serta berasal dari Asia dan Eropa. Tumbuhan mugwort bisa tumbuh hingga mencapai 1,8 m dan memiliki bunga berwarna kuning atau cokelat kemerahan di musim panas. Daun mugwort memiliki bulu keperakan di bagian bawahnya dan rasa sedikit pahit.

Pada zaman dahulu, mugwort dianggap sebagai tanaman yang dihormati dan digunakan oleh tentara Romawi di sandal mereka sebelum berbaris untuk mengusir kelelahan. Mugwort juga dianggap mampu melindungi orang dari binatang buas dan roh jahat. Karenanya, mugwort banyak ditanam di kebun dan sekitar rumah.

2. Potensi manfaat kesehatan

Mengenal Mugwort, Bahan Andalan dalam Skincare Populerilustrasi mugwort (pixabay.com/Carola68)

Di berbagai tempat, mugwort kerap dianggap sebagai gulma lantaran tanaman ini bisa menyebar secara agresif. Jadi, saat seseorang menemukan mugwort tumbuh di halamannya, mugwort sering dihancurkan. Tetapi, di daerah lain, mugwort dihargai karena manfaatnya.

Dikutip dari laman Verywell Health, mugwort telah dianggap memiliki banyak khasiat yang meningkatkan kesehatan, seperti melancarkan siklus menstruasi, menenangkan saraf, meningkatkan keluaran urin, menghalau serangga, meningkatkan energi, melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan kesehatan hati, menghilangkan gatal, masalah pencernaan, sakit kepala, epilepsi, dan masalah tidur. Meskipun mugwort banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan, beberapa di antaranya belum diteliti dan dibuktikan secara ilmiah.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Skincare Berbahan Mugwort untuk Kulit Berjerawat

3. Pemanfaatan mugwort di Korea

Mengenal Mugwort, Bahan Andalan dalam Skincare Populerilustrasi mugwort (pixabay.com/jhenning_Naturphotos)

Salah satu tempat di mana mugwort sangat dihargai adalah Korea. Di Korea, mugwort dianggap sebagai ramuan penyembuhan karena memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan pelindung kulit. Menurut laman Allure, mugwort berada di balik penciptaan dinasti Korea pertama.

Mugwort juga kerap digunakan dalam masakan Korea, pengobatan tradisional Korea, dan pengobatan homeopati Korea. Para perempuan di Korea juga mengonsumsi mugwort dalam bentuk teh untuk membantu mengatur siklus menstruasi mereka dan meredakan kram menstruasi. Di pemandian tradisional, orang-orang juga dapat berendam di pemandian yang mengandung mugwort.

4. Menjadi salah satu bahan andalan dalam skincare

Mengenal Mugwort, Bahan Andalan dalam Skincare Populerilustrasi mugwort (pixabay.com/jhenning_Naturphotos)

Setelah sekian lama dimanfaatkan sebagai bagian dari pengobatan tradisional, kuliner, dan budaya. Mugwort kemudian menjadi salah satu komposisi yang diunggulkan pada banyak produk skincare, khususnya yang berasal dari Korea.

Manfaat mugwort yang menenangkan menjadikannya bahan pilihan utama untuk orang-orang yang menderita rosacea, eksim, dermatitis atopik, psoriasis, dan bahkan jerawat. Dijelaskan dalam laman The Klog, sifat bahan yang menenangkan ini juga menjadi alasan utama mengapa mugwort banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit Korea yang menargetkan kulit sensitif.

Mugwort juga memiliki kemampuan untuk melembapkan dan dapat membantu mencerahkan kulit. Faktanya, mugwort telah dibandingkan dengan pohon teh dan vitamin C untuk manfaat antioksidan dan melawan bakteri.

5. Kemungkinan efek samping

Mengenal Mugwort, Bahan Andalan dalam Skincare Populerilustrasi mugwort (pixabay.com/Hietaparta)

Meskipun belum ada penelitian medis untuk membuktikan hal ini, namun menurut laman Verywell Health, mugwort kemungkinan tidak aman untuk ibu hamil atau menyusui. Mugwort dipercaya dapat menyebabkan rahim berkontraksi hingga memicu keguguran. Penggunaan mugwort untuk bayi juga belum ditetapkan keamanannya.

Selain itu, bagi individu yang alergi terhadap ragweed juga harus berhati-hati terhadap mugwort karena kemungkinan reaksi alergi yang lebih tinggi terhadap serbuk sari mugwort. Seseorang dengan alergi lain terhadap tanaman dalam keluarga Asteraceae juga perlu berhati-hati dalam menggunakan mugwort karena adanya kemungkinan alergi. Beberapa tanaman yang termasuk dalam anggota keluarga Asteraceae, di antaranya stevia, selada, chicory, piretrum, bunga matahari, bunga aster, artichoke, burdock, thistle, dan marigold.

Jika kamu ingin membuktikan manfaat mugwort bagi kulit, saat ini sudah ada banyak skincare yang menggunakan mugwort sebagai salah satu bahannya. Kamu juga bisa membuktikan manfaat kesehatan mugwort dengan membeli mugwort yang banyak dijual sebagai bubuk maupun teh di toko kesehatan maupun secara online.

Baca Juga: Kulitmu Acne Prone & Sensitif? Yuk Coba Skincare Berbahan Mugwort Ini!

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya