Comscore Tracker

Wajib Punya, Ini 5 Tanaman Hias yang Bisa Menyerap Racun dalam Ruangan

Bikin rumah makin segar juga

Selama ini, kita beranggapan bahwa dengan berada di dalam ruangan, kita jadi terbebas dari segala jenis polutan udara. Padahal, kadang di dalam ruangan pun terdapat polutan yang memengaruhi kesehatan, seperti formaldehida, benzena, trikloroetilena, polutan biologis udara, disinfektan, dan masih banyak lagi. Polutan ini bisa menyebabkan masalah, mulai dari alergi, sakit kepala, kelelahan, gangguan sistem saraf, hingga kanker.

Kabar baiknya, dalam studi yang dilakukan oleh NASA pada 1989 menunjukkan bahwa beberapa tanaman tidak hanya mampu menghilangkan karbon dioksida dari udara, tetapi juga racun rumah tangga dan mengubah racun-racun ini menjadi oksigen murni yang membuat ruangan jadi lebih segar.

Dilansir laman Earth Easy dan Standard berikut beberapa tanaman yang mampu menyerap racun dalam ruangan.

1. Palem bambu (Chamaedorea seifrizii)

Wajib Punya, Ini 5 Tanaman Hias yang Bisa Menyerap Racun dalam Ruanganunsplash.com/Elton Sipp

Palem bambu adalah tanaman yang memiliki kemampuan hebat untuk menghilangkan formaldehida dari udara. Tanaman ini juga secara efektif menghilangkan benzena dan trikloretilen, yang biasa digunakan dalam industri. Palem bambu sangat cocok dijadikan tanaman indoor karena lebih suka cahaya tidak langsung yang cerah dan suhu 16-24 derajat Celsius.

2. Philodendron

Wajib Punya, Ini 5 Tanaman Hias yang Bisa Menyerap Racun dalam Ruanganunsplash.com/Olena Shmahalo

Philodendron memiliki banyak variasi dan secara keseluruhan tanaman ini hanya membutuhkan sedikit perawatan. Tanaman ini juga relatif mudah tumbuh di mana saja, termasuk di dalam ruangan.

Selain itu, tanaman ini memiliki sifat dapat mendetoksifikasi udara. Oleh sebab itu, kamu wajib menaruh Philodendron di dalam rumah atau kantormu sebagai pendetoks udara alami.

Baca Juga: Estetis nan Menggemaskan, Ini 5 Tanaman Bonsai Terbaik untuk Pemula!

3. Peace lily

Wajib Punya, Ini 5 Tanaman Hias yang Bisa Menyerap Racun dalam Ruanganunsplash.com/Max Williams

Peace Lily adalah tanaman yang cocok untuk pemula karena perawatannya sangat mudah. Bahkan, walaupun tanaman tampak terkulai dan hampir layu, tanaman ini bisa langsung kembali segar setelah disiram air. Peace lily juga bisa hidup di tempat dengan cahaya rendah alami, seperti cahaya dari jendela.

Selain sebagai hiasan, menaruh peace lily di dalam ruangan juga dapat membersihkan udara dari racun, seperti trikloroetilena, formaldehida, benzena, xilena, dan amonia.

4. Dracaena fragrans

Wajib Punya, Ini 5 Tanaman Hias yang Bisa Menyerap Racun dalam Ruanganpatchplants.com

Dracaena fragrans juga dikenal sebagai kelapa palsu lantaran bentuknya yang mirip dengan pohon kelapa berukuran mini dengan ciri dedaunannya yang lebat dan batang bertekstur. Menaruh beberapa pot Dracaena fragrans memberikan kesan tropis di dalam ruangan.

Tanaman ini juga dapat meningkatkan kelembapan di dalam ruangan, membantu mengatasi penyakit pernapasan, dan dapat menyerap racun, seperti formaldehida, benzena, dan trikloroetilena.

5. Areca palm (Chrysalidocarpus lutescens)

Wajib Punya, Ini 5 Tanaman Hias yang Bisa Menyerap Racun dalam Ruangangreenandvibrant.com

Areca palm terbukti mampu menghilangkan lebih banyak toluena dan xilena daripada tanaman lainnya. Toluena adalah salah satu senyawa beracun yang diketahui berbahaya bagi kesehatan manusia. Toluena paling sering ditemukan dalam pengencer cat, penghapus cat kuku, lem, dan tiner. Sementara, xilena biasanya digunakan sebagai pelarut dalam industri percetakan, karet, dan kulit.

Menaruh areca palm dalam ruangan sangat efektif untuk menghilangkan racun dari udara dalam ruangan. Areca juga memancarkan uap air dalam jumlah besar sehingga sangat cocok ditaruh di lokasi dengan udara kering. Tanaman ini sebenarnya toleran terhadap berbagai lingkungan dalam ruangan. Hanya saja, areca palm akan lebih awet jika ditaruh di tempat yang lembap.

Itulah tanaman yang mampu menyerap racun di dalam ruangan. Untuk menambah estetika, kamu bisa memadukan beberapa jenis tanaman sekaligus di dalam ruangan. Jadi, tertarik menaruh tanaman tersebut di dalam rumahmu?

Baca Juga: Mau Mempercantik Balkon? Coba 5 Tanaman Ini, Rajin Banget Berbunga

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya