Comscore Tracker

6 Fakta Unik Gajah Afrika, Mamalia Darat Terbesar di Dunia 

Bisa makan hingga 450 kg dalam sehari 

Gajah afrika merupakan spesies dari genus Loxodonta. Ukuran gajah afrika jauh lebih besar dari gajah asia, yaitu rata-rata dapat tumbuh hingga 2,5-4,0 m, sedangkan gajah asia hanya mampu tumbuh 2,0-3,5 m. Namun, untuk gajah afrika yang jantan, bisa tumbuh besar dari yang betina, lo, yaitu 2,7- 4 m.

Siapa sangka di balik ukurannya yang sangat besar ini, ternyata gajah afrika memiliki beberapa fakta unik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Penasaran apa saja fakta uniknya? Dilansir dari laman Animal Fact Guide dan Elephants for Africa, yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Terdiri dari dua jenis

6 Fakta Unik Gajah Afrika, Mamalia Darat Terbesar di Dunia dogonews.com

Gajah afrika terdiri dua jenis, yaitu gajah sabana afrika (Loxodonta africana) dan gajah hutan afrika (Loxodonta cyclotis). Genetik dan ukuran kedua gajah ini berbeda. Spesies kedua gajah afrika ini berpisah antara 2,6 hingga 5,6 juta tahun yang lalu. Gajah sabana afrika berukuran dua kali lebih besar dari gajah hutan afrika, yaitu sekitar 7 ton. 

2. Dapat makan hingga 450 kg dalam sehari

6 Fakta Unik Gajah Afrika, Mamalia Darat Terbesar di Dunia todayifoundout.com

Dengan ukurannya yang sangat besar, gak heran rasanya jika gajah afrika bisa makan dengan jumlah yang sangat banyak. Hewan pemakan rumput, tumbuhan, buah, dan pohon ini bisa makan sebanyak 450 kg dalam sehari. Meski begitu, gajah hanya mampu mencerna 40 persen dari makanannya karena pencernaannya yang tidak terlalu baik.

3. Masa kehamilan gajah betina merupakan yang terlama pada mamalia

6 Fakta Unik Gajah Afrika, Mamalia Darat Terbesar di Dunia youtube.com

Gajah afrika betina umumnya siap menjadi ibu saat sudah berusia antara 15-16 tahun. Selama hidupnya, gajah betina mampu melahirkan dua belas anak gajah. Menariknya lagi, masa kehamilan gajah betina cukup lama, lo, yaitu 22 bulan, yang merupakan kehamilan terlama pada mamalia. 

Baca Juga: Penyelundupan 3,2 Ton Gading Gajah Afrika Terbongkar!

4. Mampu berjalan dan berlari dengan sangat cepat

6 Fakta Unik Gajah Afrika, Mamalia Darat Terbesar di Dunia onegreenplanet.org

Gajah afrika memiliki kecepatan yang cukup tinggi dalam berlari, lo. Ia mampu dengan mudah mencapai kecepatan hingga 40 mph. Selain itu, gajah afrika juga mampu berjalan dengan sangat cepat. Mamalia darat raksasa tersebut mampu berjalan hingga 195 km per hari, meski rata-rata hanya berjalan hingga 25 km per hari saja. 

5. Hewan yang cerdas dan memiliki ingatan yang kuat

6 Fakta Unik Gajah Afrika, Mamalia Darat Terbesar di Dunia nrdc.org

Gak hanya memiliki postur yang besar, gajah afrika juga memiliki otak yang sangat besar, yaitu lebih dari 5 kg. Otak gajah merupakan yang terbesar dari semua hewan di darat. Dengan otaknya yang sangat besar tersebut, gak heran jika gajah afrika merupakan salah satu hewan yang cerdas di dunia.

Dengan kecerdasannya, gajah mampu berkomunikasi satu sama lain dengan berbagai cara yang berbeda. Ia berkomunikasi dengan menggunakan sentuhan, rasa, dan juga bau.

Selain itu, gajah juga merupakan hewan yang memiliki ingatan yang sangat kuat. Dengan ingatannya yang sangat kuat tersebut, ia mampu bertahan hidup di alam liar hingga 70 tahun dan mampu menjalin hubungan jangka panjang dengan gajah lainnya. 

6. Populasinya mengalami penurunan drastis akibat perburuan gading secara besar-besaran

6 Fakta Unik Gajah Afrika, Mamalia Darat Terbesar di Dunia defenseone.com

Populasi gajah afrika kini mengalami penurunan yang cukup drastis karena adanya perburuan liar gading secara ilegal. Bahkan, gajah afrika terdaftar sebagai spesies rentan dalam daftar merah IUCN sejak 2004 lalu.

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam pada 2016 lalu, disebutkan bahwa populasi gajah afrika mengalami penurunan sebesar 111 ribu gajah dan diperkirakan hanya tersisa 415 ribu saja.

Dalam laporan juga disebutkan bahwa penurunan tersebut merupakan penurunan terbesar selama 25 tahun terakhir. Selain terancam karena perburuan liar, gajah afrika juga terancam kehilangan habitat. 

Nah, itulah ulasan enam fakta unik gajah afrika, mamalia darat terbesar di dunia. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Gajah Afrika dan Gajah Asia

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya