Comscore Tracker

8 Cara agar Tidur Kamu di Malam Hari Semakin Berkualitas

Tidur akan semakin nyenyak

Kata orang, semakin dewasa kebutuhan tidur seseorang akan berbeda-beda. Ada yang cepat sekali tertidur atau sulit tidur seperti insomnia. Namun, waktu tidur malam hari harus lebih lama dari tidur yang lain.

Menurut penelitian Columbia Comprehensive Sleep Disorders Center (2019), fase tidur manusia ada tiga tahap, antara lain: fase tidur ringan, tidur nyenyak dan tidur bermimpi. Ketiga fase tersebut dipengaruhi oleh Rapid Eye Movement (REM) dan Non-Rapid Eye Movement (NON-REM).

Tidur yang secara tiba-tiba sadar karena sesuatu itu masih dalam taraf REM, sehingga NON-REM terganggu. Padahal kualitas tidur baik itu harus lebih maksimal Non-REM-nya. Cirinya adalah sudah bermimpinya kamu dan merasa bugar di pagi hari. 

Di lansir dari berbagai sumber, berikut 8 tips yang memperbaiki kualitas tidur kamu di malam hari.

1. Relaksasi pernapasan sebelum tidur

8 Cara agar Tidur Kamu di Malam Hari Semakin BerkualitasPexels/bruce mars

Dilansir dari medicine.umich.edu, relaksasi yang baik sebelum tidur adalah mengatur napas secara dalam-dalam. Hal ini dipercaya untuk menghilangkan kecemasan yang sedang mengganggu pikiran kamu.

Nah, kamu bisa mencobanya. Pertama, berbaring lalu posisi wajah menghadap ke atas, tangan dan kaki lurus. Lemaskan otot badan kamu. Fokus dengan mengatur napas dengan perut. Setiap hembusan, rasakan ketegangan itu mengikuti napas yang terbuang. Ulangi dan rasakan ritmenya, lama kelamaan kamu akan cepat tidur.

2. Hindari minum obat serta meminum alkohol yang membuatmu mengantuk

8 Cara agar Tidur Kamu di Malam Hari Semakin BerkualitasPexels/JESHOOTS

Di luar sana kamu akan menemukan berbagai obat-obatan yang ada kandungan alpha-blockers. Nah, obat tersebut secara medis bisa membuatmu insomnia. Biasanya, obat ini dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Karena berkaitan fungsinya dipakai di siang hari.  

Selain itu, meminum alkohol pun juga membuatmu susah tidur, karena dapat mengganggu siklus tidur. Nah, gejala REM akan sering kamu alami, tidur yang masih peka terhadap sekitar.

Mendengar orang lain berbicara, kamu masih memberi respon. Selain itu, kamu akan sering ke kamar mandi, untuk buang air kecil. Mendengkur pun termasuk pertanda tidurmu tidak baik.

Baca Juga: Sudah Cukup Tidur Tapi Masih Merasa Lelah, Ini 5 Penyebabnya

3. Kurangi waktu tidur siang kamu

8 Cara agar Tidur Kamu di Malam Hari Semakin BerkualitasUnsplash/Gregory Pappas

Kata orang tua, kamu yang suka tidur siang terlalu lama, pasti pernah merasakan begadang di malam hari. Nah, itu sebenarnya mulai dari sekarang pangkas tidur siang kamu. Waktu untuk tidur siang tidak lebih dari satu jam.

4. Cukup di pagi hari saja kamu minuman yang mengandung alkohol

8 Cara agar Tidur Kamu di Malam Hari Semakin BerkualitasUnsplash/Fábio Alves

Menurut jurnal yang berjudul "A Better Night’s Sleep A Self-Help Guide" yang diterbitkan oleh Western Australian Alcohol and Drug pada tahun 2014, menyatakan jika minum alkohol itu lebih baik dilakukan di pagi hari. Karena dikhawatirkan akan membuat kamu begadang di malam hari.

Karena kafein dan nikotin dapat mengganggu tidur secara signifikan karena mereka memiliki efek merangsang tubuh dan pikiran. Sehingga kamu dapat terus-terusan berkhayal dan memikirkan hal yang tidak penting.

5. Hindari kegiatan yang menimbulkan stres atau imajinasi berlebihan

8 Cara agar Tidur Kamu di Malam Hari Semakin BerkualitasPexels/Pixabay

Kata beberapa orang, antara waktu 2 jam dan 4 jam sebelum tidur, kamu perlu menjauh dari mengerjakan tugas berat seperti mengerjakan laporan. Karena hal ini akan berpengaruh di otak kamu. Semisal belum selesai, hal itu akan menjadi pikiran kamu dan akhirnya stres.

Lalu, menonton film pun dapat menambah imajinasi kamu. Hal ini akan berdampak semakin meluasnya khayalan kamu. Jadi, seharusnya dalam waktu sebentar kamu bisa tidur, tapi karena imajinasi kamu masih 'ON', kamu jadi terus berpikir dan tidur pun semakin larut.

6. Hindari makanan berat di malam hari

8 Cara agar Tidur Kamu di Malam Hari Semakin BerkualitasPexels/Pixabay

Diusahakan dua jam sebelum tidur kamu menghindari makanan berat. Walaupun itu dapat membuatmu mengantuk, tetapi organ pencernaanmu akan bekerja, sepanjang kamu tidur. Sehingga ketika terbangun di pagi hari, kamu merasa letih, tanpa kamu sadari. 

7. Tidak berolahraga yang menguras tenaga di malam hari

8 Cara agar Tidur Kamu di Malam Hari Semakin BerkualitasPexels/Scott Webb

Berolahraga yang membuat kamu lelah nantinya akan mengganggu kualitas tidur kamu. Terlalu capek bisa membuatmu mendengkur. Dan tubuh secara perlahan menyesuaikan. Sehingga di pagi hari kamu masih merasa lelah. Jika tak terbiasa dengan olahraga berat, kamu akan merasa letih dan tak bersemangat. 

8. Perhatikan tempat tidur kamu dan suasana kamar, ya!

8 Cara agar Tidur Kamu di Malam Hari Semakin Berkualitasmattressmanstores.com

Sudah tidak bisa dimungkiri, jika kamu mau tidur, pastinya akan merapikan dulu sprei dan menata bantal serta guling. Karena tempat yang rapi dan tertata akan membuat seseorang mudah cepat tertidur.

Selain itu perhatikan lampu ruangan. Jika kamu suka gelap, matikan lampu kamar. Meskipun sepele tapi sangat berpengaruh dengan kualitas tidur kamu, guys!

Pada intinya, kita mesti benar-benar bersih dari kegiatan atau mengonsumsi apa pun yang bisa mengganggu tidur kita. Jadi, mulai saat ini, ulasan di atas bisa diterapkan saat kamu mengalami susah tidur, ya!

Baca Juga: Jangan Sepelekan, 5 Kebiasaan Ini Bisa Mengganggu Kualitas Tidurmu

Emilia Nur Indarwati Photo Community Writer Emilia Nur Indarwati

Owner Felescasa (Tokopedia)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You