Comscore Tracker

Bukan Hanya Apollo, Ini 7 Misi Terbaik NASA Sepanjang Masa!

Banyak misi keren selain Apollo!

National Aeronautics and Space Administration atau yang lebih dikenal sebagai NASA merupakan lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas program luar angkasa Amerika Serikat dan penelitian luar angkasa dalam jangka panjang.

Salah satu misi NASA yang paling terkenal adalah Proyek Apollo, yang telah berhasil mendaratkan manusia di bulan. Sebuah langkah besar dalam sejarah manusia. Namun selain Apollo, NASA juga mempunyai banyak misi yang gak kalah keren, lho. Berikut adalah 7 di antaranya.

1. Hubble Space Telescope

Bukan Hanya Apollo, Ini 7 Misi Terbaik NASA Sepanjang Masa!netdna-ssl.com

Hubble adalah sebuah teleskop luar angkasa yang berada di orbit Bumi. Nama Hubble diambil dari nama ilmuwan terkenal Amerika, Edwin Hubble yang juga merupakan penemu hukum Hubble.

Sebagian besar dari benda-benda angkasa yang telah berhasil diidentifikasi, adalah jasa teleskop Hubble. Teleskop ini diluncurkan pada 24 April 1990 dengan orbit dekat Bumi.

2. Viking 1

Bukan Hanya Apollo, Ini 7 Misi Terbaik NASA Sepanjang Masa!space.com

Viking 1 adalah salah satu dari dua wahana angkasa pertama (bersama dengan Viking 2) yang dikirim ke Mars sebagai bagian dari program Viking NASA. Wahana ini merupakan wahana angkasa pertama yang berhasil mendarat di Mars dan melakukan misinya.

Viking 1 juga memegang rekor misi permukaan Mars terpanjang, yaitu selama 6 tahun dan 116 hari (dari pendaratan hingga penghentian misi permukaan). Namun, rekor itu kini sudah dipecahkan oleh Opportunity Rover pada 19 Mei 2010.

Baca Juga: Inilah Misi-misi Apollo Sebelum Apollo 11

3. Chandra X-ray Observatory

Bukan Hanya Apollo, Ini 7 Misi Terbaik NASA Sepanjang Masa!newsrnd.com

Chandra X-ray Observatory adalah satelit yang diluncurkan pada STS-93 oleh NASA pada tanggal 23 Juli 1999. Satelit ini dinamai dari ahli fisika India-Amerika Serikat, Subrahmanyan Chandrasekhar.

Observatorium ini adalah salah satu dari empat Observatorium Besar NASA. Tiga lainnya adalah teleskop luar angkasa Hubble, observatoriun sinar gamma Compton, dan teleskop luar angkasa Spitzer.

4. Cassini-Huygens

Bukan Hanya Apollo, Ini 7 Misi Terbaik NASA Sepanjang Masa!aerotime.aero

Cassini–Huygens adalah sebuah pesawat angkasa yang dibuat bersama oleh NASA/ESA/ASI, yang mempelajari Saturnus dan satelit alaminya. Pesawat angkasa ini memiliki 2 bagian utama: Pengorbit Cassini milik NASA, yang dinamai dengan nama astronom Italia-Prancis Giovanni Domenico Cassini, dan Wahana Huygens milik ASI, dinamai atas nama seorang astronom, ahli matematika dan ahli fisika Belanda Christiaan Huygens.

Pesawat ini diluncurkan pada tanggal 15 Oktober 1997 dan memasuki orbit Saturnus pada tanggal 1 Juli 2004. Pada tanggal 25 Desember 2004, Wahana Huygens berpisah dari pengorbit dan mendarat di satelit Saturnus, Titan pada tanggal 14 Januari 2005, dan mengirim informasi tentang Titan kepada ilmuwan untuk dipelajari.

Pesawat ini adalah pesawat pertama yang memasuki orbit Saturnus dan pesawat angkasa keempat yang mengunjungi Saturnus.

5. Mars Exploration Rover Mission (MER)

Bukan Hanya Apollo, Ini 7 Misi Terbaik NASA Sepanjang Masa!kurious.ku.edu.tr

Mars Exploration Rover Mission (MER) NASA adalah sebuah misi luar angkasa robot yang sedang berlangsung yang melibatkan dua rovers, Spirit dan Opportunity, menjelajahi planet Mars. Ini dimulai pada tahun 2003 dengan pengiriman dua rovers-MER-A Spirit dan MER-B Opportunity untuk menjelajahi permukaan Mars dan geologi.

6. Spitzer Space Telescope

Bukan Hanya Apollo, Ini 7 Misi Terbaik NASA Sepanjang Masa!spaceflightnow.com

Spitzer Space Telescope (sebelumnya disebut Space Infrared Telescope Facility, SIRTF) adalah sebuah observatorium inframerah luar angkasa. Ia merupakan Observatorium Besar NASA yang ke-empat dan yang terakhir.

Periode misi yang direncanakan adalah 2,5 tahun dengan perkiraan sebelum peluncuran bahwa misi tersebut dapat diperpanjang hingga lima tahun atau sedikit lebih lama hingga pasokan helium cair di dalamnya habis.

Menurut komentar yang dibuat pada siaran web Around the World in 80 Telescopes, helium nya diperkirakan habis pada waktu "kapan saja". Hal ini terjadi pada tahun 2009. Teleskop Spitzer memasuki mode siaga pada 03:11 PST (06:11 EST atau 22:11 UT), 15 Mei karena kehabisan helium pendingin cair.

7. Wilkinson Microwave Anisotropy Probe

Bukan Hanya Apollo, Ini 7 Misi Terbaik NASA Sepanjang Masa!nasa.gov

Wilkinson Microwave Anisotropy Probe (WMAP) - juga dikenal sebagai Microwave Anisotropy Probe (MAP), dan Explorer 80 - adalah sebuah pesawat ruang angkasa yang mengukur perbedaan suhu sisa panas radiasi Big Bang - Cosmic Radiasi Microwave Background - di langit.

Dipimpin oleh Profesor Charles L. Bennett, Johns Hopkins University, misi dikembangkan dalam kemitraan bersama antara NASA Goddard Space Flight Center dan Princeton University.

Pesawat ruang angkasa WMAP diluncurkan pada 30 Juni, 2001 at 19:46:46 GDT, dari Florida. Misi WMAP adalah misi ruang angkasa COBE yang berhasil dan pesawat ruang angkasa kedua kelas medium (MIDEX) dari program Explorer.

Pada tahun 2003, MAP telah berganti nama WMAP menghormati kosmolog David Todd Wilkinson (1935-2002), yang pernah menjadi anggota tim misi sains.

Itulah deretan misi penting yang telah berhasil dituntaskan oleh NASA selain Apollo. Semoga informasi di atas membuat kamu lebih lebih mengerti dan menghargai jasa NASA dalam perkembangan ilmu astronomi.

Baca Juga: 3 Eksperimen NASA yang Menjadikan Transportasi Udara Massal Lebih Baik

Fajar Cahyono Photo Verified Writer Fajar Cahyono

Wisdom is the limit.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya