Comscore Tracker

Makan Kotoran Sendiri? Ini 7 Fakta Unik Terwelu Arktik yang Imut

Biarpun penyendiri, ternyata ia suka kongko

Terwelu arktik merupakan salah satu hewan tangguh yang hidup di wilayah beriklim dingin ekstrem. Mereka mendiami daerah beku nan tandus di kutub utara dan dataran tinggi bebatuan dan pesisir tak berpohon. Menurut Animal Diversity, tempat-tempat seperti itu punya rata-rata suhu harian -26,9 derajat Celsius pada Maret sampai Oktober. Bisa dibayangkan dong betapa dinginnya!

Lalu, bagaimana cara hewan imut ini bertahan hidup dengan suhu ekstrem? Benarkah mereka salah satu hewan yang suka makan kotorannya sendiri? Simak deh tujuh fakta unik terwelu arktik yang sayang banget kalau dilewatkan berikut ini!

1. Punya telinga pendek yang justru bikin tubuh tetap hangat

Makan Kotoran Sendiri? Ini 7 Fakta Unik Terwelu Arktik yang Imutcommons.wikimedia.org/U.S. Fish & Wildlife Service

Bagi kamu yang masih belum tahu perbedaan terwelu dan kelinci. Umumnya, terwelu punya telinga, dua kaki belakang, dan ekor yang lebih panjang dari kelinci. Namun kasusnya beda pada terwelu arktik. Justru, mereka punya telinga yang lebih pendek.

Menurut A-Z Animals, telinga pendek inilah yang membuat terwelu arktik mampu bertahan hidup di wilayah beriklim dingin ekstrem. Telinga pendek dan tubuh bulat serta ringkas membuat kehangatan tubuh mereka tetap terjaga di tengah-tengah siulan angin sedingin es. 

2. Kumpul ramai-ramai saat musim dingin supaya tetap hangat

Makan Kotoran Sendiri? Ini 7 Fakta Unik Terwelu Arktik yang Imutcommons.wikimedia.org/Ansgar Walk

Selama musim dingin, terwelu arktik gak melakukan hibernasi. Justru, mereka akan berkumpul dan berkerumun dalam kelompok yang bisa terdiri dari 10--60 ekor. Kalau bergerombol begini, mereka bisa saling menghangatkan satu sama lain, mengenyampingkan fakta kalau sejatinya mereka hewan solitary alias suka hidup sendiri. 

Makin ke utara, yang artinya juga temperatur makin dingin, gerombolan hangat ini bisa terdiri dari 300 ekor terwelu arktik, tutur Animalia

3. Bulu berubah warna saat musim dingin

Makan Kotoran Sendiri? Ini 7 Fakta Unik Terwelu Arktik yang Imutpixabay.com/zuza-musial-12006297/

Umumnya, terwelu arktik punya bulu berwarna keabu-abuan saat musim semi dan musim panas. Warna ini membuat mereka sulit dideteksi predator karena serupa dengan warna bebatuan. Baru saat musim dingin, bulu mereka akan berubah putih cemerlang layaknya salju. Tujuannya sama yakni membuat mereka mudah membaur di lingkungan sekitar supaya mudah lolos dari sorot tajam predator.

Menurut A-Z Animals, terwelu arktik yang tinggal di daerah paling utara punya bulu yang senantiasa putih dan gak berubah warna. Hal ini karena wilayahnya yang selalu bersalju sepanjang tahun. 

Baca Juga: 5 Hal Penting Sebelum Memelihara Kelinci Netherland Dwarf

4. Punya penglihatan 360 derajat

Makan Kotoran Sendiri? Ini 7 Fakta Unik Terwelu Arktik yang Imutcommons.wikimedia.org/Electronker

Kalau kamu perhatikan, terwelu arktik punya mata yang terletak di sisi-sisi wajah mereka, bukan di bagian muka. Ternyata, hal ini menguntungkan bagi mereka. Canadian Geographic mengungkapkan kalau letak mata ini membuat terwelu arktik punya penglihatan 360 derajat. Jadi, secara teknis, mereka gak perlu menoleh untuk melihat apa yang terjadi di samping atau belakang tubuh mereka. 

5. Bulu mata berfungsi seperti kacamata hitam

Makan Kotoran Sendiri? Ini 7 Fakta Unik Terwelu Arktik yang Imutcommons.wikimedia.org/Steve Sayles

Selain penglihatan 360 derajat, masih ada lagi hal unik pada mata terwelu arktik. Mereka punya bulu mata hitam tebal yang berfungsi hampir seperti kacamata hitam. Menurut Canadian Geographic, bulu mata ini melindungi mata mereka dari sinar matahari yang bisa begitu silau karena terpantul oleh putihnya salju di sekeliling. Jadi, mereka bisa selalu awas akan datangnya bahaya tanpa harus memicingkan mata seperti kita. 

6. Bisa melesat lebih dari 60 km/jam

Makan Kotoran Sendiri? Ini 7 Fakta Unik Terwelu Arktik yang Imutcommons.wikimedia.org/NadezhdaKhaustova

Terwelu arktik punya dua kaki belakang yang panjang dan kuat. Kaki ini membuat mereka mampu berpijak mantap di atas salju dan es yang tebal. Dengan kaki belakangnya, mereka juga bisa melompat-lompat seperti kanguru dengan kecepatan 48,4 kilometer per jam, tutur A-Z Animals. Kalau berlari dengan keempat kakinya, mereka bisa melesat lebih cepat lagi yakni 64,4 kilometer per jam.

7. Suka makan kotorannya sendiri

Makan Kotoran Sendiri? Ini 7 Fakta Unik Terwelu Arktik yang Imutpixabay.com/free-photos-242387

Yap, terwelu arktik suka makan kotorannya sendiri, tapi ada alasannya! Karena tinggal di daerah yang superdingin, beberapa dari makanan mereka sulit dicerna. Adapun, makanannya dwarf willow (tanaman terkecil yang hidup di tempat beriklim dingin), lumut-lumutan (lumut daun dan lumut kerak), hingga bangkai hewan.

Saat pertama masuk ke perut, makanan "keras" ini akan dihancurkan dan dicerna oleh bakteri. Begitu keluar, kotoran ini memiliki tekstur yang lembut dan lebih mudah dicerna karena sudah diproses terlebih dulu, jelas Active Wild. Baru setelah itu, terwelu arktik bisa melahapnya kembali dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Di antara semua fakta di atas, fakta nomor berapa nih yang paling mengesankan menurutmu?

Baca Juga: Cegah 7 Penyakit yang Paling Sering Dialami Kelinci Ini

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya