Comscore Tracker

7 Fakta Muskox, Hewan Tangguh Penghuni Arktik yang Mirip Bison

Punya wol dengan harga selangit!

Mendengar istilah kutub utara, kita pasti membayangkan wilayah tundra penuh salju dengan hawa superdingin. Hanya makhluk-makhluk tangguh saja yang bisa bertahan hidup di alam liarnya.

Adapun, muskox merupakan salah satu hewan pemamah biak tangguh di kutub utara. Gak cuma melawan ganasnya iklim dan minimnya sumber makanan, mereka juga harus berhadapan dengan predator seperti serigala kutub.

Lalu, bagaimana cara mereka bertahan hidup di kutub utara? Yuk, kenali muskox lewat tujuh faktanya berikut ini!

1. Berkerabat dekat dengan kambing liar dan domba

7 Fakta Muskox, Hewan Tangguh Penghuni Arktik yang Mirip Bisoncommons.wikimedia.org/Кирилл Уютнов

Biarpun sekilas mirip bison, muskox justru berkerabat lebih dekat dengan kambing dan domba, lho. Muskox masuk dalam subkeluarga Caprinae bersama beberapa jenis kambing liar, ibex, dan domba.

Hewan dengan nama ilmiah Ovibos moschatus ini menjadi anggota subkeluarga yang paling besar. Muskox mendapatkan namanya dari bau menyengat yang biasa dikeluarkan pejantan saat musim kawin.

2. Terdiri dari dua subspesies asli Kanada dan Greenland

7 Fakta Muskox, Hewan Tangguh Penghuni Arktik yang Mirip Bisoncommons.wikimedia.org/ilovegreenland

Muskox hanya terdiri dari dua subspesies yang tinggal di wilayah berbeda. Pertama, barren ground muskoxen (Ovibos moschatus moschatus) yang asli Kanada dan sempat punah di Alaska pada akhir 1800-an. Kedua, white-faced muskoxen (Ovibos moschatus wardi) yang asli Greenland dan memiliki tubuh lebih kecil.

3. Pemamah biak bertubuh besar

7 Fakta Muskox, Hewan Tangguh Penghuni Arktik yang Mirip Bisoncommons.wikimedia.org/Quartl

Hewan pemamah biak ini punya ukuran yang cukup besar. Mengutip laman Animal Diversity, muskox memiliki tinggi rata-rata 1,2 meter dan panjang antara 1,2 sampai 2,5 meter. Bobot pejantan rata-rata 320 kilogram dan betina lebih kecil dengan bobot 250 kilogram.

Baca Juga: 5 Alasan yang Menyebabkan Hewan-hewan Raksasa Purba Punah dengan Cepat

4. Punya tanduk yang terus tumbuh seumur hidup

7 Fakta Muskox, Hewan Tangguh Penghuni Arktik yang Mirip Bisoncommons.wikimedia.org/Bering Land Bridge National Preserve

Baik jantan dan betina memiliki tanduk yang terus tumbuh sepanjang hidup mereka. Pada pejantan, tanduk ini terlihat menyatu di dahi. Para peneliti menduga kalau hal ini untuk melindungi kepala mereka saat bertarung memperebutkan betina.

5. Makan rerumputan

7 Fakta Muskox, Hewan Tangguh Penghuni Arktik yang Mirip Bisoncommons.wikimedia.org/Education Specialist

Sepanjang hari, muskox menjelajahi tundra untuk mencari makanan. Mereka akan memakan tanaman apa saja yang bisa ditemukan untuk bertahan hidup, seperti rerumputan, semak, lumut, hingga lichen (lumut kerak).

Biasanya, mereka tinggal di wilayah yang dekat dengan aliran sungai. Saat musim dingin, mereka menggali salju tebal dengan tapak kaki untuk mencari rerumputan di bawahnya.

6. Punya wol berkualitas dengan harga selangit

7 Fakta Muskox, Hewan Tangguh Penghuni Arktik yang Mirip Bisoncommons.wikimedia.org/Bering Land Bridge National Preserve

Untuk bertahan hidup di iklim dingin ekstrem, muskox memiliki dua lapisan bulu. Mengutip laman Oceanwide Expedition, bulu di lapisan terluar berwarna gelap dan tumbuh memanjang sampai mencapai kaki. Sementara, lapisan di bawahnya terdiri dari wol lembut yang disebut qiviut.

Qiviut disebut lebih kuat dan delapan kali lebih hangat dari bulu domba. Wolnya juga tidak menyusut bila terkena air dan tahan lama. Tak heran, wol qiviut ini dibanderol dengan harga selangit, bahkan lebih mahal dari kasmir.

7. Bertahan hidup dalam kawanan

7 Fakta Muskox, Hewan Tangguh Penghuni Arktik yang Mirip Bisoncommons.wikimedia.org/U.S. Fish and Wildlife Service

Umumnya, muskox hidup dalam kawanan yang terdiri dari lusinan ekor. Hidup dalam kawanan memudahkan mereka untuk saling melindungi dari serangan predator seperti serigala kutub.

Ketika terancam, mereka akan melingkari muskox muda dengan tanduk tajam terarah ke predator. Mereka bisa menjadi sangat agresif. Biarpun bertubuh besar, mereka bisa mengejarmu dengan kecepatan 40 kilometer per jam.

Nah, setelah tahu tujuh faktanya, bagaimana pendapatmu tentang hewan satu ini?

Baca Juga: 5 Fakta Domba Dolly, Hewan Mamalia Pertama Hasil Kloning Sel

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya