Mars Mendekati Bumi pada 6 Oktober 2020, Saksikan Malam Ini!

Ini jarak terdekat Mars ke Bumi dalam 15 tahun ke depan

Mars, si planet merah akan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi pada pekan ini. Puncaknya terjadi pada Selasa (6/10/2020). Yang membuatnya semakin spesial, ini adalah jarak terdekat planet tersebut dengan Bumi untuk 15 tahun ke depan. Sungguh peristiwa yang langka!

Namun apa yang sebenarnya terjadi pada Mars dan Bumi? Apakah mendekatnya planet tersebut akan membahayakan kehidupan kita? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

1. Mars akan berada sangat dekat dengan Bumi

Mars Mendekati Bumi pada 6 Oktober 2020, Saksikan Malam Ini!vaisala.com

Sebenarnya seberapa dekatkah jarak Mars dengan Bumi di malam ini? Dilansir Science Alert, kedua planet hanya terpisahkan jarak 62,1 juta kilometer. Memang terdengar masih jauh, namun biasanya jarak antara si planet merah dengan kita bisa mencapai 63,29 juta kilometer.

Dampak langsung dari fenomena tersebut adalah Mars tampak besar dengan warna merahnya yang menyala khususnya pada malam 6 Oktober 2020. Itulah kenapa para ahli astronomi menyebut bahwa hari ini adalah hari terbaik mengamati si planet merah.

Psst, jika beruntung, kamu juga bisa melihat Jupiter dan Saturnus yang bersinar terang di atas garis cakrawala!

Baca Juga: Bagaimana Rasanya Tinggal di Planet Mars? Ini 10 Gambaran Ilmiahnya!

2. Fenomena ini terjadi karena orbit Mars dan Bumi yang berbentuk elips

Mars Mendekati Bumi pada 6 Oktober 2020, Saksikan Malam Ini!universetoday.com

Mendekatnya Mars dan Bumi ternyata terjadi karena bentuk orbit Mars dan Bumi yang tidak bulat, melainkan elips. Keduanya pun bisa berada di jarak yang dekat dengan satu sama lain tanpa bertabrakan. Jadi, jangan khawatir, peristiwa ini aman kok.

Revolusi Bumi memakan waktu 365 hari sedangkan Mars mencapai 687 hari. Artinya ketika Bumi berada di dekat Matahari, Mars menjauh darinya. Dilansir Science Alert, khusus di pekan ini, Bumi berada titik aphelion atau jarak terjauh dari Matahari. Sementara Mars berada di titik perihelion atau jarak terdekatnya dengan Matahari.

Formasi yang dibentuk oleh Matahari, Bumi, dan Mars ini disebut sebagai oposisi. Ketika ini terjadi, Mars secara penuh mampu memantulkan cahaya Matahari sehingga terlihat begitu terang dari Bumi.

Puncak dari oposisi sebenarnya terjadi pada 14 Oktober 2020. Namun jika diukur, jarak terdekat antara Mars dan Bumi terjadi di 6 Oktober 2020.

3. Ini cara mengamati Mars dengan jelas dari Bumi!

Mars Mendekati Bumi pada 6 Oktober 2020, Saksikan Malam Ini!swordstoday.ie

Lalu bagaimana cara menemukan Mars di langit malam? Gak sulit kok. Dilansir Info Astronomy, kamu hanya perlu mengamati langit bagian timur sejak Matahari terbenam. Mars akan tampak seperti bintang berwarna merah terang yang tidak berkelap-kelip.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya peristiwa ini terjadi pada tahun 2018. Jarak antara keduanya hanya sekitar 57,6 juta kilometer. Di tahun 2020 ini, posisi Mars dan Bumi memang tidak sedekat itu, namun inilah jarak terdekat dalam waktu 15 tahun ke depan.

Jadi, jangan sia-siakan kesempatan untuk mengamati Mars di tahun ini, ya. Sebab kita baru bisa menyaksikan kedekatan kedua planet itu lagi di tahun 2035!

Baca Juga: 10 Peristiwa Langit Terbaik Oktober 2020, Ada Dua Purnama Sekaligus!