Comscore Tracker

Berukuran Raksasa, Ini 8 Ras Anjing Terbesar di Dunia 

Tertarik pelihara salah satunya?

Kalau ada yang bertanya, hewan apa yang memiliki tubuh besar? Gajah pasti ada di urutan pertama, diikuti oleh beruang, lalu harimau di barisan kedua dan ketiga. Memang sih ketiga hewan ini memiliki tubuh yang besar, bahkan jauh lebih besar dari manusia.

Tapi bukan cuma ketiga hewan itu saja yang memiliki ukuran jumbo. Hewan sekelas anjing ternyata juga bisa tumbuh jadi raksasa yang mengerikan lho! Dilansir dari themysteriousworld.com, berikut ini delapan ras anjing terbesar di dunia. Tertarik pelihara?

1. Anatolian Shepherd 

Berukuran Raksasa, Ini 8 Ras Anjing Terbesar di Dunia omlet.co.uk

Sekilas anjing Anatolian Shepherd terlihat menakutkan. Bagaimana tidak, ras anjing asal Turki ini memiliki tinggi yang bisa mencapai 73 cm, berat hingga 68 kg, dengan kepala besar yang bulat.

Well, Anatolian Shepherd memang bisa jadi sangat galak pada orang asing yang tidak mereka kenal, tapi pada majikan dan anggota keluarganya, anjing ini justru sangat penyayang dan protektif. Selain dua sifatnya itu, mereka juga sangat cerdas, dan setia pada majikannya.

Tidak heran kalau banyak orang Turki di masa lalu menjadikan Anatolian Shepherd sebagai penjaga bagi hewan ternaknya.

2. Newfoundland 

Berukuran Raksasa, Ini 8 Ras Anjing Terbesar di Dunia instagram.com/my_newfinnland

Sedikit lebih besar dari Anatolian Shepherd, Newfoundland memiliki tinggi antara 68 sampai 73 cm, dengan berat maksimal mencapai 70 kg. Berbeda dengan Anatolian yang akan terus menggonggong saat berhadapan dengan orang asing yang mencurigakan, Newfoundland cenderung lebih kalem.

Tapi jangan salah, Newfoundland juga bisa menjadi penjaga yang setia, mudah dilatih, dan protektif. Mereka juga ramah pada anak-anak. Namun karena ukurannya yang besar, orangtua harus tetap mengawasi Newfoundland saat bermain dengan anak-anak.

3. Leonberger 

Berukuran Raksasa, Ini 8 Ras Anjing Terbesar di Dunia instagram.com/ivy.the.leonberger

Leonberger merupakan ras anjing asli Jerman, tepatnya kota Leonberg. Mereka memiliki tinggi sekitar 68 sampai 81 cm, dengan berat yang bisa mencapai 75 kg. Dengan otot yang besar, Leonberger jelas sangat kuat, cerdas, dan juga sabar.

Dulu, bangsawan Eropa menjadikan anjing ini sebagai peliharaan. Tapi mereka juga bisa dipekerjakan sebagai penjaga ternak. Sayangnya, Leonberger bukanlah anjing yang cocok untuk pemula. Pasalnya, mereka memerlukan pelatihan dan perawatan khusus, terutama untuk bulu mereka yang mudah rontok.

4. Irish Wolfhound 

Berukuran Raksasa, Ini 8 Ras Anjing Terbesar di Dunia instagram.com/gleidsondogsitter

Sesuai dengan namanya, Irish Wolfhound merupakan ras anjing asli Irlandia. Mengingat tingginya yang bisa mencapai 88 cm dan berat hingga 85 kg, Irish Wolfhound dulu sering digunakan untuk berburu, bahkan ikut serta dalam berbagai perang.

Berbeda dengan anjing raksasa lain, Irish Wolfhound kurang cocok menjadi penjaga. Mereka tidak sering menggonggong dan kurang agresif. Meski harus mendapatkan pelatihan, Irish Wolfhound termasuk ras anjing yang cerdas, sabar, dan tentunya setia pada majikannya.

Baca Juga: Terancam Punah, Ini 7 Ras Anjing Paling Langka di Dunia

5. Neopolitan Mastiff 

Berukuran Raksasa, Ini 8 Ras Anjing Terbesar di Dunia instagram.com/theneighborhoodwolf

Sama seperti Irish Wolfhound, Neopolitan Mastiff juga merupakan salah satu ras anjing tua asal Romawi yang sering dilibatkan dalam perang. Jika melihat tingginya yang mencapai 76 cm dan berat hingga 90 kg, rasanya tidak aneh kalau bangsa Romawi memilihnya untuk melawan musuh. 

Dan karena ukurannya yang besar, Neopolitan Mastiff membutuhkan pelatihan ekstra dari ahlinya. Mereka sangat cerdas, protektif, dan penyayang. Anjing ini juga termasuk anjing yang jarang menggonggong, namun luar biasa peka terhadap ancaman.

6. St. Bernard 

Berukuran Raksasa, Ini 8 Ras Anjing Terbesar di Dunia instagram.com/imatsol

Dengan tinggi yang bisa mencapai 89 cm dan berat 91 kg, St. Bernard jelas bukan anjing yang lucu menggemaskan. Awalnya, St. Bernard sering digunakan untuk operasi penyelamatan di Pegunungan Alpen. Sekarang, anjing raksasa ini seringkali digunakan sebagai hewan peliharaan.

Dibanding anjing lain, St. Bernard sangat kalem dan tipe yang diam. Meski begitu, memelihara ras ini membutuhkan pelatihan ekstra. Tanpa pelatihan, St. Bernard bisa menimbulkan banyak masalah dengan merusak barang-barang di rumah. Kabar baiknya St. Bernard ramah pada anak-anak. Namun karena dia jauh lebih kuat dan besar, orangtua tetap harus mengawasinya saat bermain.

7. Great Dane 

Berukuran Raksasa, Ini 8 Ras Anjing Terbesar di Dunia instagram.com/fergus_the_blue_dane

Raksasa yang baik hati, bisa menjadi definisi yang tepat untuk menggambarkan ras Great Dane. Dikembangkan oleh bangsawan Jerman, Great Dane merupakan hasil persilangan dua ras raksasa yakni English Mastiff dan Irish Wolfhound.

Great Dane memiliki tinggi antara 81 cm hingga 91 cm, dan berat yang bisa mencapai 90 kg. Meski penampilannya bikin kita ketakutan, Great Dane adalah anjing penyayang, dan ramah pada anak-anak. Untuk kamu yang tertarik memelihara Great Dane, mereka susah dilatih dan keras kepala. Selain itu, Great Dane juga sensitif dan haus kasih sayang. Sebagai penjaga, mereka selalu waspada meski tidak terlalu agresif.

8. English Mastiff 

Berukuran Raksasa, Ini 8 Ras Anjing Terbesar di Dunia instagram.com/beornandastrid

The English Mastiff adalah ras anjing tertua, dan sudah ada sejak masa peradaban Mesir Kuno sekitar tahun 3000 SM. Bukan hanya dipelihara oleh bangsa Mesir, orang Romawi Kuno juga menggunakan English Mastiff untuk pertarungan gladiator karena ukurannya yang super besar.

Seekor English Mastiff bisa tumbuh hingga berat 156 kg dan tinggi 91 cm. Meski jarang menggonggong, English Mastiff memiliki indra penciuman yang tajam dan sangat peka terhadap ancaman. Mereka tidak segan menyerang penyusup yang masuk ke rumah. Sama seperti ras raksasa lain, English Mastiff butuh pelatihan untuk menjadi peliharaan yang baik.

Mereka sangat penyayang dan merasa paling bahagia ketika bersama keluarga yang mencintainya. Selain dijadikan peliharaan, English Mastiff juga sering digunakan oleh pihak militer dan kepolisian.

Karena ukurannya yang besar, beberapa anjing di atas biasanya memiliki harga yang super mahal. Mereka juga butuh pelatihan ekstra sebelum dibiarkan tinggal di rumah. Jadi gimana, kamu tertarik gak memelihara salah satu dari mereka?

Baca Juga: 5 Spesies Anjing yang Berasal dari Wilayah Pegunungan, Protektif!

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya