Comscore Tracker

7 Potret Bumi dari Planet di Tata Surya, Seperti Apa Penampilannya? 

Kira-kira seperti apa penampilan Bumi dari Saturnus?

Sebagai warga Bumi, kita tahu seperti apa penampilan planet kita, biru dengan awan putih di sekelilingnya. Selain Bumi, manusia juga mengetahui seperti apa penampilan planet-planet di Tata Surya kita, bahkan juga mengetahui penampilan galaksi Bimasakti melalui gambar yang kita lihat di internet.

Meski begitu, pernahkah kita sekali saja membayangkan bagaimana rupa Bumi dari "mata" planet-planet tetangga Bumi? Dilansir dari astronomy.com, berikut ini tujuh potret Bumi dari luar angkasa, seperti apa penampilannya?

1. Dimulai dari International Space Station atau ISS yang berada dalam jarak 350 km di atas permukaan Bumi

7 Potret Bumi dari Planet di Tata Surya, Seperti Apa Penampilannya? earthobservatory.nasa.gov

Foto ini memperlihatkan betapa indahnya permukaan Bumi saat matahari mulai terbit. Oh ya, foto ini diambil oleh salah satu astronaut NASA dari International Space Station saat mereka sedang melewati pulau Sulawesi, Indonesia pada 10 Agustus 2019 lalu!

2. Penampilan Bumi dari bulan terlihat persis seperti yang kita bayangkan, planet biru dengan awan putih! 

7 Potret Bumi dari Planet di Tata Surya, Seperti Apa Penampilannya? moon.nasa.gov

Terpisah 384.400 km, Bulan merupakan satu-satunya satelit alami yang Bumi miliki. Dan karena jaraknya cukup dekat, enggak heran kalau Bulan bisa melihat Bumi dengan cukup jelas.

3. Dari planet Merkurius, Bumi kita hanya tampak seperti bintang terang dengan bintang kecil yang mengikutinya 

7 Potret Bumi dari Planet di Tata Surya, Seperti Apa Penampilannya? earthobservatory.nasa.gov

Dari sudut pandang Merkurius, Bumi yang besar bagi kita hanyalah bintang putih terang yang berada di perbatasan antara rasi bintang Libra dan rasi bintang Scorpius. Foto ini sendiri diambil oleh pesawat NASA yakni MESSENGER dari jarak 93 juta km pada 6 Mei 2010, pesawat NASA sendiri sedang menjalankan misi di antara Merkurius dan matahari.

Baca Juga: 5 Fakta tentang Planet-planet Inferno, Planet yang Dijuluki Neraka

4. Kangen rumah, robot asal Bumi yaitu Curiosity Rover yang sedang menjalankan misi di Mars, mengambil foto Bumi dan Bulan pada 31 Januari 2014.  

7 Potret Bumi dari Planet di Tata Surya, Seperti Apa Penampilannya? twitter.com/MarsCuriosity

Curiosity Rover adalah robot penjelajah NASA yang diberi tugas untuk meneliti planet merah. Robot ini diluncurkan pada 26 November 2011 dan baru sampai di Mars pada 6 Agustus 2012. Dari robot seukuran mobil inilah kita bisa mendapatkan banyak informasi baru tentang Mars. 

5. Bukan hanya robot Mars, pesawat NASA yakni Juno yang sedang dalam perjalanan menuju Jupiter pun kangen berat dengan planet biru! 

7 Potret Bumi dari Planet di Tata Surya, Seperti Apa Penampilannya? space.com

Dengan kecepatan 618 km per jam, Juno membutuhkan waktu sekitar lima tahun untuk sampai di Jupiter. Pesawat Juno diluncurkan NASA pada 5 Agustus 2011 dan baru tiba pada 5 Juli 2016. Nah dalam perjalanannya menuju Jupiter tahun 2012, Juno sempat mengambil foto Bumi dan Bulan dengan menggunakan Junocam.

Enggak tanggung-tanggung, Juno mengambil foto ini dari jarak 9,66 juta km lho!

6. Dari Saturnus pun, Bumi kita hanya tampak seperti bintang biru pucat di tengah gelapnya alam semesta

7 Potret Bumi dari Planet di Tata Surya, Seperti Apa Penampilannya? nasa.gov

Kalau kamu pernah melihat planet Saturnus di langit, planet ini hanya terlihat seperti bintang kecil kekuningan. Kenapa bisa sekecil itu? Well, Saturnus memang berukuran sangat besar, namun jarak planet ini dengan Bumi kita sangatlah jauh yakni 1,2 miliar km.

Nah, sama seperti kita melihat Saturnus, planet cincin ini pun melihat Bumi sebagai bintang kecil berwarna kebiruan. Foto ini diambil oleh pesawat Cassini, saat ia sedang berada di wilayah cincin Saturnus pada Juli 2013 lalu dari jarak 1,44 miliar km.

7. Terakhir, foto Bumi dari planet bungsu Neptunus. Hayo, kamu bisa tebak enggak di mana penampakan Bumi di foto ini?

7 Potret Bumi dari Planet di Tata Surya, Seperti Apa Penampilannya? solarsystem.nasa.gov

Kalau foto Bumi dari Saturnus kurang jauh, maka kamu harus melihat penampilan Bumi kita dari planet Neptunus. Dari Neptunus, Bumi mengambil bentuk seperti bintang biru kecil yang tidak terlalu terang atau dikenal dengan istilah The Blue Pale Dot.

Buat kamu yang penasaran, Bumi adalah titik biru super kecil yang berada di antara garis paling ujung. Foto Bumi ini diambil pada 14 Februari 1990 dari jarak empat miliar km oleh Voyager I saat pesawat ini sedang melewati Neptunus dalam perjalanannya keluar dari Tata Surya, sekaligus juga menjadi foto perpisahan dari Voyager I.

Karena setelah keluar dari Tata Surya, NASA mematikan kamera Voyager I agar baterai pesawat ini bisa hidup lebih lama.

Bagi manusia, Bumi adalah planet yang sangat besar. Tapi jika dibandingkan dengan luasnya Tata Surya, planet kita tidak lebih dari titik samar. 

Baca Juga: 8 Hal Misterius Planet Mars yang Bisa Kita Temui jika Tinggal di Sana

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya