Comscore Tracker

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Gajah Afrika dan Gajah Asia

Perbedaan fisik yang menarik sekali. 

Bagi sebagian orang, gajah tetaplah gajah,  tidak ada perbedaan yang mencolok. Gajah Afrika dan gajah Asia merupakan dua jenis utama gajah yang ada di dunia.

Kedua gajah ini memiliki perbedaan yang unik sesuai genus mereka. Gajah genus Loxodonta disebut gajah Afrika, dan gajah genus Elephas disebut gajah Asia. 

Perbedaan habitat kedua gajah ini menjadikan perbedaan baik dari segi ukuran hingga karakteristik bentuk. Gajah Afrika yang hidup di daerah yang lebih panas daripada gajah Asia memiliki bobot yang berbeda. Berikut perbedaan fisik antara kedua gajah ini yang menarik sekali diketahui. 

1. Bentuk kepala

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Gajah Afrika dan Gajah AsiaPixabay.com/cocoparisienne

Salah satu cara termudah untuk mengamati perbedaan antara gajah Asia dan gajah Afrika adalah dengan melihat bentuk kepala mereka. Daerah dahi gajah Afrika berbentuk datar dan penuh, berbeda jika dibandingkan dengan gajah Asia. Gajah Asia memiliki punuk yang hampir seperti unta, mulai dari dahinya yang bergerak ke atas kepalanya.

Selain itu, gajah Afrika memiliki bentuk kubah tunggal, sedangkan gajah Asia tampaknya memiliki dua buah kubah di kedua sisi kepalanya. Kedua kubah ini dipisahkan oleh garis indentasi yang membentang di tengah kepala dari atas area dahi hingga di antara mata. 

2. Ukuran telinga

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Gajah Afrika dan Gajah AsiaPixabay.com/tobileder

Ketika sulit membedakan kepala, kamu bisa melihat perbedaan ini lewat bentuk telinga mereka. Indikator yang cukup jelas untuk membedakan gajah Afrika dan gajah Asia dengan melihat ukuran dari telinga mereka. Gajah Afrika memiliki ukuran telinga yang jauh lebih besar dari gajah Asia.

Penyebab telinga gajah Afrika lebih besar adalah bentuk adaptasi terhadap cuaca tinggi semak dan padang pasir, sehingga menjaga tubuh tetap dingin. Sebaliknya, gajah Asia hidup di iklim yang lebih sejuk dan di bawah naungan hutan hujan.

Oleh karena itu, telinga mereka tidak perlu beradaptasi dengan lingkungan.

3. Panjang belalai

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Gajah Afrika dan Gajah AsiaPixabay.com/baluda

Perbedaan lain antara kedua gajah ini dapat dilihat dari bentuk belalainya. Gajah Asia memiliki batang yang berukuran antara 59 dan 79 inci panjangnya dengan satu ujung seperti jari. Ini berfungsi untuk mempermudah dalam mengambil makanan.

Sedangkan gajah Afrika tidak memiliki satu pun ujung seperti jari, tetapi mereka memiliki dua tips di ujung belalai. Ini berfungsi untuk menggenggam rumput dan tanaman lain sebelum menempatkannya di mulut mereka. Kedua gajah ini beradaptasi sesuai apa yang dibutuhkan untuk keperluan makan.

Baca Juga: 10 Suaka Gajah di Thailand, Seru Banget buat Liburan!

4. Perbedaan gading

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Gajah Afrika dan Gajah AsiaPixabay.com/HOerwin56

Gajah memiliki gading yaitu jenis gigi seri putih yang tumbuh dari rahang atas gajah. Ini digunakan untuk mencari air, mengangkat batu, menanggalkan kulit pohon, dan mencabut tanaman.

Gigi ini juga digunakan untuk melawan pasangan ketika musim kawin. Gading gajah Asia dan Afrika memiliki karakteristik yang berbeda terutama gajah betina.

Pada gajah Afrika, jenis jantan maupun betina memiliki gading. Namun, pada gajah Asia hanya jantan yang bisa menumbuhkan gading. Beberapa gajah Asia betina ada pula yang menumbuhkan gading kecil yg disebut tush. Tush ini tidak sepanjang gading dan bisa terlihat jika betina membuka mulut.

5. Kuku kaki

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 5 Perbedaan Gajah Afrika dan Gajah AsiaPixabay.com/Marcusbouvin

Cara lain untuk melihat perbedaan gajah Asia dan gajah Afrika adalah dengan melihat pertumbuhan kuku kaki mereka. Gajah hutan Asia dan Afrika biasanya memiliki kuku kaki yang lebih banyak dibandingkan gajah semak Afrika.

Kuku kaki depan memiliki 5 kuku kaki, sedangkan kaki belakang ditumbuhi empat kuku kaki. Sedangkan gajah semak Afrika hanya memiliki kuku kaki depan berjumlah empat dan kuku kaki belakang berjumlah tiga. 

Walaupun berbeda secara fisik, semua gajah memiliki struktur sosial yang sama. Mereka lebih suka hidup berkelompok dengan dipimpin oleh seekor betina tertua. Perbedaan ini dapat kamu amati jika melihat gajah nanti.

Nah, sudah lebih tahu kan perbedaannya antara gajah Afrika dengan Asia? Jangan keliru lagi, ya!

Baca Juga: 9 Fakta Unik Tentang Gajah, Hewan Raksasa yang Perasa

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya