Comscore Tracker

5 Spesies Anjing Laut Terunik, Ada yang Seperti Pakai Pita

Ada yang lebih besar dari beruang!

Anjing laut adalah jenis mamalia semiakuatik yang pasti sudah kamu kenal. Mereka juga banyak disukai karena penampilan dan gerakannya yang lucu, terutama saat sedang berjalan di darat. Anjing laut sendiri terdiri dari sekitar 30 spesies, seperti dilansir National Geographic.

Nah, dari antara 30 spesies tersebut, tentu ada beberapa spesies yang memiliki keunikan tersendiri dibanding spesies lainnya. Mau tahu apa saja? Inilah lima spesies anjing laut yang terunik di dunia.

1. Anjing laut gajah selatan 

5 Spesies Anjing Laut Terunik, Ada yang Seperti Pakai Pitathoughtco.com

Anjing laut gajah alias gajah laut umumnya dikira sebagai jenis hewan yang berbeda dari anjing laut. Namun sebenarnya mereka masih merupakan spesies anjing laut. Gajah laut tergabung dalam famili Phocidae yang biasa disebut keluarga anjing laut sejati. Ciri khas keluarga anjing laut ini adalah tidak memiliki telinga luar.

Ada dua spesies anjing laut gajah, dan spesies anjing laut gajah selatan (Mirounga leonina) sangat unik karena merupakan spesies anjing laut terbesar. Malah, mereka merupakan spesies terbesar dari ordo Carnivora yang juga mencakup hewan seperti beruang, keluarga kucing, serta keluarga anjing.

Ukuran raksasa khususnya dimiliki anjing laut gajah selatan jantan. Sang pejantan bisa mencapai panjang 6 meter dan berat 4,5 ton, alias sekitar 4 kali lipat ukuran betinanya. Keunikan lain gajah laut jantan adalah memiliki belalai pada moncongnya yang digunakan untuk menghasilkan suara keras saat saling bertarung dengan sesamanya.

2. Anjing laut baikal 

5 Spesies Anjing Laut Terunik, Ada yang Seperti Pakai Pitavisitrussia.org.uk

Sementara spesies anjing laut dengan ukuran terkecil adalah anjing laut baikal (Pusa sibirica). Anjing laut ini hanya tumbuh sampai ukuran panjang 1,3 meter dan berat 130 kg. Sesuai namanya, anjing laut baikal merupakan endemik Danau Baikal di Siberia, Rusia, serta sungai-sungai yang terhubung ke danau tersebut.

Dengan demikian, anjing laut baikal adalah satu-satunya spesies anjing laut yang hidup di air tawar. Makanan mereka adalah ikan, termasuk ikan yang bernilai ekonomi bagi masyarakat sekitar Danau Baikal. Hal ini menyebabkan anjing laut ini banyak diburu sehingga populasi mereka menurun, tapi masih cukup banyak sehingga tidak berstatus terancam punah.

Baca Juga: Terlihat Mirip, Ini 6 Perbedaan Anjing Laut dan Singa Laut 

3. Anjing laut leopard 

5 Spesies Anjing Laut Terunik, Ada yang Seperti Pakai Pitaantarctica.gov.au

Berikutnya ada anjing laut leopard (Hydrurga leptonyx) yang terkenal dengan corak tubuhnya yang seperti leopard. Tapi tak hanya itu, nama leopard juga pantas diberikan pada mereka karena anjing laut ini adalah predator yang ganas.

National Geographic menyebut bahwa anjing laut leopard adalah satu-satunya spesies anjing laut yang memangsa hewan berdarah panas, termasuk penguin dan bahkan spesies anjing laut lain! Mereka pun juga bisa makan ikan dan hewan laut lain.

Yang juga membuat anjing laut leopard mengerikan adalah ukurannya yang besar. Mereka bisa tumbuh hingga 3,5 meter dan berat 380 kg. Namun anjing laut ini juga punya predator, yaitu manusia yang kerap memburu mereka untuk mengambil kulitnya yang bercorak indah.

4. Anjing laut bertudung 

5 Spesies Anjing Laut Terunik, Ada yang Seperti Pakai Pitadeanimalia.com

Anjing laut bertudung (Cystophora cristata) memiliki penampilan yang sangat unik. Seperti terlihat di gambar, anjing laut ini memiliki "tudung" berupa septum nasal yang besar dan bisa mengembang seperti balon. Septum nasal sendiri adalah bagian hidung yang memisahkan lubang hidung kiri dan kanan.

Hanya anjing laut bertudung jantan yang memiliki tudung tersebut, dan mereka bisa mengembangkannya untuk pertunjukkan agresivitas antara sesama jantan. Selain itu, tudung tersebut mereka gunakan untuk menarik perhatian betina.

Sementara si betina sendiri memiliki keunikan yang luar biasa. Mereka menyusui bayinya dalam waktu yang sangat singkat, yaitu hanya 5-12 hari! Itu adalah periode menyusui tersingkat di antara semua mamalia. Namun periode singkat itu sudah cukup untuk membuat bayinya bertambah berat 2 kali lipat karena susunya mengandung sekitar 70 persen lemak.

5. Anjing laut pita 

5 Spesies Anjing Laut Terunik, Ada yang Seperti Pakai Pitascitechdaily.com

Spesies anjing laut lain yang berpenampilan unik adalah anjing laut pita (Histriophoca fasciata). Seperti bisa kamu lihat di gambar, nama mereka memang cocok karena tubuh anjing laut ini memiliki corak putih hitam yang seperti lilitan pita. Karena corak unik tersebut, anjing laut ini jadi sangat mudah dikenali.

Warna mereka khususnya paling mencolok pada pejantan, sementara si betina memiliki warna yang lebih pucat. Saat masih bayi, anjing laut ini berwarna putih polos dan berubah warna saat usia 3--5 minggu. Anjing laut pita sendiri berukuran sedang, dengan panjang hingga 1,8 meter dan berat 150 kg.

Itulah lima spesies anjing laut yang terunik di dunia. Kalau menurutmu, spesies mana yang keunikannya paling menakjubkan?

Baca Juga: Selain Anjing, 9 Hewan Ini Bisa Dijadikan Sebagai Penjaga Juga Lho!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya