Comscore Tracker

6 Fakta Unik dan Menarik Biawak, Kadal Besar yang Mirip Ular

Ternyata, mereka kerabat komodo, lho

Apakah kamu tahu komodo? Jika ya, kamu pasti juga tahu biawak, kadal mirip komodo yang juga berukuran besar, tapi lebih kecil dari komodo. Dalam bahasa inggris, mereka biasa disebut monitor lizard atau monitor saja.

Apakah biawak dan komodo memang berkerabat atau hanya sekadar mirip? Apa keunikan mereka dibanding kadal lain? Yuk baca enam fakta berikut untuk mengetahuinya.

1. Biawak terdiri dari banyak spesies, salah satunya komodo

6 Fakta Unik dan Menarik Biawak, Kadal Besar yang Mirip Ulargeek.com

Biawak adalah sebutan umum untuk keluarga kadal yang tergabung dalam genus Varanus. Komodo alias Varanus komodoensis termasuk di dalamnya. Makanya, secara teknis, komodo merupakan salah satu spesies biawak. Tentu saja, mereka merupakan spesies yang terbesar dengan panjang mencapai 3 meter dan bobot lebih dari 130 kg.

Britannica menyebut bahwa genus Varanus terdiri dari sekitar lima puluh spesies. Selain komodo, beberapa spesies yang juga berukuran besar, yaitu biawak air (Varanus salvator) yang mencapai panjang 2,7 meter; perentie (Varanus giganteus) yang bisa tumbuh hingga 2,4 meter; dan Varanus bitatawa yang ukuran maksimalnya 2 meter.

Sementara, spesies terkecil biawak yaitu Varanus sparnus yang dicatat laman Australian Geographic hanya berukuran 23 cm dan berat 16 gram. Ada pula satu spesies biawak yang tidak tergabung genus Varanus, tetapi Lanthanotus yaitu biawak tak bertelinga (Lanthanotus borneensis) yang merupakan endemik Pulau Kalimantan.

2. Ada spesies yang hidup di pohon

6 Fakta Unik dan Menarik Biawak, Kadal Besar yang Mirip Ularflickr.com

Banyak spesies biawak yang sewaktu masih kecil hidup di atas pohon. Komodo merupakan salah satunya. Hal itu karena komodo kerap melakukan kanibalisme. Makanya, komodo kecil akan naik ke pohon supaya tak dijadikan mangsa oleh komodo besar yang gak bisa memanjat pohon karena terlalu berat.

Namun, beberapa spesies biawak yang berukuran kecil memang menghabiskan seumur hidupnya di atas pohon, salah satunya biawak hitam atau biawak beccari (Varanus beccari). Ukuran mereka bisa mencapai 1 meter. Mereka memanfaatkan ekornya yang panjang serta cakar yang tajam untuk memanjat dan bergelantungan di pohon.

3. Ada yang merupakan omnivor

6 Fakta Unik dan Menarik Biawak, Kadal Besar yang Mirip Ularpinterest.com

Kebanyakan biawak merupakan karnivor sejati, salah satunya komodo yang populer sebagai salah satu mesin pembunuh paling berbahaya di muka bumi. Namun, ternyata, ada pula spesies biawak yang termasuk omnivor alias pemakan daging dan tumbuhan, yaitu Varanus olivaceus.

Varanus olivaceus makan buah-buahan selain berburu hewan. Sementara, Varanus bitatawa yang hidup di Filipina malah menjadikan buah-buahan sebagai menu utamanya. Sementara, spesies biawak karnivor akan makan segala jenis hewan, termasuk serangga, laba-laba, kepiting, burung, bahkan cacing.

Baca Juga: Bisakah Virus Corona Menular dari Hewan ke Manusia? Ini Temuannya

4. Merupakan hewan yang pintar

6 Fakta Unik dan Menarik Biawak, Kadal Besar yang Mirip Ularpopsci.com

Siapa sangka, ternyata biawak termasuk hewan yang pintar, lho. Laman Hideaways Africa memberikan beberapa buktinya. Mereka bisa berburu telur buaya, misalnya, secara berkelompok. Caranya, sembari salah satu biawak mengalihkan perhatian induk buaya, biawak yang lain akan menyelinap dan mencuri telurnya.

Mereka juga mampu mengingat dengan baik tempat persembunyiannya, termasuk beberapa jalur untuk menuju ke sana. Bahkan, biawak yang dipelihara di penangkaran bisa diajar berhitung sampai angka enam! Luar biasa, ya!

5. Mereka sebenarnya lebih mirip ular daripada kadal

6 Fakta Unik dan Menarik Biawak, Kadal Besar yang Mirip Ularfineartamerica.com

Secara taksonomi, biawak termasuk ke dalam keluarga kadal. Namun, beberapa ciri fisik mereka justru lebih mirip ular. Tidak seperti spesies kadal lain, biawak mempunyai lidah bercabang persis seperti ular. Seperti ular pula, lidah bercabang itu mereka gunakan untuk mendeteksi aroma mangsanya saat berburu.

Selain itu, biawak juga akan mendesis ketika terancam persis seperti ular. Plus, biawak juga tidak mampu menumbuhkan ekornya kembali jika putus, tidak seperti kebanyakan jenis kadal lain. Semua ciri itu membuktikan bahwa biawak justru lebih mirip ular daripada kadal.

6. Beberapa spesies biawak dijadikan peliharaan manusia

6 Fakta Unik dan Menarik Biawak, Kadal Besar yang Mirip Ularpeacearchnews.com

Karena penampilannya yang garang dan unik, beberapa spesies biawak kerap dijadikan peliharaan oleh pencinta reptil. Laman Animals menyebut bahwa kebanyakan spesies biawak memang gak berbahaya bagi manusia, kecuali komodo tentunya yang justru bisa memangsa manusia.

Beberapa spesies yang sering dijadikan peliharaan, yaitu biawak sabana (Varanus exanthematicus), biawak sungai nil (Varanus niloticus), biawak hijau (Varanus prasinus), dan biawak buaya (Varanus salvadorii). Namun, tentu memelihara biawak butuh banyak pengetahuan karena mereka membutuhkan perawatan khusus.

Itulah enam fakta biawak, jenis kadal besar yang juga mencakup komodo. Fakta mana yang paling membuatmu kagum dengan hewan ini?

Baca Juga: 8 Hewan Ini Suka Berpura-pura Menjadi Hewan Lain, Bisa Mirip Banget!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya