Comscore Tracker

10 Potret Hidung Hewan yang Unik, Ada yang Berbentuk Pedang

Ada juga hewan yang hidungnya berbentuk bintang!

Hidung adalah bagian tubuh yang sangat penting bagi banyak jenis hewan. Itu karena hidung mereka berfungsi sebagai jalan masuk udara ke dalam tubuhnya. Banyak hewan yang memiliki cuping hidung seperti manusia, sementara yang lain hanya memiliki lubang hidung pada moncongnya.

Penampakan hidung pada berbagai jenis hewan ternyata cukup beragam, lho. Beberapa di antaranya bahkan memiliki bentuk yang sangat aneh dan tidak disangka. Mau lihat? Ini dia sepuluh potret hidung berbagai jenis hewan yang unik di dunia.

1. Pertama, ada bekantan, monyet endemik Pulau Kalimantan yang terkenal dengan hidungnya yang besar 

10 Potret Hidung Hewan yang Unik, Ada yang Berbentuk Pedangnationalgeographic.com

Saking besarnya, bekantan (Nasalis larvatus) bahkan sampai disebut proboscis monkey dalam bahasa Inggris, yang artinya 'monyet belalai'. Hidung besar tersebut hanya dimiliki oleh bekantan jantan, dan digunakan untuk memperbesar suara mereka guna menarik betina dan mengintimidasi pejantan saingan, seperti dilansir National Geographic.

2. Berkebalikan dengan bekantan, monyet dari genus Rhinopithecus ini justru memiliki hidung yang pesek

10 Potret Hidung Hewan yang Unik, Ada yang Berbentuk Pedangtibetnature.net

Gak heran jika mereka mendapat sebutan populer yaitu monyet hidung pesek. Ada lima spesies monyet hidung pesek dan mereka semua terdapat di Tiongkok dan sekitarnya. Sayang, New England Primate Conservancy menyebut bahwa kelima spesies tersebut sudah terancam punah, dan bahkan ada yang berstatus kritis.

3. Primata lain yang hidungnya tampak unik adalah mandrill, monyet asal Afrika yang hidungnya berwarna-warni ini 

10 Potret Hidung Hewan yang Unik, Ada yang Berbentuk Pedangadelaidezoo.com.au

Mandrill adalah spesies monyet terbesar di dunia, dengan tinggi mencapai 90 cm dan berat 35 kg. Selain besar, monyet ini juga khas dengan warna-warna cerah di wajah dan bokongnya. Menurut National Geographic, warna-warni di tubuh mandrill akan semakin cerah ketika monyet ini sedang senang atau marah.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Kotoran Hewan, Ada Hewan yang Memakainya Sebagai Kosmetik

4. Hidung tikus mondok hidung bintang mungkin adalah salah satu hidung terunik di dunia, karena bentuknya seperti bintang! 

10 Potret Hidung Hewan yang Unik, Ada yang Berbentuk Pedangnationalgeographic.com

Bukan sekadar unik, hidung tikus bernama latin Condylura cristata ini juga berguna untuk mendeteksi keadaan sekitarnya di bawah tanah yang gelap. Maka meskipun buta, tikus mondok hidung bintang tetap bisa 'melihat' dengan baik berkat hidungnya.

5. Sementara kelelawar ini memiliki hidung yang tak kalah uniknya, yaitu berbentuk seperti pedang! 

10 Potret Hidung Hewan yang Unik, Ada yang Berbentuk Pedanginaturalist.org

Nama kelelawar ini adalah kelelawar hidung pedang (Lonchorhina aurita). Kelelawar ini berukuran kecil, dengan panjang hanya sekitar 6 cm. Namun mereka memiliki cuping hidung tegak yang panjangnya bisa mencapai 2 cm, alias sekitar sepertiga panjang tubuhnya! Selain hidungnya, telinga kelelawar ini juga berukuran besar.

6. Celurut gajah dinamai berdasarkan hidung mereka yang berbentuk seperti belalai gajah 

10 Potret Hidung Hewan yang Unik, Ada yang Berbentuk Pedanggoldrestaurant.co.za

Namun menurut laman African Wildlife Foundation, hewan ini sebenarnya bukan sejenis celurut. Mereka tergabung dalam superordo Afrotheria yang juga mencakup gajah, maka mereka memang pantas mendapat sebutan celurut gajah. Hidung mereka sendiri berfungsi untuk mencari makanannya yaitu serangga.

7. Ikan hiu martil terkenal memiliki bentuk kepala yang seperti martil, sehingga kedua mata serta lubang hidung mereka pun terpisah cukup jauh  

10 Potret Hidung Hewan yang Unik, Ada yang Berbentuk Pedangbbc.com

Meski berbentuk aneh, nyatanya kepala hiu martil berguna untuk mempermudah mereka berburu, lho. Dilansir Britannica, mata yang terpisah membuat sudut pandang mereka lebih luas, sedangkan lubang hidung yang terpisah membuat mereka lebih mudah mendeteksi lokasi mangsa incarannya.

8. Saiga adalah salah satu spesies antelop terunik, terutama karena hidung mereka yang memanjang membuat penampilan mereka sungguh tak biasa 

10 Potret Hidung Hewan yang Unik, Ada yang Berbentuk Pedangcites.org

Dilansir laman Fauna-Flora, bentuk hidung saiga (Saiga tatarica) berfungsi untuk menyaring debu dari udara pada musim kemarau serta menghangatkan udara saat musim dingin. Saiga hidup di Asia Tengah dan Barat. Mereka bermigrasi menempuh jarak hingga 1.000 kilometer setiap tahunnya.

9. Katak pinokio ini juga memiliki hidung yang unik karena panjang seperti tokoh Pinokio saat berbohong 

10 Potret Hidung Hewan yang Unik, Ada yang Berbentuk Pedangnationalgeographic.com

Tentu, hidung katak ini memanjang bukan karena berbohong. Dilansir National Geographic, hidung katak jantan bisa ereksi alias mengeras namun bisa juga melembek. Salah satu teori adalah bahwa hidung mereka digunakan untuk menarik perhatian betina, namun para ilmuwan belum benar-benar yakin soal itu.

10. Terakhir, ada ular hidung babi, ular yang mendapat namanya karena bentuk moncongnya yang seperti hidung babi 

10 Potret Hidung Hewan yang Unik, Ada yang Berbentuk Pedangdiscovermagazine.com

Menurut Britannica, ular ini menggunakan moncong mereka yang unik untuk menggali tanah. Makanan mereka adalah katak, serangga, telur, dan hewan pengerat. Selain moncongnya yang unik, ular ini juga memiliki ciri khas yaitu kebiasaan mereka berpura-pura mati saat merasa terancam.

Itulah sepuluh potret hidung hewan yang berbentuk unik. Menurut kamu, hewan mana yang hidungnya tampak paling menakjubkan?

Baca Juga: 6 Fakta Unik Sayap Hewan, Hewan Apa yang Mempunyai Sayap Terbesar?

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya