Comscore Tracker

7 Bencana Mengerikan Jika Hutan Amazon Hilang

Hilangnya amazon berarti kerugian bagi kita 

Hutan Amazon adalah hutan hujan tropis tunggal terbesar di dunia. Hutan ini memiliki luas 6 juta kilometer persegi atau hampir setara dengan 2 kali luas India. Amazon berperan sebagai rumah bagi beragam flora dan fauna, serta menghadirkan banyak manfaat bagi kehidupan kita. 

Sayangnya, layaknya hutan tropis lainnya, Amazon tak lepas dari ancaman akan kerusakan. Dilansir dari Greenpeace, sejak Agustus 2018 sampai Juli 2019, Amazon mengalami deforestasi yang luasnya setara dengan luas 1,8 juta lapangan sepak bola! 

Jika laju kerusakan ini terus berlanjut, bukan hal mustahil hutan hujan tropis terbesar di dunia ini hilang. Lalu, bencana apa yang akan terjadi jika hutan Amazon hilang?

1. Hilangnya 10% keanekaragaman hayati di bumi ini

7 Bencana Mengerikan Jika Hutan Amazon Hilangpixabay.com/vinioliverfotografia

Amazon adalah rumah bagi ratusan ribu spesies flora dan fauna. Dilansir dari worldwildlife.org, hutan Amazon menyimpan 10% spesies diketahui yang ada di bumi ini. Spesies tersebut mencakup 40.000 spesies tumbuhan, 3.000 spesies ikan, 1.300 spesies burung, 400 lebih spesies mamalia, 1.000 lebih spesies amfibi, dan 400 lebih spesies reptil.

Jika hutan Amazon hilang maka sudah pasti 10% spesies flora dan fauna tersebut akan hilang dari bumi ini.

2. Hilangnya obat-obatan dan potensi medis di masa depan

7 Bencana Mengerikan Jika Hutan Amazon Hilangunsplash.com/Chinh Le Duc

Hutan Amazon menyimpan potensi medis yang besar. Diketahui bahwa hampir 90% penyakit manusia dapat disembuhkan melalui obat-obatan yang diambil dari alam, termasuk Hutan Amazon. 

Saat ini saja, 121 resep obat, seperti untuk leukimia, malaria, dan penyakit jantung, dapat ditemukan di hutan Amazon. Terlebih, dari puluhan ribu tumbuhan di Amazon, baru 1% yang di tes akan kemampuan medisnya. Sehingga, Amazon menyimpan potensi medis yang luar biasa di masa depan.

3. Kekeringan dan ancaman bagi dunia pertanian

7 Bencana Mengerikan Jika Hutan Amazon Hilangwww.pixabay.com/Free-Photos

Dillansir dari Wilsoncenter.org, hilangnya hutan Amazon akan menyebabkan turunnya curah hujan hingga 25% di beberapa wilayah, khususnya di Brazil, Ekuador, Kolombia, Peru, bahkan hingga Amerika Serikat.

Turunnya curah hujan akan mendorong pada kekeringan, dan kekeringan akan menjadi ancaman serius bagi dunia pertanian, khususnya terhadap penurunan hasil panen.

Baca Juga: Deforestasi Hutan Amazon Capai Level Tertinggi di Bawah Bolsonaro 

4. Menurunnya suplai oksigen dan kualitas udara

7 Bencana Mengerikan Jika Hutan Amazon Hilangunsplash.com/Conscious Design

Hutan Amazon dilabeli juga sebagai paru-paru dunia. Sebab, 20% oksigen bumi disuplai oleh hutan Amazon. Itu berarti, jika hutan Amazon hilang, suplai oksigen kita akan menurun sebesar 20%. Selain itu, hilangnya suplai oksigen juga berarti meningkatnya karbondioksida di planet ini dan hal tersebut berimbas pada menurunnya kualitas udara di planet ini.

5. Meningkatkan gas rumah kaca dan suhu global  

7 Bencana Mengerikan Jika Hutan Amazon Hilangpixabay.com/pixundfertig

Dilansir dari scoopwhopp.com, jika hutan Amazon hilang berarti ada miliaran ton gas rumah kaca yang terlepas ke atmosfer. Jumlah gas rumah kaca yang terlepas diperkirakan setara dengan 5 sampai 6 kali emisi global yang dihasilkan dari energi fosil.

Selain itu, Ketiadaan hutan Amazon akan menaikkan suhu global sebesar 0.25 derajat celcius dan 4.5 derajat celcius di wilayah sekitar Amazon. 

6. Sekitar 30 juta orang akan kehilangan tempat tinggal

7 Bencana Mengerikan Jika Hutan Amazon Hilangbusinessinsider.com

Dilansir dari World Wildlife Organization, Amazon adalah rumah bagi lebih dari 30 juta orang, termasuk 350 etnis lokal yang tinggal di dalam hutan Amazon dan hidup dengan mengandalkan hasil-hasil hutan Amazon.

Itu berarti, jika hutan Amazon hilang, maka 30 juta orang tersebut akan kehilangan tempat tinggal, kehilangan sumber makanan, dan kehilangan sumber kehidupannya.

7. 20% air bersih di bumi ini akan menghilang

7 Bencana Mengerikan Jika Hutan Amazon Hilangpixabay.com/Zeedoo

Sungai Amazon menyimpan 20% air bersih di bumi ini. Setiap menitnya, terdapat 175.000 meter kubik air bersih yang mengalir di sungai ini menuju samudra atlantik. Air yang mengalir di sungai ini berperan penting sebagai sumber nutirisi bagi tumbuhan, hewan, dan juga manusia. 

Hilangnya hutan Amazon, akan menyebabkan menurunnya kualitas air bersih yang mengalir di sungai ini atau skenario terburuknya, akan menyebabkan sungai Amazon mengalami kekeringan.

Itu dia bencana yang akan terjadi jika hutan Amazon hilang. Pastinya akan lebih mengerikan jika hutan di Kalimantan, Papua, dan Sumatra menghilang. Maka dari itu kita harus selalu menjaga hutan ya.

Baca Juga: 10 Sungai di Indonesia yang Mirip dengan Sungai Amazon, Keren Banget!

Pradhipta Oktavianto Photo Writer Pradhipta Oktavianto

Seorang penulis random yang hobi mengembara dan mencintai alam

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya